Jelajah Dunia Bawah Laut di BXSea Bintaro

Jelajah-Dunia-Bawah-Laut-di-BXSea-Bintaro

Tangerang Selatan punya tempat wisata ramah anak yang baru nih! Tanggal 15 Desember 2023 yang lalu, Oceanarium BXSea Bintaro resmi dibuka, tapi masih soft opening. Di sana, kita akan diajak untuk berpetualang memasuki dunia bawah laut.

Saya, suami dan anak berkunjung ke sana saat libur Natal tahun kemarin. Suami saya yang sudah beberapa hari beristirahat di rumah pasca operasi gigi bungsu, impulsif ngajakin ke sana. Saya, yang selama liburan juga di rumah aja, semangat dong ya diajak jalan. Hehe.

Seperti apa penjelajahan dunia bawah laut kami di BXSea Bintaro? Baca terus artikel ini ya!

Lokasi Oceanarium BXSea Bintaro

bxsea-bintaro

Oceanarium BXSea Bintaro Jaya berlokasi di dalam mall, lho. Tepatnya di Bintaro Jaya XChange Mall Tahap 2 (BXC 2). Jika teman-teman memang berniat ke BXSea, sebaiknya langsung masuk ke area parkir mall BXC 2. Alamat persisnya yakni di Bintaro Jaya Xchange Mall 2 Lt. B1 – B2 CBD Bintaro jaya , Jalan sektor VII No.2 , Pd. Jaya, Kec. Pondok Aren, Kota Tanggerang, Banten 15277.

BXSea sendiri lokasinya ada di bawah basement yang menghubungkan antara BXC 1 dan BXC 2. Oleh karena mall-nya masih baru banget dibuka, tenant-nya pun belum terlalu banyak. Rata-rata pengunjung yang datang ke BXC 2 memang untuk pergi ke BXSea.

HTM dan Jam Operasional

BXSea Bintaro buka setiap hari mulai pukul 10.00 WIB – 22.00 WIB. Untuk HTM-nya sendiri, selama masa soft opening adalah sebesar Rp150.000,- per orang (weekdays) dan Rp175.000,- per orang (weekend). Anak usia di atas 1 tahun sudah membayar penuh.

Masa soft opening sendiri dimulai sejak Desember hingga Maret 2024 mendatang. Selama soft opening, pengunjung hanya bisa mengakses Long Journey Ticket. Sementara saat grand opening nanti, akan dibuka 3 ticket journey yang terdiri dari Short Journey, Long Journey dan VIP. Apa bedanya?

Short Journey

Pengunjung yang memilih Short Journey, hanya bisa mengakses 8 area yakni Main Lobby, Sea Wave, Hide & Seek, Seahorse Empires, Exotic Fish, Schooling Fish, Shark Path, Raja Ampat. HTM untuk opsi ini adalah Rp75.000,- per orang (weekdays) dan Rp85.000,- per orang (weekend).

Long Journey

Jika tiket Short Journey hanya bisa digunakan untuk melihat hewan-hewan dan biota laut saja, maka tiket Long Journey akan memberikan pengalaman lebih lengkap. Dengan tiket ini, pengunjung bisa menjelajah ke 20 area, termasuk area reptil, amphibi, dan air tawar.

rainforest-bxsea

20 area yang bisa kalian jelajahi jika membeli tiket Long Journey adalah Main Lobby, Sea Wave, Hide & Seek, Seahorse Empires, Exotic Fish, Schooling Fish, Shark Path, Raja Ampat, Behind the sea, Rainforest, Mangrove, Touch pool, King of River, Children’s Playground, Jellyfish, Activity room, Sea Tunnel, Sea Theatre, Yellow Submarine, African Penguin.

Untuk bisa mendapatkan pengalaman tersebut, pengunjung dikenakan biaya tiket sebesar Rp150.000,- per orang (weekdays) dan Rp175.000,- per orang (weekend).

VIP

Ingin kunjungan Mae frens nggak sekadar jalan-jalan dan punya pengalaman, serta khasanah yang lebih luas lagi mengenai dunia bawah laut? Teman-teman bisa memilih VIP ticket yang selain bisa mengakses 20 area, juga berkesempatan untuk melihat behind the sea oceanarium, ditemani tour guide yang menjelaskan keseluruhan dunia bawah laut di sana.

pool-bxsea

Area yang bisa dikunjungi oleh pemegang tiket VIP adalah Main Lobby, Sea Wave, Hide & Seek, Seahorse Empires, Exotic Fish, Schooling Fish, Shark Path, Raja Ampat, Behind the Sea, Rainforest, Mangrove, Touch pool, King of River, Children’s playground, Jellyfish, Activity room, Sea Tunnel, Sea Theatre, Yellow Submarine, African Penguin.

Para pengunjung reguler hanya bisa memesan maksimal 5 tiket dalam sekali transaksi. Sementara untuk rombongan, maksimal pembelian tiket untuk sekali pembayaran adalah 20 tiket.

Xtraordinary Xperience at Sea and Forest

Mendengar papanya ngajakin ke aquarium, anak saya langsung semangat kegirangan. Satset dia sarapan, mandi dan siap-siap. Kunjungan kami ke sana memang tidak terencana. Namun, berhubung fee job menulis di blog saya baru cair, kepikiran kan buat ngajakin mereka healing tipis-tipis. Suami saya pun mengusulkan untuk ke BXSea di BXC yang jaraknya hanya 12 km saja dari rumah saya.

Kami berangkat sekitar pukul 09.30 WIB. Harapannya, sampai sana mall baru buka dan pengunjung masih sepi. Hehe. Google Maps memberikan petunjuk kalau kami tidak perlu lewat tol karena jalanan tidak macet. Benar saja, kami pun sampai ke sana sekitar pukul 10.00 WIB lewat dikit lah.

pintu-masuk-bxsea
Hiyaa ternyata udah rame aja!

Berhubung kami nggak paham di mana pintu masuk menuju BXSea, kami sempat salah dan hampir masuk ke parkiran BXC 1. Alhamdulillah, Pak Satpam di sana mengarahkan kami untuk menuju area parkir BXC 2 jika ingin berkunjung ke BXSea.

Parkiran di basement BXC 2 masih banyak yang kosong, yes masih sepi nih kayaknya. Ternyata perkiraan saya salah! Sampai sana, sudah banyak pengunjung yang memenuhi pintu masuk BXSea 😀 Namanya juga lagi liburan sekolah plus Natal, mau mengharapkan sepi yang seperti apa yekan?

Membeli Tiket BXSea Bintaro Secara Online

gelang-masuk-bxsea

Sebelumnya, saya sudah ngomong ke suami, beli tiket online aja nggak nih? Biar di sana tinggal masuk. Suami saya jawab, nanti aja di sana gampang. Ndilalah, melihat antrian counter tiket yang panjang, ilfeel dong ya, Bok!

Untungnya, ada petugas yang memberi kami informasi bahwa pembelian tiket online masih bisa dilakukan. Jadi, saya langsung beli tiket secara online untuk 3 orang dan mencetak gelang di mesin yang berada sebelah gerbang masuk. Caranya gampang banget, persis kayak kita cetak tiket kereta api.

Berikutnya, tinggal antri deh buat masuk dan berpetualang di dunia bawah laut versi BXSea Bintaro.

Melihat dan Belajar Macam-macam Biota Laut

For me, pergi ke tempat wisata seperti ini memang tujuannya buat nyenengke anak, sih. Berhubung masih soft opening, biota laut yang tersedia hanya berjumlah sekitar 17.000 saja. Kabarnya, di bulan Maret nanti, ketika sudah grand opening, jumlah tersebut akan bertambah hingga 25.000 jenis biota laut.

Setelah melewati gerbang masuk ke dalam, pengunjung akan disambut dengan proyeksi air laut dari pantai. Jadi seolah-olah kita sedang berjalan di pinggir pantai. Terdengar juga suara deburan-deburan ombak.

Baca juga: Pantai-pantai Terbaik di Indonesia

bxsea-bintaro-jaya

Menurut saya, meskipun ada beberapa aquarium yang kosong, tapi seluruh area cukup terjaga kebersihannya, udaranya sejuk meskipun dipadati pengunjung, dan air dalam aquariumnya juga jernih semua.

gurita-raksasa-bxsea

Anak saya senang sekali bisa melihat hewan-hewan laut seperti gurita raksasa, kepiting laba-laba, ubur-ubur, belut laut hingga ikan hiu dan pari yang masih kecil-kecil. Hehe. Ada juga berbagai macam reptil seperti ular, salamander, dan katak beracun.

Jajan dan Beristirahat di Dalam BXsea Bintaro

Perjalanan kami yang memilih long journey ticket, ditambah harus mengawasi dan mengikuti ke mana arah bocah berlarian, membuat saya dan suami capek di tengah-tengah. Wkwk. Untungnya, di dalam BXSea Bintaro tersedia beberapa tenant dan area untuk beristirahat.

Di area Rainforest tersedia tenant yang menjual minuman, dan di area Playground, tersedia tenant yang menjual jajanan seperti kentang goreng dan popcorn. Oiya, sebelumnya di gerbang masuk pemeriksaan tiket, pengunjung diberikan voucher yang bisa ditukarkan ke tenant makanan tertentu, dengan syarat dan ketentuan yang berlaku.

area-duduk-bxsea

Baca tentang: Menjaga Kesehatan Anak Selama Traveling

Kami pun jajan popcorn dulu, minum-minum, duduk lemesin kaki, sambil nungguin anak saya yang sudah lari duluan ke area Playground bersama krucil-krucil lainnya. Area tersebut berada di dekat area King of River, jadi sambil duduk-duduk kita masih tetap menikmati pemandangan biota bawah air.

Beberapa Area Masih Kosong

Saat kami ke sana, ada beberapa aquarium yang masih belum terisi. Dua area terakhir yakni Yellow Submarine dan African Pinguin juga masih belum ada apa-apanya. Next teman-teman berkunjung ke BXSea setelah grand opening saja agar dapat pengalaman yang lebih seru lagi.

Pro, Kontra dan Rekomendasi ke BXSea Bintaro

Saya membaca-baca di media sosial, banyak yang kecewa dengan BXSea Bintaro ini. Banyak yang mengatakan harga tiket untuk soft opening terlalu mahal, sementara masih ada beberapa aquarium yang belum terisi. Ada juga yang terang-terangan mengatakan kalau jauh lebih mending berkunjung ke oceanarium sebelah dibandingkan BXSea.

Dengan membayar Rp150.000,- hingga Rp175.000,- per orang, apakah worth it berkunjung ke sana? Saya dan suami sepakat, BXSea Bintaro Jaya ini worth to try. Apalagi bagi kami yang memang tinggal di sekitaran Tangerang Selatan. Nggak usah jauh-jauh pergi ke Jakarta sana untuk melihat oceanarium.

pintu-keluar-bxsea

Baca juga: Pengalaman Farming di Kuntum Farmfield, Bogor

Selain itu, setiap pembelian tiket selama soft opening, pengunjung akan mendapatkan voucher berupa potongan harga sebesar Rp40.000,- untuk kunjungan berikutnya, yang mana bisa dipakai saat sudah grand opening.

Buat yang penasaran dengan dunia bawah laut yang ditawarkan oleh BXSea Bintaro Jaya, boleh banget intip-intip informasi selengkapnya di website resmi BSXea. Tips dari saya, kalau bisa berkunjung saat weekdays saja, dan beli tiket duluan secara online. Ada yang udah pernah ke sana juga? Share juga dong pengalaman kalian di kolom komentar!

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *