Bermalam di Pondok Indah Hotel Boyolali

pondok-indah-hotel-boyolali

Minggu lalu, saya sekeluarga baru saya pulang road trip dari Tangerang Selatan – Bandung – Jogja – Boyolali. Kami pergi ke Boyolali, Jawa Tengah untuk menghadiri pernikahan adik saya yang dapat istri orang sana.

Meskipun jarak dari Jogja ke Boyolali tidak terlalu jauh (sekitar 57 km atau 1,5 – 2 jam), keluarga inti saya memutuskan untuk menginap di Pondok Indah Hotel, Boyolali. Supaya bisa beristirahat dengan lebih nyaman, dan keesokan harinya, saat hari H nggak terburu-buru.

pondok-indah-hotel-di-boyolali

Semalam aja sih saya menginap di hotel, sebab jam 03.00 pagi, saya sudah berangkat ke venue acara untuk di-make up bersama ibu dan adik ipar saya. Tapi nggak apa-apa, ini pertama kalinya saya menginap di Boyolali, jadi kayaknya harus dituliskan. Hehe.

Baca juga: Tradisi Piring Terbang dalam Pernikahan di Solo

Alamat Hotel dan Rutenya

Di hari Jum’at tanggal 16 Februari 2024, suami saya yang posisinya sudah ada di Jogja masih harus bekerja secara remote. Rencana kami untuk berangkat ke Boyolali setelah sholat Jum’at pun harus mundur hingga selepas ashar. Ibu, adik saya yang mau manten dan adik saya yang paling kecil sudah berangkat duluan.

Saya sekeluarga berangkat belakangan bersama adik saya dan istrinya, dan kami harus menjemput saudara di daerah Ngluwar, Yogyakarta, yang tempatnya sudah menuju ke arah Magelang. Alamat Pondok Indah Hotel Boyolali berada di Jl. Merapi no. 27 Boyolali, Pusat Kota Boyolali, Boyolali, Jawa Tengah, Indonesia, 57311.

Melewati Taman Nasional Gunung Merapi Merbabu

Perjalanan ke Boyolali dari Jogja kemarin cukup mengesankan bagi saya. Dari Ngluwar, kami memilih melewati Selo, kecamatan di Kabupaten Boyolali yang berada di kaki Gunung Merapi bagian utara. Tak hanya itu saja, kami juga melewati Taman Nasional Merapi Merbabu di mana sepanjang jalan kami bisa melihat megahnya dua gunung berapi yang ada di Jawa Tengah tersebut.

Saya pun berkesempatan melihat magical sunset dari dalam mobil. Masya Allah bagus banget deh pemandangannya! Sayang baterai ponsel saya kala itu drop dan nggak bisa mengambil gambar. Dari sana kita bisa melihat pemandangan Gunung Merapi, Merbabu dan perbukitan Menoreh yang ditetapkan sebagai cagar biosfer dunia oleh UNESCO pada tahun 2019.

merapi-merbabu
Sumber gambar: Wikipedia

Buat Mae frens yang ingin ke Boyolali dari Jogja, rute ini recommended banget. Meskipun, perjalanannya jadi lebih jauh, tapi worth it dengan pemandangan alam dan suasana sejuk yang didapat. Namun, pengemudi harus berhati-hati karena jalannya naik, turun, ada beberapa bagian dan tikungan yang curam, dan di malam hari minim penerangan.

Baca tentang: Waspada Microsleep Saat Berkendara

Agak deg-degan juga saat ba’da magrib dan kami masih di perjalanan, karena jalanannya gelap dan tidak banyak kendaraan yang lewat jalan tersebut. Alhamdulillah kami bisa tiba dengan selamat sampai ke hotel di Boyolali.

Review Pondok Indah Hotel Boyolali

pondok-indah-kamar-hotel

Saya tiba di hotel saat hari sudah malam, frens. Sebelumnya, kami mampir makan malam dulu di Serba Sambal (SS) Boyolali. Sesuai judul tulisan ini ya, di Pondok Indah Hotel, saya benar-benar bermalam dari malam sampai dini hari aja. Haha..

Meskipun gelap, saat tiba di parkiran hotel saya bisa merasakan betapa asrinya hotel berbintang 2 tersebut di pagi hari. Udara di sana juga lumayan sejuk, nggak gerah tapi nggak dingin banget juga. banyak tanaman-tanaman hias dan pepohonan di sekeliling hotel.

pondok-indah-kamar-hotel-100
Posisi kamar No.100, depan sendiri, sebelah resepsionis (sumber gambar: Traveloka)

Saya dapat kamar nomor 100, paling depan, persis di samping meja resepsionis. Tipe kamar saya adalah deluxe twin dengan dua ranjang yang terpisah. Kamar-kamar ini sudah dipesan sebulan sebelumnya oleh ibu saya untuk mengakomodasi kami sekeluarga. Di sana, kami menyewa 5 kamar untuk saya sekeluarga dan saudara yang terlibat sebagai panitia di acara akad nikah adik saya.

Fasilitas Kamar di Pondok Indah Hotel

Saat pertama memasuki kamar, saya terkesan dengan adanya welcome drink dan snack yang sudah tersedia di atas meja kaca. Sederhana aja, sih, ada pisang goreng, kelethikan, dan teh manis (yang sudah tidak hangat). Sepertinya sajian tersebut sudah dihidangkan sejak sore hari, sementara saya datangnya kemalaman. It’s okay, masih saya nikmati kok.

pondok-indah-hotel-welcome-drink

Selain welcome drink and snack, di atas meja juga tersedia water heater untuk membuat kopi atau teh, lengkap dengan kopi, teh, gula, sendok dan gelasnya. Tersedia juga tissue dan air mineral. AC kamar berfungsi dengan baik. Kamar ini juga dilengkapi dengan sandal hotel, lemari dan gantungan baju, serta toiletries di dalam kamar mandi.

pondok-indah-hotel-coffee-maker

Di dalam kamar mandi, terdapat pemanas air yang langsung saya gunakan untuk mandi air hangat. Namun, lucunya nih, saat saya sedang asyik mandi air hangat, mendadak airnya berubah jadi air dingin dan nggak bisa kembali panas. Lah ya saya kaget, tapi untungnya air keran saat itu nggak terlalu dingin, padahal sudah sekitar jam 10 malam.

lemari-baju-kamar-hotel
toilet-kamar-hotel

Fasilitas Utama di Pondok Indah Hotel, Boyolali

kamar-hotel-boyolali

Hotel ini berada di pusat kota Boyolali. Lokasinya nggak jauh dari Terminal Boyolali dan Patung Arjuna Wiwaha yang menjadi ikon kota susu tersebut. Adapun fasilitas utama dari Pondok Indah Hotel adalah:

• Resepsionis 24 jam
  • AC di setiap kamar
  • Laundry
ruang-duduk-santai

Tak heran, hotel ini sering digunakan untuk berbagai acara kantor, terutama meeting dan pertemuan-pertemuan tertentu yang membutuhkan proyektor. Area yang ada di hotel ini juga aksesibel bagi penyandang disabilitas.

Kesan dan Rekomendasi

Berhubung saya hanya numpang tidur aja di sana, jadi nggak banyak yang bisa saya ceritakan dari pengalaman menginap di Pondok Indah Hotel Boyolali ini. Selama di sana, nggak ada masalah dengan pelayanan atau fasilitas kamar hotelnya, sih. Kecuali masalah air keran yang mulanya panas mendadak berubah dingin.

Baca juga: Staycation di Ibis Style Grand Central, Bandung

Hanya saja, bagi teman-teman yang ingin menginap di sana, saran saya untuk memilih kamar yang berada di bagian dalam atau belakang dari hotel ini. Sepengalaman saya yang tidur di kamar paling depan, suara kendaraan bermotor yang lalu lalang di malam hari sangat terdengar dan cukup mengganggu.

hotel-pondok-indah
Sumber gambar: Traveloka

Di sana, tersedia juga restaurant untuk sarapan pagi, namun kami tidak memesan kamar dengan fasilitas sarapan. Ibu saya memesan langsung kamar hotel ke Pondok Indah Hotel dan mendapatkan rate sebesar Rp250.000,-/ kamar. Mae frens juga bisa memesan melalui berbagai website atau aplikasi booking hotel yang tersedia.

Bagi kalian yang ingin mencari hotel Boyolali hemat dan murah meriah di pusat kota, Pondok Indah Hotel ini cukup recommended kok. Walaupun bangunannya bukan bangunan modern seperti hotel-hotel kekinian, namun kebersihannya terjaga dan suasanya juga asri dan sejuk.