red-brick-cafe-sukabumi

Cuci Mobil sambil ‘Ngafe’ di Red Brick Cafe Sukabumi

Uncategorized

Di Sukabumi, ada satu kafe yang tidak hanya menyediakan menu makanan dan minuman seperti kafe pada umumnya. Di kafe ini juga tersedia layanan cuci mobil, salon mobil, bengkel mobil dan barbershop. Red Brick Cafe namanya.

Salah satu family time keluarga saya di akhir pekan jika tidak keluar kota adalah mencuci mobil. Anak saya yang usianya hampir 4 tahun, senang sekali jika akhir pekan tiba dan ayahnya mengajak untuk ikut membantu mencuci mobil.

Namun, ada kalanya juga suami saya merasa capek dan ingin mencuci mobil di tempat pencucian mobil. Kalau sudah begitu, anak saya jugalah yang paling semangat jalan-jalan naik mobil. Hehe.

Baca juga : Situ Gunung Suspension Bridge, The Long and Winding Bridge

Dalam tulisan kali ini, saya akan mengulas Red Brick Cafe serta fasilitas lain selain tempat makan yang ada di sana.

Di Mana Lokasi Red Brick Cafe?

Cafe ini berlokasi di Jl. Pelabuhan II No. 271, Cikondang, Kecamatan Citamiang, Kota Sukabumi, Jawa Barat, 43142.

Dari rumah saya, Red Brick Cafe berjarak sekitar 7 Km dan dengan mengendarai kendaraan bermotor bisa ditempuh kurang lebih 23 menit.

Jam Operasional Red Brick Cafe

Kalau mau berkunjung ke Red Brick Cafe, pastikan datang di jam operasional yakni mulai pukul 09.00 WIB hingga 22.00 WIB. Cafe ini buka setiap hari dan bisa dikunjungi kapan pun kalian ada waktu luang.

Ragam Menu di Red Brick Cafe

Pilihan makanan dan minuman yang tersedia di Red Brick Cafe bisa dibilang variatif banget. Di sana tersedia menu appetizer seperti American Sandwich atau Mushroom Cream Soup. Selain itu, ada menu snack juga buat ngemil-ngemil seperti french fries atau calamari.

Menu utamanya sendiri ada traditional food, western, oriental hingga pasta. Range pilihan menunya luas ya, sehingga pengunjung bisa memesan menu lokal seperti nasi goreng hingga wagyu steak. Nggak ketinggalan juga dessert dan menu-menu minuman untuk melepas dahaga dan menambah asupan gula. Hehe.

red-brick-cafe-sukabumi
Macam-macam menu di Red Brick Cafe

Harga makanan dan minuman yang ada di Red Brick Cafe sendiri starts from Rp20.000,- an hingga ratusan ribu untuk menu-menu western seperti wagyu steak. Menurut saya, harga segitu sebanding dengan porsi, rasa dan juga ambience yang didapatkan pengunjung di Red Brick Cafe.

Fasilitas Lain Selain Tempat Makan di Red Brick Cafe

Seperti yang disebutkan di atas kalau saya, suami dan anak sebenarnya bertujuan untuk mencuci mobil di akhir pekan. Pencarian tempat cuci mobil kami berakhir di Red Brick Cafe. Sebenarnya saya, sih, yang request untuk mencari tempat cuci mobil di mana customer bisa menunggu dengan nyaman.

Selain cafe untuk ngemil, makan besar dan nongkrong-nongkrong cantik, di Red Brick Cafe juga ada beberapa fasilitas lain yang bisa didatangi oleh pengunjungnya. Ada carwash, salon mobil, bengkel mobil dan juga barbershop.

Baca tentang : Amblasnya Lantai Kayu di Warung Layar Sentuh, Jogja

Tempat Cuci, Salon dan Bengkel Mobil

“Vanali Motor” adalah nama tempat cuci mobil, salon dan bengkel mobil yang berada di lokasi yang sama dengan Red Brick Cafe.

Area cuci dan salon mobil tepat berada di depan Red Brick Cafe. Areanya bersebelahan dengan tempat parkir di mana cukup luas untuk menampung sekitar 4 atau 5 mobil sekaligus.

Selain area cuci, ada juga area pengeringan mobil setelah dicuci yang letaknya bersebelahan persis dengan Red Brick Cafe. Di tempat ini, cuci mobil dilakukan dengan menggunakan jet cleaner lengkap dengan vacuum cleaner untuk bagian dalam mobil.

red-brick-cafe-sukabumi
Area pencucian dan pengeringan mobil di Red Brick Cafe

Selain itu, cuci mobil di Red Brick Cafe sudah menggunakan mesin hidrolik untuk membersihkan bagian bawah mobil. Biaya cuci mobil di Red Brick Cafe adalah sebesar Rp40.000,- untuk mobil berukuran sedang seperti mobil saya.

Di samping mencuci mobil, kita juga mendandani mobil dengan layanan salon mobil yang tersedia di sana. Tersedia juga bengkel mobil untuk mengatasi masalah mobil yang sedang dialami.

Saya sendiri hanya datang untuk mencuci mobil biasa, sehingga nggak bisa ngasih informasi seputar biaya salon atau perbaikan mobil di sana.

Layanan yang Tersedia di Vanali Motor

Di Vanali Motor, layanan yang tersedia antara lain adalah cuci mobil, ganti oli, tune up, stempet, service, variasi, film, audio, alarm, central lock, power window, power steering, karpen, sarung jok, vendor spakbor, velg, ban, nitrogen, balancing, spooring 3D, A/C freon, poles mobil dan accessoris.

Vanali Motor buka mulai dari jam 09.00 WIB – 21.00 WIB.

Barbershop

Di seberang Red Brick Cafe juga ada tempat cukur rambut pria atau barbershop. Namanya adalah “Blackburn Barbershop”. Tempatnya nggak terlalu besar, mojok di sebelah area cuci mobil Vanali Motor.

Barbershop ini buka setiap hari, Senin sampai Minggu dengan jam operasional mulai pukul 10.00 WIB – 20.00 WIB. Beda dengan salon pria yang hanya melayani potong dan cuci rambut, Blackburn Barbershop menyediakan berbagai layanan lain seperti hair spa, smoothing dan pewarnaan rambut.

Ambience dan pricelist dari layanan yang tersedia di Blackburn Barbershop bisa langsung diintip di laman Instagramnya.

Pengalaman Mencuci Mobil di Red Brick Cafe

Saya bersama keluarga pergi ke sana tepat sebelum jam makan siang. Asli, ketika itu saya udah laper banget jadi cari tempat cuci mobil sekalian berburu makan siang. Saat tau di Red Brick Cafe menyediakan berbagai menu makan berat, dah lah pesan di sana aja, menghindari maag datang menyerang!

red-brick-cafe-sukabumi
Selain makan besar, ngemil-ngemil aja juga boleh!

Petugas cuci mobil dengan sigap menghampiri kami dan langsung mengambil alih mobil untuk dibawa ke area pencucian mobil. Saya, suami dan anak pun langsung masuk ke dalam kafe untuk ngadem dan pesan makan. Selamatkan perut!

Dari sekian banyak menu makanan yang tersedia, saya memilih Gyudon seharga Rp45.000,- dan Lychee Ice Tea seharga Rp25.000,-. Suami saya memesan Naruto Ramen seharga Rp59.000,- dan jus alpukat yang dibanderol dengan harga Rp21.000,-.

Anak saya juga nggak ketinggalan, nih. Dia memesan Oriental Corn Soup yang harganya Rp26.000,- dan minuman jus mangga seharga Rp21.000,-.

Suasana di Red Brick Cafe

red-brick-cafe-sukabumi
Salah satu ornamen di dinding Red Brick Cafe

Nuansa di Red Brick Cafe disetting ala-ala Amerika dengan dinding disusun dari batu bata yang dicat berwarna merah. Sesuai ya dengan namanya, Red Brick. Selain itu, terdapat ornamen-ornamen dinding berupa gambar orang Indian di beberapa sisinya.

Ada dua area yang bisa digunakan sebagai tempat duduk di Red Brick Cafe. Area pertama adalah lantai satu, khusus area non-smoking yang dilengkapi dengan pendingin ruangan (AC). Sementara di lantai dua adalah smoking area yang diademi dengan kipas angin yang tergantung di langit-langit.

Baca juga : Pengalaman Farming di Kuntum Farmfield, Bogor

Saya sendiri pastinya memilih area lantai satu yang bebas asap rokok. Di sana juga tersedia fasilitas stop kontak untuk mengisi ulang baterai handphone atau laptop, ada toilet, wastafel cuci tangan dan mushola.

red-brick-cafe-sukabumi
Lantai 2 untuk Smoking Area
red-brick-cafe-sukabumi
Terang benderang di siang hari meski tanpa lampu

Bisa dikatakan suasana di Red Brick Cafe ini cozy. Tempatnya nggak pelit jendela sehingga cahaya matahari mudah masuk di pagi hingga sore hari. Tempat duduknya pun ada berupa sofa dan kursi kayu yang nggak bikin pegel orang yang duduk di sana. Tersedia baby chair juga buat parents yang membawa anak bayi atau balitanya.

Rasa Makanan di Red Brick Cafe

Apakah saya selapar itu sampai merasa menu makanan yang kami pesan tidak ada yang failed? Haha! Gyudon saya sendiri rasanya pas banget, mulai dari asin, manis, dan pedasnya. Dagingnya pun easy to cut and chew, juicy banget gitu!

red-brick-cafe-sukabumi
3 menu yang dipesan di Red Brick Cafe

Naruto ramen milik suami saya pun kuah kaldunya kerasa banget, toppingnya juga banyak dan bikin kenyang. Begitu pula dengan pesanan anak saya. Rasa makanannya pas di lidah kami.

Oiya, saya sudah mengkonfirmasi pada pihak kafe tentang kehalalan semua menu dan bahan makanan yang digunakan. Pihak kafe pun mengatakan bahwa semua bahan yang digunakan halal, termasuk bebas dari penggunaan mirin, sake, alkohol dan sebagainya.

Teman-teman muslim bisa dengan tenang makan di sini ya.

Hasil Cuci Mobil di Vanali Mobil

red-brick-cafe-sukabumi
Sebuah catatan dari Vanali Car Wash

Saat kami selesai makan, ternyata mobil kami juga baru selesai dicuci dan dikeringkan. Di bagian setir mobil, sudah ada label yang menyatakan bahwa Vanali Car Wash sudah melakukan desinfeksi terhadap mobil kami.

Mobil kami ya tentu terlihat jauh lebih bersih dari sebelumnya, tapiii.. di bagian ban belakang mobil masih ada kotoran yang menempel dan terlewat saat pembersihan. Sayangnya, suami dan saya baru menyadari kelalaian tersebut setelah kami tiba di rumah. Yailah amsyong deh ai!

red-brick-cafe-sukabumi
Hadeh! -.-

Pembayaran cuci mobil dilakukan bersama dengan pembayaran makan di kasir Red Brick Cafe. Untuk cuci mobil seharga Rp40.000,- sebenarnya saya expect lebih, misalnya setelah dicuci mobil saya menjadi lebih wangi di bagian dalamnya. Nyatanya ya bersih aja tapi nggak wangi.

Semoga review ini bisa menjadi catatan untuk pihak yang bersangkutan agar meningkatkan kualitas layanannya lagi. Saya juga langsung melayangkan komplain dan memberikan masukan via DM Instagram Red Brick Cafe Sukabumi.

Apa yang saya sampaikan pun langsung ditanggapi dan diikuti dengan permohonan maaf.

6 thoughts on “Cuci Mobil sambil ‘Ngafe’ di Red Brick Cafe Sukabumi

  1. Inisih definisi nyuci mobil tapi ga gabut karna bisa nongki cantik juga, coba di jakarta ada konsep nyuci mobil yg ada cafenya gini juga wkwk soalnya aku belum nemuin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *