Merayakan Milad Komunitas di Kawasan Agroeduwisata Cikundul, Sukabumi

Kawasan-Agroeduwisata-Cikundul-Sukabumi

Kota Sukabumi memberikan saya banyak kenangan dan pelajaran. Salah satunya adalah karena pertama kalinya saya merantau bersama keluarga di tempat yang tidak ada sanak saudara sama sekali. Di Sukabumi jugalah saya kembali aktif berkomunitas, dan dipercaya menjadi panitia acara untuk agenda milad atau hari jadi Ibu Profesional Sukabumi yang ke-4 di Kawasan Agroeduwisata Cikundul (KAC).

kawasan-agroeduwisata-cukundul

Kami memilih tempat tersebut karena daerahnya yang terjangkau bagi teman-teman yang tinggal di berbagai wilayah di Sukabumi, selain itu juga karena tempatnya yang ramah anak dan keluarga tentunya.

Apa saya yang membuat kawasan agroeduwisata itu menarik? Pengalaman apa yang didapat ketika berwisata ke area pertanian dan peternakan tersebut?

Lokasi dan Akses Menuju Kawasan Agroeduwisata Cikundul (KAC)

kac-sukabumi

KAC berlokasi di Jalan Kapitan, Kelurahan Cikundul, Kecamatan Lembursitu, Kota Sukabumi, Jawa Barat. Agroeduwisata ini dikelola langsung oleh Dinas Pertanian, Perikanan, dan Ketahanan Pangan (DPPKP) Kota Sukabumi.

Kawasan tersebut sudah dikembangkan sebagai area wisata sekaligus edukasi pertanian sejak tahun 2015 silam. Perjalanan menuju KAC dari tengah kota Sukabumi memakan waktu kurang lebih 20 menit denga jarak tempuh 8.5 km saja.

Baca juga: Situ Gunung Suspension Bridge, The Long and Winding Bridge

Sementara dari tempat tinggal saya di daerah Goalpara, jarak tempuh menuju KAC adalah 12 km. Nggak seberapa jauh ya, hanya terpaut kurang lebih 5 menit saja jika lancar dibandingkan dengan perjalanan dari tengah kota.

KAC sendiri bisa diakses menggunakan kendaraan motor, mobil atau bahkan bus. Saya kurang paham apakah bisa ke sana naik kendaraan umum, sebab sepengelihatan saya daerah tersebut tidak dilewati angkutan kota (angkot).

Aktivitas Menarik yang Ditawarkan oleh KAC

kawasan-agroeduwisata-cukundul

Pengelola KAC menawarkan beberapa aktivitas menarik yang bisa dilakukan oleh anak-anak, bersama keluarga di sana. Kawasan agroeduwisata yang memiliki luas hingga 4,5 hektare ini sudah terkenal menjadi wisata edukasi andalan di Sukabumi.

Tak heran, teman-teman di Sukabumi banyak yang mengusulkan tempat ini sebagai venue acara milad komunitas. Pengelola KAC sudah biasa menerima pengunjung dari berbagai kalangan usia, mulai dari anak-anak PAUD, TK SD, SMP, SMA, mahasiswa hingga masyarakat umum.

Baca tentang: Pengalaman Farming di Kuntum Farmfield, Bogor

Jadi kami menyusun rundown, di mana saat para orang tua mengakrabkan diri dan bermain games, anak-anak berkeliling dan melakukan aktivitas bersama kakak-kakak pengelola KAC. Di sana, ada berbagai aktivitas menarik yang bisa dilakukan oleh pengunjung, di antaranya:

1. Melihat Budidaya Tanaman Organik

Kegiatan pertama adalah anak-anak diajak berkeliling untuk melihat budidaya tanaman organik, baik itu sayuran, buah-buahan dan tanaman hias.

Anak-anak mengikuti kakak pemandu untuk berkeliling tempat budidaya tanaman seperti instalasi hidroponik, aquaponik, tanaman hias, dan tanaman obat keluarga (TOGA).

Saat berkeliling, anak-anak menggunakan topi caping seperti petani dan sepatu boots.

2. Menanam Sayuran di Kawasan Agroeduwisata Cikundul

Berikutnya adalah anak-anak diajak untuk menanam bibit sayuran ke dalam polybag. Mereka diajarkan mencampur zat hara dengan tanah sebelum dimasukkan ke dalam polybag. Anak saya yang ketika itu masih PAUD dan bersekolah di sekolah alam, sangat semangat melakukan kegiatan tersebut.

3. Melihat Hewan-hewan Ternak

Setelah itu, anak-anak juga diajak untuk melihat beberapa hewan yang diternakkan di area peternakan KAC. Ada sapi dan domba kalau tidak salah. Di akhir kegiatan, anak-anak diberikan minuman susu sapi segar sambil mendengarkan cerita dari kakak-kakak pemandu.

4. Menangkap Ikan di Kolam Budidaya

Setelah rundown acara milad untuk orang tua selesai, anak-anak pun selesai berkeliling, kegiatan selanjutnya adalah melihat ikan yang ada di kolam budidaya. Pada waktu itu, kolamnya baru akan dibersihkan sehingga airnya sudah tidak terlalu dalam.

tangkap-ikan-sukabumi

Anak-anak bersama ayah atau ibunya pun dipersilakan untuk masuk ke dalam kolam, dan menangkap ikan yang ada di sana. Anak saya nggak mau ketinggalan, dong! Bersama papanya, dia nyebur dan basah-basahan menangkap ikan.

5. Edukasi Panganan Sehat

Anak-anak yang sudah basah pun mandi, berganti pakaian dan makan siang. Agenda dilanjutkan dengan edukasi dari pihak KAC mengenai panganan sehat, seperti manfaat sayur-sayuran, dan buah-buahan untuk tubuh.

Kakak-kakak pemandu pun memberikan kuiz untuk anak-anak. Mereka yang bisa menjawab diberikan hadiah berupa sayur-sayuran yang dipanen dari kebun di KAC.

6. Membawa Oleh-oleh Tanaman

Terakhir, setelah semua acara dilaksanakan, anak-anak pun mendapat oleh-oleh berupa tanaman sayuran di dalam polybag dan beberapa sayuran seperti terong dan kentang. Ini sih nggak cuma anak-anaknya yang happy, mamah juga senang karena dapat bahan masakan untuk beberapa hari. Hehe.

Fasilitas dan HTM Kawasan Agroeduwisata Cikundul

Adapun fasilitas yang tersedia di Kawasan Agroeduwisata Cikundul antara lain saung yang bisa dijadikan sebagai venue utama acara, tempat sholat, dan beristirahat. Areanya cukup luas dan bisa menampung hingga sekitar 20 orang lebih.

Untuk fasilitas umum lainnya, saya rasa masih bisa ditingkatkan lagi dari segi kebersihan dan kelayakannya. Seperti toilet yang digunakan anak-anak untuk mandi. Agak-agak serem sih liatnya karena gelap dan menurut saya kotor. Saya sendiri memandikan anak saya di tempat wudhu yang lokasinya berada di depan toilet. Hehe.

wisata-keluarga-sukabumi

Oiya, di sana juga terdapat lapangan yang bisa digunakan untuk camping ground. Hanya saja, seingat saya mereka tidak menyediakan perlengkapan kempingnya seperti tenda dan lain-lain. Jadi, pengunjung harus membawa sendiri.

Baca juga: Pengalaman Kemping Bersama Keluarga di Paseban Flying Resort

Awalnya kami berencana untuk kemping dan menginap di sana, namun karena cuaca saat itu sering hujan besar, akhirnya kami memutuskan untuk menjadikan acara milad hanya dari pagi hingga sore hari saja.

Wanna Try?

wisata-ramah-anak-sukabumi

Berhubung kegiatan yang saya tuliskan ini adalah kegiatan tahun 2022, saya kurang tahu juga nih sekarang berapa HTM untuk ber-agroeduwisata di KAC. Pada saat saya dan teman-teman berkunjung ke sana, kami membayar sebesar Rp60.000,- per anak untuk bisa melakukan berbagai kegiatan yang saya tuliskan tadi.

Dengan harga segitu, saya rasa worth it sih, di mana anak-anak berkegiatan dari pagi hingga siang hari. Mereka pun berkesempatan untuk lebih dekat secara langsung dengan alam dan hewan-hewan ternak. Pengalaman ini tentunya akan sangat berkesan bagi mereka.

Jika Mae frens tertarik untuk mencoba pengalaman menjadi farmer di Kawasan Agroeduwisata Cikundul, kalian bisa kontak langsung ke pengelolanya melalui Instagram SahabatKAC untuk mendapatkan informasi selengkapnya.

11 Comments

  1. 60 ribu dengan kegiatan seru gitu, worth it banget itu mah! Anak-anak happy banget pulak. Kalau mamanya, happy dengan oleh-oleh tanaman tuh, lumayan bisa ditanam di rumah hehehe.
    Senang banget ya kalau kita kumpul-kumpul bareng di tempat se asyik ini, ramah anak dan keluarga banget

  2. Seru banget ya, kegiatannya juga banyak. Ah iya fasilitas kamar mandi dan sholat tuh bidikan yang penting ya mba kalau ke tempat wisata. Biar mau balik lagi ya tengok fasilitas ini juga. Kalau kotor gitu bikin malas balik lagi

  3. SHalikah

    Waah, seru ya Mbak kegiatannya. Kumpul bareng teman-teman di tempat yang seasri dan seseru ini. Anak-anak pun mesti senang ya bisa tanam menanam, menangkap ikan, lari-larian di sini. Oh iya, salam kenal ya Mbak Ima, saya kebetulan juga member IP dari Jakarta 🙂

  4. Hebat ka Mae.. baru pindah uda diberi amanah.
    MashaAllaa~
    Seneng main di Kawasan Agroeduwisata Cikundul. Langsung dapet tempat bermain seru. Anak dan suami aman main bareng dan para Ibu shaliha juga menjalankan agenda menyiapkan makanan botram. Eh, konsepnya gitu kan yaa..

    Penasaran sama tanaman organiknya.
    Memang sesuatu yang alami tuh kerasanya nikmat banget.

  5. Wow keren acaranya dan keren juga penyelenggaraan. Ceritanya juga seru banget ditambah oleh-oleh yang super super segarb

  6. Seru juga ya anak-anak bisa belajar banyak hal di KAC jadi lebih mudah memahami tentang proses pertanian, semoga sarana prasarananya segera ada perbaikan agar pengunjung tidak kecewa ya mbak

  7. Cukuplah, ya, 60 ribu per anak karena hitungannya itu seharian. Pasti anak-anak juga puas. Sayang sekali fasilitasnya ada yang kurang. Semoga sekarang kamar mandinya sudah lebih baik, ya, Mbak.

  8. Lah seru banget bagian nangkepin ikan di balong tuh, hahah… anakku pasti suka banget kegiatan begini-begini. Kumpul bersama teman-teman sefrekuensi di tempat yang asyik emang aktivitas impiaann…

  9. Wahh.. tempat wisatanya cucok banget ya untuk wisata bersama keluarga tercinta. Anak2 pasti suka

  10. Wah asyik nih saat weekend bisa ajak anak-anak pergi ke kawasan Agroeduwisata, bisa melihat budidaya tanaman organik, yang paling seru kayaknya nangkap ikan bareng ya kak.

  11. Mantap banget sih ini tempatnya, Mba. Anak-anak dapat hiburan dan edukasi. Para ortu juga bisa mempererat bonding dalam melakukan kegiatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *