Staycation di Ibis Styles Bandung Grand Central

ibis-style-bandung-grand-central

Selamat tahun baru frens! Di tahun 2024 ini, salah satu resolusi saya adalah kembali rutin menulis di blog traveling yang sudah saya buat sejak tahun 2021 lalu, namun masih jarang terisi. Hiks! Tulisan pertama di tahun ini akan dibuka dengan pengalaman saya saat menginap semalam di Ibis Styles Bandung Grand Central.

Setiap bulan, saya dan keluarga memang rutin pulang ke Bandung dan mengunjungi rumah mertua. Jika biasanya kami menginap di rumah mertua saya, bulan November 2023 lalu saya dan keluarga memilih untuk menginap di hotel. Hoho!

Bukan karena adanya conflict of interest antar anggota keluarga, namun karena bertepatan dengan ibu dan adik bungsu saya yang sedang berkunjung ke Bandung. Mereka datang untuk menghadiri pernikahan anak dari teman ayah dan ibu saya.

Saat akan memesan kamar di Ibis Styles Bandung Grand Central untuk ibu dan adik saya, teman ayah dan ibu juga memesankan satu kamar untuk keluarga kecil saya. Alhamdulillah.

Lokasi Ibis Styles Bandung Grand Central

Buat yang berencana liburan ke Bandung, boleh nih survey online ke Ibis Styles Bandung Grand Central. Menurut saya lokasinya yang di tengah kota membuat hotel ini cukup strategis bagi wisatawan yang ingin menjelajah kota Bandung.

Alamat hotel ini di Jalan Diponegoro No. 27, Citarum, Bandung Wetan, Cibeunying, Bandung, Jawa Barat, 40115. Untuk menuju ke hotel, saya dan suami mengandalkan Google Maps untuk mencari rute tercepat dan yang tidak macet.

Baca juga: Rekomendasi Kegiatan saat Liburan ke Bandung

Di sekitaran hotel banyak banget kulineran yang bahkan buka hingga tengah malam. Kalau malam-malam craving for something bisa banget delivery order via ojol kuliner khas yang kalian inginkan.

Akses Menuju Hotel

Penting banget buat menuliskan poin ini. Pasalnya, Ibis Styles Bandung Grand Central berada di gedung yang sama dengan beberapa venue lainnya seperti Pullman Hotel, butik dan restaurant yang saya lupa namanya.

Saat memasuki area hotel, kami diarahkan untuk parkir di basement dan mencari pintu masuk yang bertuliskan Lobby Ibis Styles Grand Central. Tampak mudah namun ternyata PR juga buat menemukan jalan menuju lobi hotel. Area parkirnya luas dan penuh pada saat kami ke sana. Akhirnya, kami mendapatkan parkir di B2 dan tidak jauh dari akses menuju hotel.

lantai-3-ibis-style-bandung

Dengan menggunakan lift, kami harus naik lagi ke Lantai 3 dan menyusuri some kind of lorong untuk sampai di lobi hotel. Di sana tersedia petunjuk arah yang membuat kami dengan mudah menemukan di mana sih Ibis Styles Grand Central ini sebenarnya.

Ternyata, bukan hanya saya dan suami saja yang kebingungan dengan akses menuju hotel ini. Teman-teman yang mengantarkan ibu saya ke hotel pun bercerita kalau mereka sempat berputar-putar di parkiran sebanyak tiga kali, sebelum akhirnya menemukan jalan keluar dari area parkir di basement. Wkwk.

Fasilitas di Kamar Hotel

Saya dan keluarga saya menginap di Superior Room with 1 Double Bed. Setelah check-in di lobi, kami pun mendapatkan kunci kamar di lantai 6. Lega banget rasanya saat tiba di kamar, karena saya bisa langsung menidurkan anak saya di kasur yang sejak di bawah saya gendong-gendong.

kamar-ibis-style-bandung

Kamar seluas 23 m² cukup lega lah untuk kami bertiga. Fasilitas yang tersedia di dalam kamar adalah LED IPTV 43 inci, WiFi gratis, brankas, kamar mandi dengan shower, dan bean bag dengan boneka unyu yang menyambut kami. Sementara itu, fasilitas makanan dan minuman yang tersedia di dalam kamar adalah sebagai berikut:

fasilitas-di-kamar-ibis-style-bandung
  • Alat untuk membuat air panas
  • Gelas
  • Kopi, teh, gula dan creamer
  • Air mineral
  • Mini Bar

Fasilitas kamar yang paling saya suka tentu saja hair dryer. Haha. Seneng banget malam itu juga saya bisa mandi air hangat lalu menggunakan hair dryer untuk mengeringkan rambut.

toilet-di-kamar-hotel-ibis-style-bandung

Fasilitas Umum di Ibis Style Bandung Grand Central

Meskipun dari luar hotel ini nampak sangat luas, ternyata fasilitas umumnya nggak gitu banyak dan nggak beda jauh lah dengan hotel-hotel pada umumnya. Di antaranya adalah:

Restaurant

Namanya juga staycation ya, ditambah ada agenda keesokan harinya, jadi saya dan keluarga saya tidak menghabiskan banyak waktu di hotel. Pagi harinya, kami turun menuju restaurant untuk sarapan. Anak saya bahkan sudah membawa-bawa perlengkapan berenang karena abis sarapan rencananya langsung mau nyebur.

resto-ibis-style-bandung

Berada di lantai yang sama dengan lobi, sekitar jam 07.00 WIB tempat makan sudah mulai penuh. Wah, tumben banget pagi-pagi udah ramai. Menu makanannya beragam, mulai dari gorengan, roti-roti, bubur, nasi, omelete hingga mie instan juga tersedia. Laris juga ternyata booth mie instan untuk sarapan di pagi hari itu.

Baca juga: Pentingnya Fasilitas yang Aman di Rumah Makan

resto-ibis-style-bandung-grand-central

Untuk rasa makanannya sendiri enak-enak. Saya mencicipi nasi sebagai menu utama, bersama lauk pendampingnya, disusul dengan aneka roti dan cake. Hehe..

Anak saya dengan lahap menyantap bubur ayam. Suami saya pun mencicipi omelete dan bubur ketan hitam. Demikian pula dengan ibu dan adik saya yang mengambil berbagai menu dengan porsi sedikit-sedikit dalam satu piringnya.

sarapan-di-ibis-style-bandung
Bonus foto kami yang lagi sarapan 😉

Playground Anak

Di sekitar lobi, selain restaurant juga ada spot untuk anak-anak bermain. Tempatnya cukup luas, bersih dan cozy. Dari sana kita bisa melihat pemandangan kota Bandung yang selalu ramai dan sibuk. Meski demikian, nggak banyak permainan yang tersedia di sana.

playground-ibis-style-bandung-grand-central

Anak saya sibuk bermain balok-balokan dengan beberapa anak lain yang juga ada di sana. Lainnya, ada boneka, bean bag untuk tempat duduk-duduk dan meja-meja kecil.

Baca tentang: Seru-seruan Bareng Keluarga di Lembang Park Zoo

Tidak Ada Kolam Renang di Ibis Style Bandung Grand Central

Di atas saya menyebutkan kalau anak saya sudah siap dengan perlengkapan berenangnya saat turun untuk sarapan. Dia udah semangat banget melihat anak-anak yang berenang di lantai bawah. Berhubung kamar kami di lantai 6, pemandangan kolam renang di bawah pun terlihat.

Saya sempat merasa heran, kenapa kok di lift nggak ada petunjuk lokasi kolam renang. Saya bersama anak saya yang semangat pun bertanya pada petugas yang berjaga di lobi, di mana kolam renangnya? “Maaf, Ibis Style Bandung Grand Central tidak memiliki fasilitas kolam renang,” begitu jawabannya.

Mendengar hal tersebut, jelas anak saya auto nangis di tempat. Syediihh lah diaa. Ternyata kolam renang yang kami lihat itu miliknya hotel sebelah. Fufu~

Kesan dan Rekomendasi

ibis-style-bandung-grand-central

Berapa rate menginap semalam di Ibis Style Bandung Grand Central? Jika melihat di aplikasi travel, rate per malam paling murah untuk menginap di hotel bintang 3 ini adalah sekitar 500-600 ribu rupiah.

Terlepas dari fasilitas umumnya yang nggak begitu banyak, dan akses masuk yang lumayan njelimet, hotel ini nyaman untuk dijadikan tempat menginap keluarga.

Pelayanan para petugas hotel juga nggak ada masalah. Baik-baik dan ramah sehingga menciptakan ambience yang positif. So, menurut saya nih frens, Ibis Style Bandung Grand Central recommended dan oke kok untuk kalian yang berencana liburan atau sekadar staycation di tengah kota Bandung.

7 Comments

1. Hotelnya bagus ya, bersih. Walau ga ada kolam renangnya.

Yg penting sarapannya enak (penting banget ini).

2. Fasilitas Ibis Style Bandung Grand Central oke banget menurut ku, apalagi ada play ground nya juga. Beneran bisa enjoy staycation bareng keluarga. Udah gitu lokasi nya mudah dijangkau dan strategis. Kamar nya juga mumpuni buat liburan keluarga, thank you rekomendasi hotelnya. Kebetulan bulan Maret mau ke Bandung nih.

3. Ria

Ibis yg di Bogor jg gak ada kolam renangnya, apa jgn2 di semua hotel Ibis memang gak ada ya? Berarti next time mesti coba nginep di hotel lagi nih 😉 Biar puas berenang anaknya.

4. Sebenarnya kalo bawa anak kami suka nyari yg ada kolam renangnya tapi kalau ada playground anak uda ngebantu banget sih ya killing time kalo mau lama2 di hotel. Thank you mbak info lengkapnya

5. Hotel Ibis ini terbilang banyak di Bandung.
    Ada di deket TSM, Ibis Pasteur dan Asia Afrika. Aku pikir yah, pemilik Ibis ini, Pak Chairul Tanjung, sejak punya branding hotel yang baru, dia kayanya memang jadi kesannya nempel-nempel ama hotel lainnya deh.. Jadi kesannya malah berkurang fasilitasnya yaa..

Tapi pastinya overall, kekecewaannya terobati dengan kenyamanan kamar, akses lokasi dan pelayanan pegawainya yang “Bandung beeuut”. Hehhe~
    Have Fun yaa.. ka Mae.

6. Utami

Salah satu tempat yang aku sering pilih adalah Ibis, ngga pernah zonk, semua fasilitas ada dengan standar yang bagus, jadi puas banget nginep di sini.

7. Hotelnya kelihatan bersih dan nyaman ya even fasilitasnya nggak begitu lengkap termasuk gak ada kolam renangnya, tapi syukurnya disediain playground ya jadi anak2 kalau diajak staycation di hotel ini juga bisa tetap hepi