Gourmet Coffeenery, Cozy Cafe untuk Hangout di Sukabumi

gourmet-coffeenery

Menyambut kedatangan ibu dan adik-adik saya ketika saya masih tinggal di Sukabumi, saya mencari-cari tempat makan yang ramah keluarga dengan suasana yang nyaman. Dua tahun lalu adalah pertama kalinya keluarga saya menyambangi kota Sukabumi, tentu saja saya ingin memberikan kesan yang baik untuk mereka.

Selain mengajak mereka berpetualang di Situ Gunung Suspension Bridge, saya dan suami juga menjamu ibu dan dua adik laki-laki saya ke Gourmet Coffeenery di Sukabumi. Kafe tersebut merupakan salah satu kafe terbaik di Sukabumi yang saya tau.

Baca juga: Cuci Mobil Sambil Ngafe di Red Brick, Sukabumi

Sesampainya di sana, nggak nyesel deh mengajak mereka ke sana. Saya dan suami, yang saat itu juga baru pertama kali datang ke Gourmet, langsung cocok dengan berbagai pilihan menu makanan, rasa dan ambience di sana.

gourmet-sukabumi

Lokasi

Kafe yang Instagramable ini berlokasi di Jalan R. E. Martadinata No.31, Gunungparang, Kec. Cikole, Kota Sukabumi. Gourmet Coffeenery beroperasi setiap hari Senin sampai Jum’at, mulai pukul 09.00 – 22.00 WIB. Hari Sabtu dan Minggu juga buka, dengan jam operasional yang lebih panjang yakni 06.30 – 22.00 WIB.

Baca juga: 5 Jajanan Khas Ramadan di Sukabumi

Aksesnya sangat mudah dijangkau dengan berbagai moda transportasi seperti motor, mobil hingga angkot. Tempatnya yang di tengah kota dan berada di pinggir jalan raya membuat pengunjung dengan mudah menemukan tempat ini.

Kesan Pertama dan Suasana

Saya sudah sering kali mondar mandir melewati Gourmet Ceffeenery ini, dari luar bangunannya tampak besar dan sepertinya luas. Di malam hari, akan ada banyak lampu kelap kelip yang menerangi tempat ini, yh.oyhlk membuatnya nampak seperti memanggil-manggil pengunjung untuk datang ke sana.

Ayah saya pernah berkata, “Kalau lihat tempat makan yang ramai, pasti rasanya enak. Kalau mau tau harganya, coba lihat kebanyakan yang parkir motor atau mobil?” Haha, ucapan tersebut seringkali menjadi acuan saya saat akan mengunjungi sebuah tempat makan.

gourmet-kafe-sukabumi
Tempat makan di lantai 1, kasir dan dapur yang tampak transparan

Di Gourmet sendiri, saya melihat banyak mobil yang terparkir. Ditambah dengan suasananya yang tampak mewah, saya berpikir tempat ini bakalan overprice untuk dompet kami. Namun, balik lagi karena ingin mengajak ibu dan adik-adik, gak apalah sekali-kali ke sana.

Ternyata, banyak juga kok pengguna motor yang berkunjung ke sana. Hanya saja, area parkiran motor itu di dalam, jadi nggak kelihatan dari luar. Kesan pertama saya adalah “cozy dan family friendly“. Kami datang ke sana saat waktu makan malam.

gourmet-kafe-sukabumi-lantai-2
Area Indoor di Lantai 2

Di Gourmet, tersedia ruangan indoor maupun outdoor. Keduanya sama-sama memiliki suasana yang hangat dan nyaman. Saat kunjungan kami ke sana, tentunya kami memilih ruangan ber-AC yang bebas asap rokok. Jangan khawatir nggak kebagian tempat duduk, karena tempat makan ini cukup luas dan bertingkat 3.

Melihat tempat-tempat duduknya yang menyediakan colokan listrik, sepertinya tempat tersebut juga banyak dipakai untuk pengunjung work from cafe. Saya langsung suka dengan tempat tersebut!

Fasilitas

Seperti yang sebelumnya saya katakan, suasana yang warm and cozy, ditambah desain interior dan eksterior yang Instagramable, Gourmet Coffeenery juga memiliki fasilitas yang lengkap untuk sebuah tempat makan.

Saya juga sudah bilang kalau tempat makan ini family friendly ya, meskipun nggak menyediakan playground, Gourmet menyediakan high chair untuk para balita.

Beberapa fasilitas yang ada di kafe yang cocok banget untuk hangout ini adalah sebagai berikut:

Area Parkir Luas

Kalian mau datang membawa mobil ataupun motor, nggak masalah karena tempat parkirnya luas dan bisa menampung banyak kendaraan. Dari luar memang tidak terlalu kelihatan, namun ketika sudah diarahkan untuk parkir ke dalam oleh Bapak Security, baru deh kelihatan kalau area parkirnya proper banget untuk kendaraan pribadi.

Tempat Makan Indoor dan Outdoor

Eh iya, saya juga sempat menyinggung soal area indoor dan outdoor ini ya. Jadi memang area makannya ini terdiri dari 3 lantai, semuanya terbagi menjadi tempat makan yang berada dalam ruangan ber-AC dan yang tidak. Tentunya, di ruangan ber-AC pengunjung tidak diperkenankan untuk merokok.

gourmet-kafe-sukabumi-lantai-2
Area outdoor

Sayangnya, udara kota Sukabumi menurut saya kurang mendukung ya untuk duduk-duduk dan makan di area luar, gerah soalnya. Hoho. Jadi, saya lebih prefer untuk makan di dalam saja. Akan tetapi, baik di dalam ataupun di luar ruangan, sama-sama cozy, estetik dan bersiihh..

Akses Wheel Chair untuk Naik Turun

Kalau biasanya kita pegel karena harus naik tangga ke lantai atas sebuah tempat makan, di Gourmet tidak demikian. Terdapat “jalur pendakian” untuk naik ke lantai atas berupa jalan menanjak yang nggak terlalu curam banget juga, cukup landai sehingga pengunjung bisa jalan santai sambil menikmati pemandangan di sana.

akses-wheelchair
Akses naik turun antar laintainya bukan berupa tangga

Anak-anak nggak usah ditanya, bisa berlarian bolak balik di jalur tersebut. Jalur inipun bisa digunakan untuk pengguna kursi roda sebagai akses menuju tempat makan di lantai atas, dan untuk turun setelahnya.

Toilet

Dua atau tiga kali saya makan di sana bersama keluarga, saya belum pernah masuk ke dalam toiletnya, sih. Namun, menurut suami dan anak saya, toiletnya bersih dan wangi. Di dalamnya pun lengkap tersedia tissue, wastafel cuci tangan dan sabunnya.

Dari luar, mirip-mirip seperti toilet di mall-mall besar atau hotel yang bersih dan terawat.

Menu Makanan dan Harga

Daftar Kategori Menu Makanan dan Minuman di Gourmet Coffeenery

Menu makanannya sendiri sangat bervariasi. Mulai dari menu masakan nusantara, western, bahkan asian food pun tersedia. Untuk mengetahui menunya, kita bisa langsung scan barcode yang sudah tersedia di meja makan.

menu-barcode

Saya sebutkan ya kategori makanan dan minuman yang ada di Gourmet Coffeenery sebagai pertimbangan Mae frens yang ingin berkunjung ke sana:

Asian Delight Local Favourites
 Western Steak
 Pasta Dessert
 Espresso Based Manual Brew
 Juice And Booster Non Coffee
 Frappe Gourmet Yakult Tea
 Gourmet Sodas Mocktail
 Ricebowl Bento Box
 Nasi Pedas Cake
 All Day Brakfast While Waiting
 Soups And Salads Pizza
 Sandwiches And Burgers
Berbagai pilihan kategori menu makanan dan minuman di Gourmet Coffeenery

Range Harga Makanan dan Minuman

dessert-gourmet

Bagaimana dengan harganya? Apakah semahal yang saya bayangkan saat melihat tempat ini? Wkwk. Menurut saya, saat melihat harga yang tertera di menu, kalian akan berpikir “Mahal yak!” tapi, begitu menu yang kalian pesan datang ke hadapan kalian, beuh! Porsinya bagi kami luar biasa besar dan harganya jadi make sense.

Baca juga: Bakso Urat Asmara, Rekomendasi Tempat Ngebakso Enak di Bogor

Range harga makanan dan minumannya berkisar di antara Rp30.000,- an hingga Rp200.000,- an untuk menu-menu steak. Tentunya belum termasuk pajak ya, frens.

Beberapa menu yang saya abadikan saat ke sana adalah Pasta Carbonara untuk anak saya, harganya Rp66.000,- yang bikin blenger saking banyaknya.

pasta-carbonara
Pasta Carbonara
nasi-bali
Nasi Bali dengan isian lengkap banget!
bebek-goreng
Bebek goreng porsi jumbo

Ada juga Nasi Bali pilihan saya seharga Rp84.000,- yang mana porsinya juga besar dan isiannya banyak seperti ayam betutu, sate lilit, telur balado, teri kacang dan sambal matah. Sedangkan suami saya memesan Nasi Bebek Goreng yang harganya Rp108.000,- yang mana ternyata porsinya juga luar biasa besar. Wkwk.

menu-minuman-gourmet

Adik saya memesan nasi goreng kampung seharga Rp54.000,- dan ibu saya memesan Tom Yum yang seporsinya dibanderol dengan harga Rp60.000,-. Minumannya standar aja sih, kami pesan es teh-es teh aja di sana.

Rasanya Semua Enak!

Rasanya gimana nih? Untuk rasa menurut saya enak-enak dan nggak ada yang failed. Hanya saja, untuk minumannya agak terlalu manis untuk saya yang memang tidak begitu suka manis. Selera, sih. Overall, makanan yang kami pesan rasanya mantap semua, kok!

Rekomendasi

gourmet-coffeenery-smi

Bagi kalian yang sedang berkunjung ke Sukabumi, atau warga Sukabumi dan sekitarnya yang sedang mencari-cari tempat untuk makan bersama keluarga, kumpul-kumpul bareng teman, atau sekadar cari tempat ngopi sekaligus WFC, boleh deh coba mampir ke Gourmet Coffeenery.

Baca tentang: Sate Maranggi Haji Yetty, Viral Se-Purwakarta

Saran saya, kalau kalian ke sana bersama rombongan, pilih aja menu makanan yang bisa dimakan bersama-sama, sebab satu porsinya besar seperti yang saya katakan, sayang aja kalau nggak habis, yak.

cozy-cafe

Suasananya yang cozy, pelayanan yang cepat dan ramah, seluruh area tempat makannya bersih dan bebas memilih tempat yang kondusif menjadi nilai plus untuk tempat makan ini. Cuss ah!

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *