Seru-seruan Bersama Keluarga di Lembang Park and Zoo

Seru-seruan Bersama Keluarga di Lembang Park and Zoo

Lembang Park and Zoo isinya nggak hanya hewan-hewan aja loh! Ada banyak wahana dan fasilitas yang bisa dimanfaatkan untuk seru-seruan bareng anggota keluarga tercinta.

Sebelum mama dan adik-adik pulang lagi ke Jogja bulan Januari lalu, saya menyempatkan diri untuk mengajak mereka main ke Lembang Park and Zoo. Selain ngajak liburan di Bandung, sekalian buat nyenengin anak saya yang seneng banget sama hewan-hewan.

Baca juga : Situ Gunung Suspension Bridge, The Long and Winding Bridge

Dalam tulisan kali ini, saya mau bercerita pengalaman saya mengunjungi Lembang Park and Zoo. Ada apa aja dan bisa ngapain aja kita di sana?

Lokasi Lembang Park and Zoo

Destinasi wisata ini terletak di Bandung Barat, tepatnya di Jl. Kolonel Masturi No.171, Sukajaya, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, 40391.

Kami memilih rute menuju ke Lembang Park and Zoo melalui Cimahi. Meskipun kami pergi ke sana di hari Sabtu, jalanan relatif lancar dan tidak banyak titik kemacetan pada saat itu. Sehingga perjalanan ke sana dari kota Bandung kurang lebih satu jam.

Harga Tiket Masuk dan Jam Operasional

Lembang Park and Zoo mulai beroperasi sejak pukul 09.00 – 17.00 WIB. Kami tiba di sana menjelang tengah hari. Lapangan parkir terisi mobil-mobil serta bus wisata yang membuat area parkir nampak penuh.

Di loket pembelian tiket, antrean tidak terlalu panjang sehingga dengan cepat saya bisa membeli tiket seharga Rp70.000,- per orang yang diberlakukan di akhir pekan dan hari libur nasional.

Untuk harga tiket di hari biasa, teman-teman cukup membayar Rp50.000,- per orang. Harga ini sudah termasuk snack yang akan diberikan di pintu keluar dan satu karcis untuk wahana komedi putar.

Perlu diperhatikan bahwa harga tiket masuk ini tidak termasuk pembayaran untuk fasilitas-fasilitas yang ada di dalam Lembang Park and Zoo.

Daya Tarik di Lembang Park and Zoo

Sebuah tempat wisata, pasti memiliki daya tarik tersendiri sehingga banyak pengunjung yang berdatangan ke sana. Begitu pula dengan Lembang Park and Zoo yang mampu menarik saya untuk datang ke sana bersama keluarga.

Lokasi di Pusat Tempat Wisata

Lembang, siapa pun yang mendengar kata tersebut pasti sepakat kalau gambarannya adalah destinasi wisata di Bandung. Wisata apa pun yang ada di Lembang, pasti menarik untuk dikunjungi wisatawan baik dari dalam maupun luar kota Bandung.

Nggak heran kalau nama Lembang Park and Zoo cepat sekali melejit sebagai salah satu rekomendasi tempat wisata di Bandung.

Nuansa Alam yang Menyejukkan

Sebelum memutuskan untuk memilih tempat wisata, tentu saya survey dan surfing dulu di mesin pencari. Di sana, saya melihat foto-foto Lembang Park and Zoo terlihat sangat asri, nyaman dan ngademi.

Lembang Park and Zoo memang memiliki konsep yang menggabungkan antara tempat rekreasi, wisata alam serta hewan-hewan. Saya langsung berpikir kalau tempat ini cocok, terutama untuk anak dan ibu saya.

lembang park and zoo bandung
Refreshing ya lihatnya

Baca tentang : Makan Seafood di Pantai Depok, Yogyakarta, Apa Istimewanya?

Banyaknya pepohonan membuat pengunjung tidak melulu kepanasan karena banyak tempat teduhnya, selain itu terdapat juga kolam serta sungai-sungai buatan yang membuat tempat wisata ini bernuansa alami banget.

Lebih Dekat dengan Satwa

Namanya juga kebun binatang, pastilah banyak hewan-hewan di sana. Lembang Park and Zoo memiliki lebih dari 500 satwa yang terbagi ke dalam kelompok reptil, mamalia, unggas hingga primata.

Daya tarik utama yang ditawarkan dari Lembang Park and Zoo adalah pengunjung dapat merasakan sensasi lebih dekat dengan satwa yang ada di sana dengan memberinya makan.

family picture in lembang park and zoo
Having fun with fams

Ada berbagai macam wahana satwa yang dapat dikunjungi, akan tetapi pengunjung harus membayar lagi dengan harga yang berbeda-beda untuk tiap wahananya.

Beberapa wahana satwa yang menjadi daya tarik pengunjung di Lembang Park and Zoo antara lain Feeding Tiger (Rp25.000,- / 2 orang), Feeding Elephant (Rp10.000,- / 2 orang), Feeding Ostrich/Deer/Koi/Birds (Rp5.000,- / orang), Feeding Rabbit (Rp15.000,- / orang), Pony Ride (Rp25.000,- / orang).

Baca ini juga : Berkenalan dengan Hewan di Gembira Loka Zoo

feeding animal di lembang park and zoo
Kelincinya lapar sekali!

Dari sekian banyak ‘feeding animals‘ yang ditawarkan, anak saya hanya tertarik untuk memberi makan kelinci dan kami masuk ke Rabbit Garden untuk memberi makan beberapa kelinci yang ada di sana.

Wahana Bermain Anak

Seperti yang saya sebutkan di awal bahwa mengunjungi Lembang Park and Zoo tidak hanya dapat berinteraksi dengan hewan-hewan saja. Di sana, banyak wahana lain yang bisa dimanfaatkan sebagai sarana hiburan.

Contohnya Story Land, Carnival Games dan Water Kiddy Zone. Anak-anak dapat menikmati permain seperti yang ada di taman hiburan, memanah, perahu air hingga berenang di mini water park. Tentunya, dikenakan biaya tambahan untuk menikmati fasilitas tersebut.

water kiddy zone lembang park and zoo
Water Park for kiddos

Ketika berkunjung ke sana, anak saya kekeuh banget mau berenang. Padahal, kami tidak membawa persiapan baju ganti karena nggak ngeh juga di sana ada kolam renang. Akhirnya, untuk menuntaskan rasa penasaran anak saya, kami masuk ke Water Kiddy Zone dengan membayar Rp15.000 per orang dan menemaninya main air di pinggir kolam.

Fasilitas Penunjang yang Memadai

Datang menjelang jam makan siang, tentu membuat kami memilih untuk menyantap lunch dulu sebelum berkeliling mengitari Lembang Park and Zoo. Di sana terdapat banyak sekali tempat makan yang bisa teman-teman pilih.

Tepat di depan pintu masuk, tersedia resto yang terletak di lantai dua. Ada juga beberapa tempat makan unik seperti resto yang letaknya di sebelah kandang harimau atau Neko Cat Cafe (HTM Rp20.000 / orang) yang di dalamnya terdapat banyak spesies kucing.

Adik dan anak saya sempat masuk ke Neko Cat Cafe untuk bermain bersama kucing. Saya, ibu dan suami saya memilih untuk menikmati camilan di luar cafe.

neko cat cafe lembang park and zoo
Neko Cat Cafe

Jika teman-teman merasa kelelahan mengelilingi Lembang Park and Zoo dengan berjalan kaki, tersedia e-scooter yang dapat dinaiki secara personal atau group sehingga nggak perlu khawatir bakal pegel ngiderin taman seluar 18 hektare ini.

Biaya sewa e-scooter ini Rp75.000,- untuk e-scooter personal (1 dewasa dan 1 anak) dan Rp120.000,- untuk e-scooter group (2 dewasa dan 1 anak). Biaya ini dikenakan per jam ya, guys~

e-scooter lembang park and zoo
Naik ini guys biar nggak capek

Fasilitas umum lainnya ya standar seperti toilet dan mushola. Oiya, ada banyak jajanan juga di sana seperti minum-minuman ringan atau camilan yang bisa dinikmati selagi beristirahat.

Tips Berwisata ke Lembang Park and Zoo

Dari pengalaman saya mengunjungi Lembang Park and Zoo di bulan Januari lalu, ada sedikit tips yang bisa saya bagikan untuk teman-teman yang ingin berkunjung ke sana :

lembang park and zoo view
Views from rooftop
  1. Gunakan pakaian dan alas kaki yang nyaman untuk jalan berkeliling Lembang Park and Zoo.
  2. Usahakan berangkat di pagi hari agar tempat wisata tersebut belum terlalu ramai pengunjung. Makin siang makin ramai!
  3. Pilih hari yang cerah untuk berwisata ke Lembang Park and Zoo karena lebih banyak area outdoor dibandingkan indoor di sana.
  4. Perketat protokol kesehatan jika berkunjung ke sana selama masa pandemi. Agak shock karena saat kami datang ke sana, ternyata Lembang Park and Zoo sangat ramai dikunjungi wisatawan. Meski demikian, protokol kesehatan yang diterapkan oleh pihak Lembang Park and Zoo sudah cukup baik.
  5. Siapkan banyak-banyak uang cash karena wahana yang berbayar tidak menerima pembayaran selain menggunakan cash. Agak rempong juga nih, dikit-dikit harus bayar. Kalau bisa usul, kayaknya lebih enak jika diberlakukan tiket terusan yang dibeli di awal.
  6. Buat jaga-jaga, bawa baju ganti jika sewaktu-waktu si kecil impulsif ingin berenang di Water Kiddy Zone.
  7. Jangan lupa untuk menjaga kesehatan sebelum dan setelah melakukan perjalanan.

Semoga tips yang saya berikan ini bermanfaat dan selamat jalan-jalan bersama keluarga tercinta!

Makna Liburan Bersama Keluarga

Bagi saya liburan bersama keluarga adalah hal yang wajib dilakukan sekali waktu dalam beberapa waktu. Mindset ini tertanam karena sejak kecil ayah saya senang sekali mengajak kami bepergian. Kalau nggak pergi rasanya belum puas quality time bersama keluarga.

Padahal ya bisa-bisa aja quality time hanya di rumah bareng keluarga sekadar nonton atau ngobrol bareng, tapi untuk saya rasa bahagianya berbeda ketika kami sudah bepergian atau liburan bersama-sama ke suatu tempat. Terasa lebih puas dan senang gitu.

Baca tentang : Ke Manado, Mengunjungi Wisata Alam sampai Wisata Ekstrem

Bepergian bersama keluarga juga bisa menciptakan momen yang akan terkenang bahkan bisa seumur hidup untuk masing-masing anggota keluarga. Seperti ayah saya yang menciptakan banyak momen menyenangkan selama mengajak kami sekeluarga traveling, saya juga ingin melakukan hal yang sama untuk suami dan anak-anak saya 🙂

33 Comments

  1. Udah sering banget lihat postingan orang yang ke Lembang park and zoo ini tapi seringnya ramai jadi belum sempat ke sini. Memang terasa seru yaa main bareng anak di tempat wisata seperti ini

  2. Wah saya belum pernah ke Lembang nih mba, seru nih tempat wisata nya, mudah2an bisa bawa keluarga ke sana juga

  3. Lumayan ya harga tiket masuknya. Btw suka ada promo gitu nggak kak? Haha, ngincer promo.
    Aku pernah ke Lembang tapi belum pernah masuk ke tempat wisata tersebut.

  4. Liat tempatnya emang cocok banget buat liburan sama keluarga, banyak fasilitas dan wahana seru.

  5. tempatnya juga sejuk ya, pas banget nih buat yang mau menambah pengalaman dan juga memperkenalkan binatang ke anak

  6. Seru bangetttt, boleh juga nih buat rekomendasi liburanku nanti bareng keluarga..
    By the way tulisannya lengkap banget, keren!!

  7. Kebun binatang salah satu tempat favorit, selain banyak belajar juga kita bisa beraktivitas tanpa disadari. Jalan jauh, bocil senang sehat juga didapt.

  8. Emang cantik ya tempatnya. Suasananya juga pasti adem. Panteslah sama harga tiketnya

  9. Cocok banget untuk referensi liburan pas idul Fitri besok ini, mbak. Dan bisa memperkenalkan aneka satwa kepada anak-anak juga ya mbak

  10. Lembang Park & Zoo memang enak ya Mba untuk liburan anak. Tempatnya bersih dan ramah anak. Mirip-mirip dengan Batu Secret Zoo, Jatim Park 2. Yang asyiknya biaya masuknya juga masih terjangkau juga.

  11. Wow tempatnya asik. Butuh bawa dompet tebel nih kalau ke sana… Biar bisa menikmati semua fasilitas yang ada

  12. noted nih, Lembang Park and Zoo. Destinasi wisata yang bagus buat edukasi ke anak2, ya. Fasilitasnya jg lumayan lengkap, meskipun ada biaya tambahan lagi. Tp nggak apa-apa, yang penting mah lokasinya nyaman dan bersih. Jalan2 ngajak anak2 makin nyaman

  13. Mendengar kata Lembang pasti yang ada di benakku langsung identik dengan sejuk. Wah ada Lembang Park and Zoo ini cocok buat wisata edukasi buat anak-anak. Pasti betah main di sana sambil belajar satwa.

  14. Wah sekarang ada wahana park and zoo di lembang situ ya. Semoga bisa kesitu sama keluarga. Thanks infonya mbak

  15. Wah, Lembang Park Zoo ini baru dibuka pas sebelum pandemi kan Mbak? Dulu waktu masih tinggal di Bandung belum sempat ke sini saya. Next mau ke sini aah, abis baca sharing Mbak jadi ingin niihh 😀

  16. Wah keren tempatnya ya. Sekali ke situ seharian bisa banyak melakukan banyak hal. Fasilitasnya banyak soalnya. Tapi butuh bajet banyak tuh karena banyak wahana berbayarnya. Haha.

  17. Aku tahunya Lembang cuma tempat teropong aja. Dan aku belum pernah kesini. Next kepingin jalan jalan ah.

  18. Nisa

    Bagus banget tempatnya Masya Allah
    Semoga aku sama keluarga bisa ke sana bersama sama. Tempatnya enak cucok buat liburan keluarga

  19. Vy

    Bisa banget buat sarana liburan dan edukasi anak yang menyenangkan ya.

  20. Huaaa jadi kangen ke Bandung nih. Terakhir ke sana sekitar 3 tahun lalu. Ke Lembang cum pengen ke Bosscha doang 🤣. Semoga tahun ini atau tahun depan bisa ke Bandung lagi ya

  21. Seru banget
    Lembang Park Zoo memang cocok untuk liburan bareng anak dan keluarga. Nih akhir puasa mau liburan lebaran kayanya bakal penuh pengunjungnya. Hiburan yang menyenangkan untuk keluarga memang

  22. Sebagai warga luar Lembang dah lama penasaran ke daerah ini. Seru sekali kayaknya

  23. Pengin nyobain e-scooternya nih selama menjelajah Lembang Park and Zoo, biar ga cape hehehe… Menyenangkan banget yaa, pemandangannya bagus, suasana teduh, anak-anak juga bisa makin mendekatkan diri dengan alam.

  24. Nyaman banget berlibur ke Lembang Park and Zoo.
    Ada e-scooter ini bikin jalan bareng anak gak lelah. Tapi kalau udaranya sedingin Lembang mah, in syaa Allah yaa.. gak lelah.
    Plus ada banyak kuliner yang bisa dicoba di sepanjang tempat wisata Lembang Park and Zoo.

  25. Bandung, terutama Lembang tuh ga ada abis2nya deh untuk dieksplor. Banyak bgt tempat wisata seru. Duh kangen bgt Bdg soalnya udah lama ga main ke sana.

  26. Waaah salah sath wishlist tempat wisata yg ingin dikunjungi, terimakasih untuk reviewnya kak 🥰

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *