Nasi Balap Puyung, Sajian Khas Lombok yang ‘Ngangeni’

nasi-balap-puyung

Tahun 2011 silam, saya sempat tinggal di sebuah desa bernama Bagikpolak, kecamatan Labuapi, kabupaten Lombok Barat, provinsi Nusa Tenggara Barat, selama menjalani program KKN dari kampus. Kurang lebih 40 hari, saya tinggal di sana dan berbaur dengan masyarakat setempat. Disanalah saya berkenalan dengan sajian khas Lombok yakni nasi balap puyung.

Selama program KKN, saya dan teman-teman sering banget makan siang dengan menu nasi balap puyung yang dibungkus dalam bentuk kerucut. Agak unik ya jika dibandingkan dengan nasi bungkus yang kerap kita jumpai di pulau Jawa. Saking seringnya saya makan menu tersebut, saya sempat merasa bosan tiap melihat teman KKN saya membawa jinjingan kresek berisi belasan nasi balap untuk kita makan bersama :’)

tim-kkn-lombok
Guys, how are you? 😀

Baca tentang: 8 Kota Tinggal yang Paling Berkesan

Namun belakangan, saya kok jadi kepikiran lagi dengan nasi balap yang sekarang jadi bikin kangen alias ngangeni. Setelah program KKN selesai, saya tuh gagal move on dari pulau Lombok dan sempat kembali ke sana untuk berlibur di tahun 2014, bersama keluarga, dan di tahun 2018, bersama suami saya setelah menikah.

Dua kunjungan tersebut pun saya gunakan untuk mempromosikan menu andalan KKN tersebut pada keluarga dan suami saya. Baik kedua orang tua maupun suami saya pun sepakat kalau cita rasa nasi balap puyung memang berbeda dibandingkan nasi rames pada umumnya. Saat ini pun sudah banyak nasi balap puyung yang dijual di luar pulau Lombok, seperti di Yogyakarta, Jakarta dan kota-kota lainnya.

kkn-lombok
Adik-adik ini pasti sudah besar-besar!

Baca juga: 5 Rekomendasi Destinasi Bulan Madu Romantis

Seperti apa sih nasi balap puyung ini?

Wujud Nasi Balap Puyung

Dalam seporsi nasi balap puyung, yang biasa akan Mae frens jumpai selain nasi putih adalah ayam suwir pedas, sayur kacang panjang atau buncis, kedelai goreng, kering kentang dan sambal yang pedesnya nampol! Isian utamanya itu, namun bisa juga ditambahkan dengan lauk lain seperti beragam varian telur (dadar, balado, ceplok), ayam goreng, teri kacang dan lainnya.

nasi-balap-puyung-khas-NTB

Sekilas makanan ini nampak seperti nasi rames biasa ya. Ada nasi, lauk pauk, sayur dan sambal. Namun, yang membuat nasi balap ini berbeda adalah dari bumbu ayam suwir dan sambalnya yang puedes. Buat penggemar makanan pedas, harus banget sih nyobain, terutama kalau main ke pulau Lombok.

Baca juga: Santap Siang di Kampung Kecil Gunung Sindur

Sejarah Nasi Balap Puyung

Kuliner khas Lombok ini mulanya berasal dari kota Praya, Lombok Tengah. Seiring bertambahnya kepopuleran nasi balap puyung, makanan ini pun jadi salah satu ikon pulau Lombok secara umum. Kuliner ini ternyata punya sejarah yang panjang dan unik juga, lho.

Ada dua versi cerita tentang asal muasal nasi balap puyung. Versi pertama, menu makanan ini adalah menu yang sering dijual di malam hari dan banyak dibeli oleh anak-anak muda yang gemar balapan liar di desa Puyung. Oleh karenanya, makanan ini pun dikenal dengan nama nasi balap puyung.

Versi berikutnya, nama nasi balap ini diambil dari penyajiannya yang ngebut alias cepat, dan berasal dari desa Puyung. Jadilah namanya nasi balap puyung. Nggak tau sih mana yang benar ya. Haha. Biasalah yang namanya sejarah turun temurun dan disebarkan dari mulut ke mulut, pasti sudah ada plus minusnya.

Rekomendasi Nasi Balap di Lombok

nasi-balap-puyung-khas

Seperti yang tadi saya ceritakan, saat ini kuliner ini tidak hanya terkenal di Lombok Tengah saja, tapi seantero Lombok bahkan hingga ke pulau Jawa segala. Jika Mae frens berkunjung ke Lombok, pastinya ingin dong makan nasi balap yang otentik dan enak rasanya.

Nah, di bawah ini ada beberapa rekomendasi tempat membeli nasi balap puyung di Lombok yang paling terkenal dan enak:

1. Nasi Balap Inaq Esun

Nama Inaq Esun ini dikenal sebagai pelopor nasi balap puyung. Rumah makannya sudah tersebar ke beberapa daerah seperti:

  • Depan Bil, Tanak Awu, Kecamatan Pujut, Kabupaten Lombok Tengah, NTB
  • Lingkung Daye, Puyung, Praya, Lombok Tengah, NTB
  • Nasi Balap Puyung Inaq Esun Cabang Praya, Utara Masjid Agung, Praya, Kabupaten Lombok Tengah, NTB

2. RM. Rinjani

Berikutnya, rekomendasi nasi balap puyung yang tak kalah famous dengan Inaq Esun adalah RM. Rinjani yang berlokasi di:

  • Jl. Adi Sucipto No.50, Ampenan Utara, Kecamatan Ampenan, Kota Mataram, Kabupaten Lombok Barat, NTB
  • Penujak, Praya Barat, Kabupaten Lombok Tengah, NTB

3. D’Rice Nasi Puyung

Selanjutnya, dengan nama yang lebih kekinian, D’Rice Nasi Puyung juga banyak didatangi oleh wisatawan dari berbagai daerah yang berkunjung ke Lombok. Adapun tempatnya beralamatkan di:

  • D’Rice Nasi Puyung Karang Bedil, Jalan Arif Rahman Hakim No. 17, Mataram, Kabupaten Lombok Barat, NTB
  • D’Rice Nasi Puyung Kekalik, Jalan Swakarya Raya No.10, Kekalik Jaya, Kecamatan Sekarbela, Kota Mataram, Kabupaten Lombok Barat, NTB

4. RM Mandiri

Terakhir adalah RM Mandiri yang berlokasi di Jalan Soekarno Hatta No.5, Gerung, Gerung Utara, Mataram, Kabupaten Lombok Barat, NTB

Baca tentang: The 5 Best Domestic Beaches I’ve Ever Visited

Meskipun sajian nasi balap puyung ini sudah banyak dijual di pulau Jawa dan rasanya pun tak kalah enak, juga menggugah selera, tetep deh kangen yang asli dari Lombok. Duh, selain kabita sama kulinernya, sebenernya pengen healing ke pantainya juga, sih! Haha.

18 Comments

  1. Ya ampuunn kulineran di Lombok memang super enjoyyy.
    aku cocok bangettt makan plecing, yg mana kangkungnya tuh enaakkkk bgt…beda dgn kangkung di jawa. kapan yhaaaa bisa ke Lombok lagiiii, mau makan nasi balap jugaak💯😍

    • Wah iyaa plecing kangkungnya enak jugaa, bener banget rasa kangkungnya juga beda sama kangkung di Jawa yaa. Semoga segera ya, Mbak. Aku juga pengen balik ke sana lagi. Wkwk..

  2. Dari namanya saja sudah sangat menarik nasi balap puyung. Ternyata ada cerita dibalik nama nasi balap puyung. Penyajian yang ngebut alias sat-set atau karena yang beli anak-anak muda, punya hobi balapan di malam hari. Udah gitu kondimen nasi balap puyung, sangat komplit. Pantas ngangenin, senikmat itu makan nasi balap puyung, semoga nanti aku bisa icip langsung di tempat yang direkomendasikan mba 😇🤩

    • Betul, aku pun pertama tau namanya bertanya-tanya kok namanya nasi balap? Unik ya. Haha.. Amin Mbak Lala, semoga bisa makan nasi balap langsung di Lombok sana ya..

  3. Avi

    Wahh mbak Ima masih muda sekalii ya 2011 masih jadi anak kuliahan😄

    Penasaran nih ama nasi balap. Kayaknya enak. Orang Lombok emang cenderung suka rasa pedas ya? Jadi isian nasinya adalah ayam suwir pedas dll.

    • Haha anak kemarin sore ya Mbak Avi 🤣 Enak memang mbaa. Masakan pedas memang suka menggugah selera ya kan?

  4. aku pernaaaah mamam iniiiih, kesederhanaan aneka sayur dan lauk tapi saat dimakan, rasanya beneran kaya dan gurih. Aku suka suka suka apalagi ama sambelnya yang menurutku punya citarasa yang agak beda… sedep!

    • Yes, uniqueness-nya bikin terngiang-ngiang kan sampai lamaa. Hihi. Bisa gitu yaa, mungkin makan ini pas lagi lapar-laparnya juga. Pas sesuai selera jadi kenangan thd makanan ini maknyus banget rasanya..

  5. Baca ini langsung ngiler dan membayangkan pedasnya dan kenangan2 di Lombok, duh Rinduuuuu

  6. Nur Asiyah

    Ada sambal yang pedas nampol udah bikin aku terbayang-bayang nih. Nasi balap puyung lauknya lumayan rame ya kak. Tapi enggak lupa ada sayurnya juga buat penyeimbang. Mantep banget kelihatannya.

  7. Unik ih namanya nasi balap puyung. Ayam suwir dan ada kedelai goreng juga unik deh. Bener² gak ada di tempat lain ini mah. Dijual berapaan ya harganya kak?

  8. Terakhir makan nasi balap Puyung itu di Lombok. Walaupun memang sedap, tapi agak pedas buat lidah saya. ternyata asal usul cerita namanya itu begitu ya. Soalnya waktu itu bertanya-tanya tapi lupa menanyakan Kenapa namanya begitu. Nanti kalau ke Lombok lagi mau makan ini ah

  9. Wah ternyata KKN di Lombok ya pasti memorable banget sampai kulinernya pun dikenang. Lombok masakannya pedas luar biasa yaa…

  10. Kenapa aku ke Lombok gak kulineran iniii… Tolonggg… ini kek yang sedeeepp piisaaan yaaa..
    Aku tapi seneng banget sama kulineran Lombok yang menurut aku sedikit mirip Bali untuk level pedesnya.
    Kalo nyobain plecing, dijamin seantero dunia, ga ada yang seenak plecing asli Lombok.

  11. Belum pernah cobain makanan khas Lombok, baca ulasan ini jadi penasaran sama nasi balap puyung ini. Kelihatan menggoda sekali, sambalnya juga bikin nglier ya

  12. Wah jadi kangen Lombok, sudah lama ga ke sana dan nyobain nasi puyung lagi, pasti setiap kali ke sana selalu nyoba makanan khas Lombok ini, dan dulu pas sekolah di JOgja ada teman orang sana sering buat nasi ini juga

  13. Aduh, unik nih namanya. Bikin penasaran gimana rasanya. Kayaknya enaaaak. Nyari di sini kayaknya susah. Kudu langsung ke sana ya. Aamiin Semoga bisa segera ke Lombok. Biar sekalian pelesiran. Dan kulineran yang lainnya juga. 😁

  14. Utami

    Akhirnya aku tau kenapa namanya Nasi Balap Puyung…hahahaha… Ternyata karena penyajiannya yang kilat, balapan dengan waktu (caelah)…
    Asik juga nih mbak bikin list begini, jadi suatu saat aku ke Lombok bisa aku samperin…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *