5 Tips Berkunjung ke Tempat Wisata Aquarium

5 Tips Berkunjung ke Tempat Wisata Aquarium

Hello, Mae frens! Dalam tulisan yang lalu, saya sempat menuliskan tentang kunjungan saya dan keluarga ke salah satu oceanarium terbaru di Tangerang Selatan yakni BXSea Bintaro Jaya. Selain di sana, di Indonesia sendiri ternyata ada banyak, lho tempat wisata aquarium yang bisa dikunjungi seperti Sea World di Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta dan Jakarta Aquarium.

Berkunjung ke tempat wisata aquarium memang menjadi opsi bagi banyak keluarga saat menghabiskan waktu liburannya. Bagi orang tua, selain healing dari rutinitas harian, mengajak anak-anak ke wisata aquarium juga akan menjadi sarana edukasi mengenai hewan-hewan air, sekaligus waktu bonding yang berharga bersama anak-anak.

5 Tips Berkunjung ke Tempat Wisata Aquarium

oceanarium

Beberapa waktu lalu, saat saya berkunjung ke BXSea Bintaro, saya dan suami mengambil inisiatif yang cukup impulsif. Tidak ada persiapan apa-apa dan langsung memutuskan untuk mendatangi tempat wisata aquarium yang lokasinya tak begitu jauh dari tempat tinggal saya.

Sesampainya di sana, ternyata destinasi wisata yang kami datangi ramai sekali. Wajar sih, karena bertepatan dengan liburan akhir tahun. Selain itu, oceanarium tersebut juga baru saja dilaunching sekitar satu atau dua minggu sebelumnya. Jadi, orang-orang masih FOMO dan tempatnya pun jadi happening banget.

Baca juga: The Best 5 Domestic Beaches in Indonesia

Nah, untuk teman-teman yang ingin mendapatkan pengalaman lebih baik dan berkesan lagi saat berkunjung ke tempat wisata aquarium, berikut tips yang bisa saya berikan sesuai dengan pengalaman yang sebelumnya:

1. Membeli Tiket Secara Online

Tips pertama adalah kunjungi official website dari oceanarium atau tempat wisata aquarium yang ingin teman-teman kunjungi, dan beli tiket secara online. Kalian bisa juga membeli tiket dari website maupun aplikasi travel online lain. Ini akan sangat mempermudah hidup saat tiba di sana.

Kita nggak perlu lagi mengantri untuk membeli tiket. Biasanya, tinggal mencetak tiket dan berbaris di depan gerbang utama untuk masuk ke dalam taman aquarium.

2. Hindari Weekend dan Hari Libur Nasional

Di mana-mana yang namanya tempat wisata pasti selalu ramai di akhir pekan dan hari libur nasional. Jika Mae frens bisa cuti atau punya pekerjaan yang lebih fleksibel, ada baiknya untuk mengambil jadwal kunjungan di hari-hari selain weekend dan libur nasional.

Berkunjung ke tempat wisata saat tidak terlalu ramai tentu akan terasa lebih menyenangkan. Nggak perlu berdesakkan dengan orang lain untuk masuk ke satu wahana, tidak repot mencari tempat duduk saat hendak beristirahat atau di tempat makan, dan bisa mengambil foto tanpa ada kerumunan orang-orang sebagai latar belakangnya.

Baca juga: Berandai-andai Lihat Dunia Lagi Bersama Teman Hidup

Namun, sepengalaman saya, berkunjung ke tempat wisata aquarium saat weekdays juga tetap nggak bisa sesepi itu, sih. Di hari biasa, biasanya oceanarium akan dipadati dengan anak-anak sekolah yang sedang melakukan karyawisata. Hihi..

3. Datang Lebih Awal ke Tempat Wisata Aquarium

Jika tidak memungkinkan untuk berkunjung di hari biasa, dan hanya memiliki waktu di hari libur, usahakan untuk datang lebih awal. Sebelumnya, jangan lupa untuk mencari informasi terlebih dahulu mengenai jam buka dari tempat wisata tersebut. Datanglah di awal-awal jam operasional sehingga belum terlalu dipadati pengunjung.

Nah, ketika tempat wisata aquarium sudah mulai dipadati pengunjung dan kalian sudah selesai menjelajah, tinggal santai-santai dan pulang, deh!

4. Memeriksa Jadwal Animal Show

feeding-animal

Biasanya akan ada pertunjukan hewan-hewan di waktu-waktu tertentu. Tempat wisata umumnya memajang jadwal animal show di beberapa titik. Perhatikan jadwal tersebut, pilihlah yang pertunjukan atau atraksi yang ingin kalian lihat dan catat jadwalnya.

Menonton pertunjukan hewan akan memberikan pengalaman baru bagi anak-anak, dan membuat kunjungan mereka lebih berkesan.

Baca tentang: 7 Cara Menjaga Kesehatan Anak Selama Traveling

5. Patuhi Syarat dan Ketentuan yang Berlaku

Tips selanjutnya adalah tetap patuhi peraturan yang diberlakukan oleh tempat wisata aquarium, dimanapun kalian berada. Beberapa tempat mungkin memiliki aturan khusus seperti kolam-kolam mana saja yang bisa digunakan sebagai kolam sentuh, atau memberi makan hewan.

bxsea

Selain lima tips di atas, Mae frens bisa sesuaikan juga barang bawaan dengan kebutuhan masing-masing. Misalnya menyiapkan baju ganti cadangan dan alat sholat, membawa kamera, ponsel, atau peralatan ngonten yang lebih lengkap lagi. Terakhir, selalu perhatikan adab ketika berkunjung ke tempat umum.

Selamat berkunjung ke tempat wisata aquarium dan semoga kunjungan kalian menyenangkan ya!

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *