Kuntum Farmfield, Pengalaman Farming seperti di Harvest Moon

Weekend 2 minggu lalu, tanggal 30 dan 31 Juli 2022 saya bersama keluarga pergi ke Bogor untuk refreshing! Salah satu tempat wisata yang kami kunjungi adalah Kuntum Farmfield, ada yang sudah pernah ke sana?

Saya yang sedang membiasakan diri dengan kegiatan baru mengantar jemput anak sekolah merasakan hari-hari yang cukup hectic.

Jika biasanya saya lebih santuy bisa bangun agak siang karena hanya menyiapkan kebutuhan suami sebelum bekerja, sekarang harus bangun lebih pagi untuk menyiapkan berbagai keperluan anak sebelum pergi sekolah.

Ditambah pekerjaan rumah yang nggak bisa beres sendiri plus pekerjaan saya sebagai freelance content writer dan blogger yang cukup membuat hari saya terasa padat.

Demikian pula dengan suami saya yang di akhir bulan harus menghadapi audit dadakan di kantornya.

Seminggu terakhir suami pulang malam dan nggak sempat ngobrol dengan saya karena setiap beliau pulang saya sudah tidur duluan dan tidak juga sempat bermain dengan bocil.

Okee~ Kita healing dulu deh! LOL!

Akhirnya Bogor pun menjadi destinasi wisata kami. Selain karena dekat dari Sukabumi, ada banyak teman yang bisa ditemui di sana. Cuss!

Mengunjungi Kuntum FarmField, Agrowisata Bogor

kuntum-farmfield
Kuntum Farmfield – Sumber : FB Kuntum Farmfield

Hari Minggunya, tanggal 31 Juli 2022, sebelum pulang kembali ke Sukabumi saya dan keluarga menghabiskan waktu di Kuntum Farmfield.

Mulanya saya ingin mengajak anak saya berkunjung ke Kebun Raya Bogor, namun teman saya mengusulkan untuk pergi ke Kuntum Farmfield mengingat anak saya suka sekali dengan hewan.

Setelah anak saya menonton video review Kebun Raya Bogor dan Kuntum Farmfield, jelas dia memilih untuk pergi ke Kuntum Farmfield karena ada banyak hewan ternak di sana dan pengunjung bisa berinteraksi dengan memberi pakan hewan ternak.

Apa itu Kuntum Farmfield?

Kuntum Farmfield merupakan destinasi wisata yang mengusung konsep agrowisata atau wisata edukasi pertanian. Di sana, pengunjung bisa melakukan banyak aktivitas menarik seperti memberi makan ternak sampai menunggang kuda.

kuntum.co.id

Ingat game Harvest Moon yang hits pada masanya? (masa gue kecil maksudnya. Haha!) Ya mirip seperti itulah konsepnya.

Lokasi Kuntum Farmfield

Menurut saya, lokasi Kuntum Farmfield ini cukup strategis. Nggak jauh dari pintu tol Ciawi dan nggak jauh juga dari pusat kota Bogor. Dari tempat saya menginap di Zest Hotel, ke Kuntum Farmfield memakan waktu kurang lebih 30 menit ajah. Itu udah ketambahan macet dikit-dikit ya.

Kuntum Farmfield beralamatkan di Jl. Raya Tajur No.291, RT01/RW01, Sindangrasa, Kecamatan Bogor Timur, Kota Bogor, Jawa Barat, 16145.

Patokannya, sebelum belokan ke Kuntum Farmfield ada rumah makan sate Maranggi yang terkenal enak, tuh!

Jam Operasional dan HTM Kuntum Farmfield

Tempat wisata yang juga biasa dijadikan tujuan study tour anak sekolah ini buka setiap hari Senin hingga Minggu, mulai dari jam 08.00 WIB dan tutup di jam 18.00 WIB.

HTM per orang di hari kerja (weekdays) yaitu Rp60.000,- dan Rp70.000 di akhir pekan (weekend). Untuk anak berusia 2 tahun ke atas, sudah dikenakan harga normal. Jadi, kemarin HTM untuk kami bertiga yaitu Rp210.000,-.

Harga tiket masuk tersebut sudah termasuk pakan ternak yang bisa ditukarkan ditiap masing-masing area peternakan. Kemarin, tiket yang saya miliki bisa ditukarkan dengan pakan ikan, kelinci dan kerbau.

Aktivitas ala Harvest Moon di Kuntum Farmfield

Kuntum Farmfield menawarkan pengalaman bertani, berkebun dan beternak sekaligus. Konsepnya adalah bercocok tanam dan beternak secara organik dengan taglineBack to Nature, No Chemical and Friendly Environment“.

Setelah membeli tiket dan masuk ke dalam area pertanian dan peternakan, pengunjung langsung melihat beberapa kolam ikan yang diisi oleh beragam jenis ikan. Kami melihat ada kolam ikan aligator dan ikan lele dan ikan-ikan hias lainnya.

area-budidaya-ikan-di-kuntum-farmfield
Area pertama yang dikunjungi, area budidaya ikan – Sumber : Pinhome

Selanjutnya, pengunjung akan memasuki area pertama yakni area budidaya tanaman dan kolam ikan. Di area ini, ada pos untuk menukarkan tiket yang dimiliki dengan pakan ikan. Selain itu, pengunjung juga dapat meminjam topi petani atau caping yang membuat pengalaman di Kuntum Farmfield semakin berkesan.

Kami bertiga sih nggak ada yang pakai caping kemarin, entah kenapa saya merasa rempong aja pakai atribut begitu. Hehe.

Setelah masuk ke area farming di Kuntum Farmfield, aktivitas yang bisa dilakukan oleh pengunjung adalah sebagai berikut :

Memberi Makan Hewan Ternak

Kayaknya, kebanyakan pengunjung yang datang ke Kuntum Farmfield mengincar aktivitas memberi makan hewan ternak sebagai kegiatan utamanya. Di sana memang ada banyak sekali hewan ternak yang bisa diajak berinteraksi.

Anak saya bersemangat sekali memberi makan ikan, kelinci, marmut, domba, kambing, sapi, kerbau hingga hewan-hewan unggas seperti ayam, bebek, angsa dan burung.

Kami menukarkan tiket masuk dengan 3 jenis pakan hewan ternak seperti yang saya ceritakan sebelumnya. Di luar itu, apabila pengunjung ingin memberi makan hewan ternak lain selain yang diberikan bersama tiket masuk, maka harus membelinya seharga Rp5.000,-.

Baca juga : Seru-seruan Bersama Keluarga di Lembang Park And Zoo

Harga pakan hewan di sini menurut saya murah dan worth it, dengan membayar seharga tersebut pengunjung bisa mendapatkan sebakul penuh makanan kelinci dan marmut. Harga tersebut juga berlaku untuk pakan ternak lainnya termasuk susu untuk anak domba dan sapi.

Memancing

Aktivitas lain yang juga menarik untuk dicoba adalah memancing di kolam pemancingan yang terletak di sebelah resto di dalam area Kuntum Farmfield.

Pengunjung bisa menyewa alat pancing beserta umpannya di resto tersebut seharga Rp15.000,- sepuasnya. Tapi, ada catatannya nih.. Setiap ikan yang didapatkan tidak boleh dilepaskan kembali dan harus dimasak di restaurant tersebut.

Jika mendapatkan ikan, harga yang dikenakan adalah Rp40.000,- per 100 gram ikan. Saat kemarin memancing, suami saya sempat mendapatkan satu ikan tapi ketika akan diambil eh ikannya kabur!

Baca juga : Pengalaman Makan Seafood di Pantai Depok, Yogyakarta

Pengalaman memancing ini jadi pengalaman yang berkesan untuk anak saya yang udah dari lama penasaran ingin memancing ikan.

Melihat Budidaya Tanaman Organik

budidaya-tanaman-di-kuntum-farm-field
Area Budidaya Tanaman Organik

Ada berbagai macam tanaman yang ditanam dan dirawat dengan cara organik di Kuntum Farmfield. Saya sempat melihat-lihat beberapa tanaman yang ditanam di sana seperti cabai dan beraneka jenis sayuran lainnya.

Menanam dan Memanen Sayuran

Pengalaman menanam dan memanen sayuran juga bisa didapatkan di Kuntum Farmfield. Biasanya anak-anak sekolah yang melakukan kunjungan ke sana melakukan kegiatan ini. Saya dan keluarga tidak merasakan pengalaman ini kemarin.

Menurut informasi, anak-anak yang bercocok tanam juga dibekali dengan pengetahuan umum seputar tanaman organik dan berbagai manfaatnya untuk kesehatan tubuh.

Baca tentang : Pertolongan Pertama Mengatasi Gatal karena Ulat Bulu

Menangkap Ikan

Saya agak terkejut ketika melihat ada bapak dan anak-anaknya yang sibuk menangkap ikan di dalam sebuah kolam di Kuntum Farmfield. Ternyata, pengunjung memang bisa melakukan aktivitas tersebut.

Ketika melihat pengunjung lain melakukan kegiatan tersebut, saya langsung membawa anak saya berjalan memutar. Haha. Gawat banget kalau dia ingin ikutan nyebur nangkep ikan sementara kami tidak menyediakan pakaian ganti.

Sebenarnya seru banget ya aktivitas satu ini. Maybe next time kalau ke sana lagi bakalan coba semua aktivitas seru yang belum sempat kami cobain kemarin.

Berkuda

Di bagian belakang, pengunjung akan menemukan area berkuda yang bisa digunakan oleh pengunjung untuk aktivitas menunggang kuda. Jujur kami sekeluarga nggak mencapai area ini karena anak saya sudah kelelahan dan hari mulai sore.

area-berkuda-kuntum-farmfield
Area Berkuda di Kuntum Farmfield – Sumber : Tripadvisor

Saya sendiri sebenarnya senang sekali dengan aktivitas berkuda dan ingin mencoba kegiatan ini bersama keluarga. Namun, karena kami harus kembali ke Sukabumi sebelum terlalu malam, maka dengan terpaksa menskip bagian ini.

Melukis

Melukis caping dan bakul di Kuntum Farmfield merupakan kegiatan yang juga banyak diminati oleh anak-anak. Orang tua bisa beristirahat sejenak dan anak-anak bisa anteng melukis ditemani angin sepoi-sepoi dan pemandangan alam yang indah.

Area melukis ini berada di dekat area unggas dan pengunjung bisa menyewa peralatan melukisnya di counter yang menyediakan pakan unggas.

Fasilitas Penunjang di Kuntum Farmfield

Berhubung area wisata Kuntum Farmfield ini luaas sekali, nggak mungkin kalau nggak disediakan toilet umum dan mushola untuk para pengunjungnya.

Saya sendiri nggak mampir ke toilet atau mushola karena sedang kedatangan tamu bulanan. Namun, menurut suami saya toiletnya cukup bersih dan terawat. Begitu pula dengan musholanya.

Selain toilet dan mushola, bagi teman-teman yang kelaparan di sela-sela kegiatan farming, tersedia resto yang menyajikan berbagai macam menu makanan dan minuman. Letaknya di samping kolam pemancingan.

Baca ini : Pentingnya Fasilitas yang Aman di Rumah Makan

Sebenarnya, ada banyak pilihan tempat makan di Kuntum Farmfield. Di area parkir, ada beberapa cafe dan restaurant yang bisa jadi alternatif tempat makan. Di dekat pintu masuk, sebelah loket penjualan tiket pun ada restaurant yang bisa dijadikan tempat beristirahat dan makan bagi pengunjung.

Saya sendiri sempat makan siang di resto dekat kolam pemancingan, pulangnya saya mampir untuk bertemu teman di Kopi Nako yang terletak di area parkir Kuntum Farmfield.

Main-main, Yuk! ke Kuntum Farmfield

Demikian, pengalaman saya dan keluarga mengunjungi Kuntum Farmfield, Bogor, dan merasakan bagaimana rasanya hidup di ranch seperti dalam game Harvest Moon.

Informasi selengkapnya mengenai Kuntum Farmfield, nomor kontak serta reservasi bisa dilihat di laman website kuntum.co.id.

Ada yang mau juga nggak ngerasain serunya beraktivitas di peternakan?

Note : Sedih karena semua dokumentasi yang saya ambil melalui kamera ponsel pribadi lenyap bersamaan dengan rusaknya ponsel saya. Jadi terpaksa mencari sumber lain untuk foto di blog. Hiks!

39 Comments

1. Seru sekali perjalanannya mba. Bener-bener definisi ‘healing’ yang nyaman. Fasilitas di sana juga terhitung sangat lengkap ya, mulai dari activity ala harvest moon hingga kegiatan berkuda ada semua. Keren…

2. Mbaa boleh bagi2 foto2 keseruannya dong hihi. HTMnya juga terjangkau sih ya. Anak2 pasti suka banget deh. Kalau di tempatku juga ada wisata edukasi pertanian gini namanya Kebun Pak Budi.

• Huhu sayangnya foto2 pada ilang gara2 hapeku rusak. Sedih banget, padahal udah semangat ambil foto banyak di sana..

Oh iya, rasanya pernah baca ulasan blogger juga tentang Kebun Pak Budi ini.

3. Wah, sukaa dengan Kuntum Farmfield. Saya pernah ajak anak-anak ke sini dan mereka happy sekali. Tempatnya bersih, nyaman, dan banyak pengalaman baru ya Mbak untuk anak. Bisa memberi makan hewan, berkeliling melihat tanaman. Tapi saya belum pernah ke area berkudanya nih. Kapan-kapan sepertinya mau deh ke sana lagi.

• Luas banget ya Mba, saya juga belum sempat lihat-lihat ke semua areanya. Pilih-pilih yang perhewanan aja karena anak saya lagi suka hewan-hewan dan tertarik buat kasih makan hewan-hewan.

4. Seru memang ya berlibur ke sini, apalagi mengajak anak-anak. Selain bermain, bisa belajar menganal hewan dan tumbuhan.

5. Keren tempat wisatanya, Mba, rekomendasi bagus kalau suatu saat nanti jalan-jalan sampai ke Sukabumi. Saya juga suka hewan, tempatnya pun asri dan kelihatan sejuk. Terima kasih infonya.

6. yaa Allah mbak, mupeng banget bisa kesana, karena aku yakin anak-anak pasti suka banget ke sana. Teduh banyak pohon, bisa lihat binatang, bisa lihat tanaman, tempatnya tampak bersih

7. Waa kalau dianalogikan sama harvest moon aku auto melek wkwkw karena dulu suka bangettt main game itu mbaa, seruu ih jadi kangeennn hahaha. Kalau ada versi nyatanya kek gini jadi penasaraaannn

8. Berapa kali mau kesana selalu ada halangan. Makin menggebu keinginan kesnaa habis baca reviewnya.

9. Aiiiiiiih Mbak aku kok seneng ya melihat dan membaca ulasan Mbak Ima tentang tempat ini. Mungkin efek lama gak keluar kemana mana ni akunya *plak

Di daerahku sini belum banyak tempat seperti itu Mbak, ada tapi bisa dihitung jari saking sedikitnya

10. Widih keren banget liat.y, sejuk bgitu, jd pengen deh punya rumah dengan taman luas bisa farming jg heheh

11. wah saya belum pernah ke tempat ini mba, kayaknya wajib banget cobain bawa keponakan dan keluarga lainnya, seru banget kayaknya tempatnya, apalagi ada tempat berkuda, saya suka berkuda juga

12. kegiatannya sangat seru, mengenalkan anak-anak pada alam dan hewan-hewan…lokasi aman dan nyaman sekali….jadi pengen ikut kesana nih bund…

13. Berasa lagi outing class yaa..
    Tempat wisata yang super lengkap untuk aktivitas anak dekat dengan alam. Suka banget karena anak-anak pasti jadi berani dan menunjukkan kasih sayangnya pada sesama makhluk hidup.
    Di Kuntum Farmfield ada penginapannya jugakah?
    Lumayan juga perjalanan dari Bandung ke Bogor kan yaa..

14. Senang banget ini mah healing apalagi bawa bocil pasti betah banget jalan kesana deh

15. Aya Choiriyah

Akhhhh penasaran banget deh jadinya pengen ngajak anak² maen ke harvest moon.. biar belajar bercocok tanam

16. toss… semenjak anak-anak sekolah harus bangun lebih cepat dan menyiapkan segala sesuatunya lebih pagi. Mulai dari sarapan hingga bekal sekolah. Dan jalan-jalan begini membuat pikiran lebih fresh…

17. Belom pernah nih ngajak anak ke Kuntum Farmfield. Kayaknya seru juga ya, anak anak pasti senang diajak ke Kuntum Farmfield ini.

18. wah seru banget ya lokasjnyaaa … bisa bawa anak2 dan keluarga yaaa. pasti anak2 juga akan betah disana yaa

19. anak anak emang lebih suka lihat hewan hewan ya mbak, anakku pasti suka jugaini. lumayan sih bak htm nya dengan luas dan banyak yang bisa dikunjungi ya , dan jujur in baru kali ini aku denge juntum farmfield

20. MasyaAllah lokasinya bagus banget ini bisa mengajarkan anak banyak hal banget bun. Mupeng pengen dolan ke sini jadinya@

21. Aku juga lagi adaptasi nih jemput anak sekolah tiap hari.. menyenangkan sih. hahaha
    Pengen ajak anakku ke sini juga deh, pasti dia seenng

• Antar jemput anak sekolah, sekarang udah biasa karena rutin tiap hari gitu. Pulang-pulang dari sekolah buka laptop dan ngeblog sambil nunggu anak pulang sekolah. hihi.

22. wah menarik ya, memancing ikan banyak di sukai anak-anak maupun dewasa jadi pasti seru. aku sendiri tertarik dengan tanaman hidroponiknya. asyik semoga bisakesana

23. Ikuti perkembangan teknologi terkini di dunia perikanan. Pusat Informasi Budidaya Ikan kami memberikan wawasan tentang penggunaan sensor, otomatisasi, dan teknologi lainnya untuk meningkatkan efisiensi.