5 Rekomendasi Destinasi Honeymoon Romantis untuk Newlyweds

rekomendasi destinasi honeymoon indonesia

Happy anniversary, my dearest husband 🙂

Tepat di tanggal 14 Januari 2022, pernikahan saya dan suami menginjak tahun ke-4. Alhamdulillah.

Saya jadi ingin flashback tentang kota-kota tempat kami menghabiskan traveling bulan madu tahun 2018 silam. Sebagai pasangan yang doyan plesiran alias traveling, saya dan suami merencanakan agenda bulan madu untuk mengunjungi kota-kota favorit kami di Indonesia.

Berhubung semua kota yang kami kunjungi itu memang daerah tujuan wisata, sekalian saja saya merekomendasikan lima kota ini untuk para newlyweds yang sedang merencanakan honeymoon. Hehe..

Yogyakarta

Keromantisan kota Yogyakarta sepertinya udah nggak perlu dipertanyakan lagi ya.

Saya yang menghabiskan masa kuliah di sana tanpa pasangan saja bisa merasakan romantisnya kota Yogyakarta, gimana sama pasangan? Uhuk!

Newlyweds bisa jalan-jalan ke berbagai tempat yang kental dengan unsur budaya Jawa di sana. Seperti di area keraton, berbagai museum kebudayaan hingga candi-candi.

Bagi pasangan yang menyukai wisata budaya, Yogyakarta adalah kota yang tepat untuk mengeksplorasi tempat-tempat yang sarat dengan kearifan lokalnya.

Selain wisata budaya, pengantin baru juga bisa menikmati keindahan di pantai-pantai yang ada di kawasan Gunung Kidul. Atau menikmati sajian seafood di pinggir pantai-pantai kawasan Bantul.

Berburu kuliner khas pun bisa menjadi salah satu kegiatan yang seru dilakukan bersama pasangan. Banyaknya kuliner a la Jogja yang nikmat dengan harga ramah kantong membuat wisatawan doyan jajan banget di sana. Hati-hati timbangan geser banyak ke kanan ya.

Meskipun terkenal dengan “kemurahan” harga segala macam di sana, tapi bukan berarti murahan. Contohnya, banyak sekali penginapan yang menyediakan fasilitas lengkap, nyaman bahkan Instagramable dengan harga yang terjangkau.

Baca tentang : Makan Seafood di Pantai Depok Yogyakarta, Apa Istimewanya?

Yogyakarta memang bukan kota di mana saya jalan-jalan setelah menikah, namun saya menikah di kota pelajar tersebut dan menghabiskan beberapa hari pertama sebagai newlyweds di kota tersebut.

Makassar

City of Makassar

Pernah berkunjung bersama keluarga ke Makassar di tahun 2015, saya auto jatuh cinta dengan kota Makassar dan berniat untuk pergi bulan madu ke sana bersama pasangan (yang waktu itu belum kelihatan hilalnya, lol).

Jadi ketika (calon) suami saya bertanya “Mau ke mana kita setelah menikah (honeymoon)?”, ya saya langsung menjawab Makassar tanpa ragu-ragu!

Yang membuat saya pengen balik lagi ke Makassar, tiada lain tiada bukan adalah kuliner khasnya yang beragam dan memiliki cita rasa yang cocok banget sama lidah saya. Seriously makanan di sana enaknya nggak ada obat. Wkwk.

Selain coto Makassar, kuliner khas yang bisa menjadi buruan di sana adalah mie titi, sop konro dan konro bakar, sop saudara, pallubasa, kapurung, jalangkote, pisang epe dan masih banyak lagi.

Selain kuliner, pantai-pantai eksotis di sana berasa memanggil-manggil untuk dikunjungi. Terutama pantai di daerah Bulukumba, Sulawesi Selatan. Memang masih 4 jam dari Makassar, tapi dari sana tentu lebih terjangkau dibanding kalau berangkat dari Jakarta, lol.

Waktu gandengan tangannya masih kaku kayak kanebo kering. Wkwk..

Saya berkesempatan untuk mengunjungi Pantai Tanjung Bira dan Pantai Bara. Selain kedua pantai tersebut, ada pula Pantai Apparalang, Pantai Mandala Ria, Pantai Lemo-Lemo dan Pantai Marumasa yang juga terletak di Bulukumba.

Di samping pantai, masih banyak lagi tempat wisata di Makassar dan sekitarnya yang bisa dikunjungi seperti daerah Maros atau bahkan sekalian ke Tana Toraja. Duileh, mau honeymoon apa open trip nih ya?

Lombok

Menghabiskan waktu hampir 2 bulan KKN di Lombok, membuat pulau yang terkenal dengan ‘gili-gili’nya tersebut menjadi salah satu tempat di Indonesia yang ingin saya kunjungi lagi dan lagi.

Setelah KKN di tahun 2011, saya kembali berkunjung ke Lombok bersama keluarga sekitar tahun 2013/2014 dan di tahun 2018, saya balik lagi ke sana bersama suami setelah menikah.

Ternyata Lombok juga merupakan destinasi wisata favorit suami saya, sehingga ketika sulit memutuskan untuk pergi ke Makassar saja atau Lombok saja maka kami pilih untuk menyambangi keduanya. Hehe.

Tujuan utama kami ya tentu saja main ke pantai-pantainya ya. Kami sempat berkeliling ke pantai daerah Kuta Mandalika, Sengigi dan Lombok Selatan.

Buat newlyweds, jangan lupa memilih tempat menginap di pinggir pantai dan menghabiskan waktu bersama pasangan tercinta, menikmati pemandangan alam di sana. Happy sekali!

Swimming by the sea

Untuk kulinerannya, saya bernostalgia dengan nasi balap puyung yang semasa KKN menjadi makanan sehari-hari sampai bosan rasanya. Giliran udah nggak di Lombok lagi, kangen banget pengen makan nasi balap puyung lagi. Kkk~

Baca juga : Pentingnya Rumah Makan Menyediakan Fasilitas yang Aman Bagi Pengunjung

Jangan lewatkan plecing khas Lombok dan juga sate rembiga yang tak kalah menggugah selera.

Bali

Kepopuleran Bali sebagai destinasi honeymoon para newlyweds nggak hanya sebatas di dalam negeri, wisatawan mancanegara pun kerap menjadikan Bali sebagai tujuan mereka menghabiskan waktu-waktu awal sebagai pasangan suami istri.

Misalnya saja penyanyi sekaligus aktor Korea Selatan, Rain dan istrinya, Kim Tae Hee, di tahun 2017 silam. Selain itu, Jennifer Hawkins, Miss Universe 2014 yang menyelenggarakan pernikahannya di Bali.

Saya dan suami saya pun bertolak ke Bali setelah selesai jalan-jalan di Lombok. Kayaknya kurang gitu kalau pergi honeymoon sama pasangan tapi nggak ke Bali, lol!

Tour the Beaches

Bali sendiri sudah menjadi tempat favorit saya untuk berlibur sejak masih kecil. Nuansa budayanya yang kental dan tempat-tempat wisatanya yang tertata rapi membuat saya betah aja jalan-jalan di sana.

Suami saya pun ternyata sama, semasa sekolah pernah backpackeran ke Bali dan ingin suatu saat mengunjungi Bali lagi bersama keluarga.

Bandung

Rekomendasi destinasi honeymoon terakhir dari saya adalah Bandung. Setelah 10 hari menghabiskan waktu di Makassar-Lombok-Bali, akhirnya saya dan suami pergi ke kota Bandung. Bukan untuk jalan-jalan lagi, tapi untuk tinggal dan menetap di sana.

Di Bandung itu nggak tau kenapa suasananya syahdu-syahdu romantis gitu, in my opinion ya. Tempat wisata yang bisa dieksplor pun banyak terutama wisata alam yang berkaitan sama view pegunungan. Hotel dan villa-villa yang nyaman dengan range harga yang luas pun banyak tersedia di sana.

Saran saya, kalau mau jalan-jalan di Bandung yang lebih intimate dan romantis bareng pasangan, mending luangin waktu buat cuti di hari kerja. Kalau ke sana pas weekend, nikmati aja ‘keseruan’ macet dan ramenya tempat wisata di sana 😉

Planning, Budgeting, Let’s Go!

Itulah 5 rekomendasi destinasi honeymoon romantis yang bisa jadi pilihan untuk para nelyweds. Nggak cuma buat pengantin baru sih, kota-kota tersebut juga bisa banget jadi destinasi wisata untuk liburan keluarga.

Sebelum berangkat untuk honeymoon, ada baiknya teman-teman melakukan perencanaan yang matang. Mulai dari kota tujuannya, mau ke mana aja, mau berapa lama, transportasinya gimana dan tentunya budgetnya berapa?

Ini berdasarkan pengalaman saya yang memang well-prepared traveler, ya. 10 hari pergi traveling berkedok honeymoon sama suami itu sudah terencana kurang lebih 1-2 minggu sebelum pernikahan. Suami saya pun menghabiskan semua jatah cutinya khusus untuk pernikahan kami hingga after party-nya.

Semoga rekomendasinya bermanfaat ya! Kalau kota romantis favorit kalian apa nih?

39 Comments

  1. lima kota di atas pernah saya kunjungi semua nih.. yang terbanyak itu Jogja.. masih banyak kawasan yang blom saya explore di Jogja.. eh solo juga bisa buat honeymoon nih… kotanya kecil tapi juga banyak tempat wisata asiknya… betewe happy anniversary ya

    • Ima

      Makasih mbak yayat. Solo juga asyik yaa, ambiencenya mirip2 jogja tapi beda. Kulinernya juga enak2 di solo.

  2. Wahhh makassar ini sepertinya menarik nih untuk jadi referensi honeymoon, mungkin kebanyakan orang udah sering banget ke jogja, bandung, bali, dan lain-lain. Pengen sesuatu hal yang baru dan berbeda dari orang-orang hhi

  3. Wahhh makassar ini sepertinya menarik nih untuk jadi referensi honeymoon, mungkin kebanyakan orang udah sering banget ke jogja, bandung, bali, dan lain-lain. Pengen sesuatu hal yang baru dan berbeda dari orang-orang hhi mntep banget deh

    • Ima

      Iya, makassar seru dan makanannya enak-enak. Saya juga pengen balik lagi ke sana datengin tempat yang belum sempat ke sana waktu itu..

  4. Bandung memang kagak nahan kalau weekend. Dari Jumat malam saja gerbang Tol Pasteur sudah terlihat padat merayap belum lagi tempat wisata yang ke arah Lembang (atas). Mungkin kalau honeymoon ke Bandung lagi bisa coba juga Bandung bagian selatan (daerah Ciwidey, Pangalengan) dan sekitarnya.

    • Ima

      Yes, apalagi sekarang fasilitasnya udah makin dikembangkan ya kayak tempat nginep yang nyaman gitu.

  5. Jogja memang jadi pilihan favorit kami. Dulu honeymoonnga juga ke sana. Suasana Kota Jogja memang beda dari tempat lainnya. Selalu ada cerita apik ketika ke sana.

    Terus kota selanjutnya di Bandung. Cakep di sana. Banyak pilihan wisata juga kulinernya enak-enak.

    • Ima

      Tujuan wisata yang selalu pengen didatengin bolak balik ya jogja bandung. Banyak yang bisa dieksplor di sana.

  6. Saya pengen ke lombok dan bali, Mba. Duh 2 tempat ini jadi mimpiku untuk liburan berdua sama suami (merayakan anniversari pernikahan) maupun liburan bersama keluarga. Semoga suatu saat nanti Allah beri kesempatan pada saya, suami dan anak-anak bisa mengunjungi kedua pulau itu, amiiin

    • Ima

      Aamiin aamiin. Semoga mimpinya bisa terwujud bersama suami ya mbaaa saya doakan yang terbaik deh!

  7. Kebetulan Jogja adalah kota favorit saya dan anak-anak buat liburan, entahlah suasana Kota Jogja itu bikin betah. Sayangnya dari kota-kota tersebut baru Kota jogja yang pernah saya kunjungi, semoga bisa ke Lombok nih dan menikmati suasana pantainya yang katanya bagus banget.

    • Ima

      Aamiin. Saya juga pengen balik lagi ke lombok. Setelah udah sama temen2, keluarga dan suami, anak belum pernah diajak ke sana. Generasi pandemi jadi susah mau traveling jauh2. Hehe..

  8. Eyaaa, destinasi honeymoon begini yang paling dibutuhkan oleh newlyweds ya untuk lebih mengenal pasangan masing2. Semoga bisa ke semua tempat yang disebutkan di atas. Mupeng banget sama suasana dan pemandangannya.

    • Ima

      Wqwq~ katanya sifat asli seseorang bakal keliatan kalo udah traveling bareng ya. Haha.

  9. Jogja dan Solo tuh paporit aku bangeeett Mba
    Selain ambience kota, aku juga fanatik banget dgn rasa kuliner di sana 😀

    Banyak kuliner manisss, demen banget aku 😀

    • Ima

      Hehe. Kulinernya variatif dan harganya ramah di kantong, aku suka aku suka!

  10. Seru bangeetttt honeymoon-nya panjang
    Aku…mmm… ingin mencintai Jogja seperti orang-orang tapi ada kesan yang menyakitkan denger namanya aja, hahahahaa #lahkokcurcol

    • Ima

      Aduh semoga kalo ke jogja lagi kesan menyakitkannya bisa hilang sama memori seru yang baru ya mbak rells..

  11. Karena aku tinggal di bandung jadi tertariknya ke kota lain, hehe.. Jogja emang pesonanya ga ada matinya ya, buat liburan rame-rame bareng temen aja nagih pengen balik lagi kesana. Bali dan Lombok udah terkenal banget sebagai tempat tujuan honeymoon, dan yang paling bikin penasaran makassar nih, moga suatu saat bisa kesana.

    • Ima

      Aamiin. Iyes, jogja gak ada basinya. Saya yang tinggal di jogja aja selalu kangen jalan2 di sana. Kangen masa kuliah jalan2 ama temen juga. Hoho malah nostalgia.

  12. Wah MasyaAllah, padat ya Mbak selama 10 hari ke 5 kota itu. Seru banget…
    Jogja, Bandung, Bali memang bikin kangen. Semoga ada kesempatan nih untuk ke Makassar, Lombok

    • Ima

      Yeay semoga bisa ke sana someday ya mba. Berdua atau ramean pasti seru2 aja..

  13. Seneng banget after party banyak halan-halan.
    Aku gak pake halan-halan, langsung boyongan ke Bandung dan menjalani hari-hari pertama pernikahan.
    **loh kok jadi tjurhat, hahaha…maaf~

    Rasanya happy melihat destinasi wisata honeymoon for newlyweds couple.

    • Ima

      Halan-halan bisa kapan aja sih ya, mba. Yang pentimg udah halal dulu deh. Wkwk.

  14. Saya honeymoon dulu di Lombok, dengan drama mual-muntahnya mabok udara 😆 Ini 5 destinasi sekaligus? Luar biasaaaa!

    • Ima

      Iya mba. Haha niat banget ya semua diborong. Waduh, agak repot kalo mabok ya mba. Solusi biasanya saya minum -ntimo, dijalan tinggal tidur tau2 nyampe. Hehe.

  15. Duh senangnya yang honeymoon an
    Aku dulu nggak sempat honeymoon, karena habis nikah harus balik ke Jakarta
    Memulai hari hari Ldm sebagai penganten baru

    • Ima

      Aaaahh gapapa yang penting langgeng ya, mba. Hihi..

  16. Dari kota di atas aku belum pernah ke Bali sama Lombok nih. Penasaran banget euy sama indahnya 2 kota tersebut.

    • Ima

      Semoga bisa ke sana ya mbak. Seneng banget sama pantai-pantai di sana (saya anak pantai banget). Hehe.

  17. wih mbak mae ini blog keduanya ya? aku baru berkunjuung nih. keren, semoga sukses ya btw. Kalau aku pengen banget honeymoon juga ah ke lombok tapi aku tim sepaket, pengennya sama anak2 juga hehe

    • Ima

      Alhamdulillah mbak. Haha. Aamiin. Semoga makin rajin nulis nih. Wkwk. Iya, sekarang anak-anak kudu diajak ya biar makin rame.

  18. Bali, Lombok, dan Yogyakarta yaa romantis banget! Pengen deh liburan berdua suami ke 3 tempat tersebut, karena banyak destinasi wisata yang bagus dan belum terlalu ramai.

    • Ima

      Masih banyak hidden gems yang bisa dieksplor ya, mbak. Seru sih kalo bisa oergi berdua doang sama suami. Tapi bakal kepikiran anak-anak gak sih? Haha..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *