7 Rekomendasi Wisata Aquarium Family Friendly di Indonesia

wisata-aquarium

Setelah menikah, memilih tempat wisata untuk dikunjungi bersama keluarga tentunya jadi berbeda. Apalagi setelah kehadiran anak, mau liburan jadi harus mikirin tempat yang kids friendly. Salah satu tempat wisata yang pasti bikin anak happy adalah wisata aquarium. Setuju nggak nih, frens?

Indonesia sendiri ternyata memiliki cukup banyak destinasi wisata keluarga yang menawarkan petualangan bawah laut. Dari kisah laut dalam hingga keindahan warna-warni terumbu karang, wisata aquarium di Indonesia seolah mengajak keluarga untuk merasakan pesona kehidupan laut.

Baca juga: 5 Tips Berkunjung ke Tempat Wisata Aquarium

Simak yuk, beberapa pilihan wisata aquarium terbaik yang ada di Indonesia dan bisa menjadi destinasi seru untuk mengisi quality time bersama anak-anak:

1. Seaworld Ancol, Jakarta

Ngomongin soal wisata aquarium, Seaworld Ancol, yang berada di wilayah Jakarta Utara ini pasti jadi salah satu nama yang langsung muncul di pikiran. Seaworld Ancol memang merupakan salah satu pelopor destinasi wisata aquarium di Indonesia, yang sudah eksis sejak tahun 1994.

Sewaktu saya kecil, kedua orang tua saya pernah mengajak saya dan adik-adik berwisata ke sana. Sekarang, saat menjadi orang tua, gantian saya lah yang mengajak anak saya berwisata ke Seaworld Ancol mengingat kesan menyenangkan yang saya dapatkan semasa kecil.

seaworld-ancol

Seaworld menawarkan pengalaman unik untuk menyelami kehidupan laut tanpa harus benar-benar menyelam. Dengan luas sekitar 4.5 hektar, Seaworld Ancol menjadi rumah bagi ribuan spesies laut yang terdiri dari ikan, hewan laut, dan tumbuhan air. Di sana, terdapat 19 aquarium air laut, 9 aquarium untuk biota air tawar dan 4 aquarium terbuka. Setidaknya ada 11.500 ekor biota laut yang dipelihara di Seaworld dan 7.300 ekor biota yang hidup di air tawar dan berada di sana.

Pengunjung juga dapat menjelajahi berbagai ekosistem, mulai dari sungai tropis hingga laut dalam, sambil memahami upaya konservasi dan perlindungan lingkungan laut yang diusung oleh Seaworld Ancol.

Buat saya, yang paling memorable banget dari Seaworld Ancol adalah terowongan aquariumnya dengan eskalator datar berjalan yang membuat pengunjung menikmati view di bawah laut tanpa capek-capek jalan. Haha *dasar mager!

2. Dunia Air Tawar Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta

Taman Mini Indonesia Indah, merupakan destinasi wisata keluarga yang menggambarkan Indonesia secara keseluruhan dalam satu tempat. Berlokasi di Jakarta Timur, TMII juga memiliki wisata aquarium yang dinamakan Dunia Air Tawar. Sesuai namanya, biota-biota dan keanekaragaman hayati yang dipamerkan di sana adalah yang hidup di air tawar.

dunia-air-tawar-tmii
Sumber: tamanmini.com

Saya sendiri memiliki kesan yang mendalam terhadap tempat ini. Kedua orang tua saya juga pernah mengajak saya dan adik-adik berwisata ke sana, disanalah untuk pertama kalinya saya melihat Arapaima gigas. Saya yang masih kecil takjub sekali dengan ikan sebesar itu, yang mana awalnya saya kira patung karena dia diam saja. Tiba-tiba, ikan tersebut bergerak dengan gesit saat diberikan makanan. Wow!

Dilansir dari situs resmi TMII, Dunia Air Tawar memiliki koleksi 6.000 ekor satwa dari kurang lebih 126 spesies yang berbeda. Jangan ragu deh untuk berkunjung ke sana, karena Dunia Air Tawar Taman Mini Indonesia Indah juga merupakan taman biota air tawar terbesar dan terlengkap nomor dua di dunia, dan yang terbesar di Asia.

Cucok banget kan, frens, buat ngajak anak-anak ke sana?

3. Jakarta Aquarium & Safari, Jakarta

Masih di seputaran ibu kota nih, frens, ada wisata aquarium yang juga cukup populer yakni Jakarta Aquarium & Safari. Berlokasi di Jakarta Barat, kalian yang suka buka media sosial pasti sering deh melihat video-video pendek wisatawan yang berkunjung ke sana. Hmm.. Apa sih keunikannya?

JAQS adalah destinasi aqarium dan safari indoor terbesar di Indonesia, yang merupakan hasil kerjasama antara Taman Safari Indonesia dengan Aquaria KLCC, Malaysia. Wah, kebayang sih cakepnya karena saya pernah berkunjung ke Aquaria KLCC dan memang sebesar dan sebagus itu!

jakarta-aquarium-tempat-rekreasi-keluarga
Sumber: jakartaaquariumsafari.com

Area konservasinya dibangun sekitar 1 Hektare, di sana terdapat beragam hewan air dan non-air dengan lebih dari 3500 spesies. Di beberapa area, terdapat area sentuh yang memungkinkan pengunjung untuk menyentuh hewan-hewan dan memberinya makan. Pengunjung pun akan merasakan interaksi yang lebih intim dengan hewan-hewan di sana.

Baca juga: Tangkap Ikan di Kawasan Agroeduwisata Cikundul Sukabumi

Di Jakarta Aquarium & Safari, pengunjung juga bisa nih menonton pertunjukan teater yang edukatif yakni Pearl of the South Sea. Ada pula program edukatif lainnya yang bertajuk AquaCamp, di mana memungkinkan pengunjung (orang tua dan anak) berinteraksi lebih lama dengan hewan-hewan yang berada di dalam aquarium. Seru ya!

4. BXSea Bintaro Jaya, Tangerang Selatan

Masih di sekitar bilangan Jabodetabek, ada wisata aquarium terbaru yang baru saja diresmikan pada bulan Desember 2023 lalu. BXsea Bintaro Jaya yang berlokasi di Mall BXChange 2, masih dalam tahap soft opening hingga bulan Maret 2024 mendatang. Saya pernah mengulas lengkap mengenai BXSea di tulisan berjudul Jelajah Dunia Bawah Laut di BXSea Bintaro.

bxsea-bintaro

Meski terbilang baru, BXSea ini cukup menjanjikan, lho. Di dalamnya nggak hanya ada aquarium dan hewan-hewan reptil saja, tapi juga ada fasilitas umum seperti booth jajanan dan playground anak. Kebutuhan gerak anak bakal terpuaskan deh di sana. Hehe. Saran saya, lebih baik berkunjung ke sana saat grand opening di Maret nanti karena semua biota lautnya akan dilengkapi.

5. Aquarium Taman Pintar, D.I.Yogyakarta

Taman Pintar di Yogyakarta adalah destinasi wisata yang populer, terutama bagi keluarga dan anak-anak yang mencari pengalaman belajar yang menyenangkan. Destinasi wisata ini menawarkan berbagai wahana dan aktivitas interaktif yang dirancang untuk meningkatkan pemahaman tentang sains dan teknologi.

Dalam kompleks Taman Pintar, pengunjung dapat menemukan berbagai eksperimen sains, pertunjukan, dan kegiatan edukatif lainnya. Wahana-wahana di dalamnya seperti Planetarium, Science Theatre, Gedung Oval, dan lainnya akan memberikan pengalaman belajar yang menyenangkan sambil merangsang rasa ingin tahu.

aquarium-taman-pintar
Sumber: tamanpintar.co.id

Salah satu wahana yang digemari anak-anak adalah Aquarium Taman Pintar yang berada di dalam Gedung Oval. Bentuk aquariumnya setengah lingkaran di mana pengunjung bisa melihat beragam koleksi biota air tawar di sekelilingnya. Di sana terdapat berbagai ikan-ikan seperti nila, silver dollar, lele, ikan aligator, arwana dan lainnya.

6. Fantastic Aquarium, Batu Secret Zoo

Fantastic-Aquarium-Batu-Secret-Zoo
Sumber: indonesiakaya.com

Batu Secret Zoo adalah salah satu objek wisata keluarga yang sangat populer. Wisatawan yang plesiran bareng keluarga ke daerah Malang dan sekitarnya, pasti ingin deh memasukkan Batu Secret Zoo yang terdapat di Jatim Park 2, ke dalam bucketlist-nya. Di sana, terdapat wahana wisata aquarium yakni Fantastic Aquarium.

Meskipun nggak sebesar wisata aquarium yang saya sebutkan sebelumnya, namun koleksi biota lautnya cukup lengkap mulai dari beragam ikan, terumbu karang, bulu babi hingga penyu hijau yang langka.

7. Seaworld Bali

Liburan ke Bali memang afdholnya kita menikmati pemandangan dan sunset di tepi pantai, lebih bagus lagi kalau bisa snorkeling atau diving dan melihat keindahan bawah lautnya secara langsung. Namun, buat Mae frens yang nggak bisa berenang dan takut diving, nggak usah khawatir karena di sana ada wisata aquarium yakni Seaworld Bali.

bali-aquarium
Sumber: travelbalipedia.com

Berkunjung ke Seaworld Bali membuat kalian bisa deh menikmati pemandangan bawah laut tanpa perlu berenang atau menyelam ke tengah laut. Objek wisata ini berlokasi di Jalan By Pass Ngurah Rai, Denpasar Selatan, Denpasar, Bali. HTM untuk wisata aquarium ini terbilang murah lho, hanya Rp25.000,- per orang.

Meski demikian, pengunjung akan disuguhkan dengan ribuan biota laut termasuk biota laut yang langka. Tak hanya itu, di sana juga terdapat koleksi biota air tawar seperti Arapaima gigas dan ikan piranha. Boleh lah nih, masuk wishlist jalan-jalan bareng keluarga!

Mae frens, adakah yang mau merekomendasikan lagi wisata aquarium di Indonesia selain yang disebutkan di atas? Kalian pernah berkunjung ke mana dan ingin mengunjungi yang mana nih? Share di kolom komentar ya!

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *