Resta Pendopo KM 456, Rest Area Rasa Mall

resta-pendopo-km-456

Bolak balik melewati tol Semarang – Solo, saya memperhatikan ada satu rest area yang tampak mewah dan nyaman untuk disinggahi. Setelah sebelum-sebelumnya saya dan keluarga nggak mampir ke sana karena sudah beristirahat di rest area sebelum tol Semarang – Solo, akhirnya di bulan Februari lalu kesampaian juga kami singgah di Resta Pendopo KM 456, Salatiga.

Baca juga: Tarif Tol Bandung – Jogja Menggunakan Mobil Pribadi

Berangkat dari Jogja selepas subuh, kami memasuki tol Semarang – Solo sekitar pukul 08.00 – 08.30 pagi. Mampir ke rest area untuk sarapan pagi dan memang sudah mengincar Resta Pendopo KM 456. Ternyata nggak salah pilih nih, berbeda dengan rest area pada umumnya, Resta Pendopo ini sangat nyaman, memiliki view persawahan yang indah, dan menyerupai mall gitu.

Apa saja fasilitas yang ada di rest area tersebut? Simak yuk!

rest-area-pendopo

Fasilitas di Resta Pendopo KM 456

Begitu tiba di parkiran, saya nggak expect akan menyambangi rest area sebagus ini. Begitu masuk, saya, suami dan anak langsung mencari toilet. Setelahnya, kami berjalan-jalan di area rest area ini bahkan sampai nyebrang melewati sky bridge untuk melihat fasilitas dan tenant-tenant apa saja yang ada di sana.

Ternyata, selain nyaman, bersih dan terawat, rest area KM 456 ini juga memiliki fasilitas yang bisa dikatakan sangat lengkap. Beberapa di antaranya yang saya perhatikan saat berkunjung ke sana adalah:

1. Area Parkir Luas

parkir-rest-area-pendopo

Memang sih, hampir semua rest area di tol Trans Jawa area parkirnya luas, namun di rest area ini teman-teman bisa datang dari arah Semarang, maupun menuju Semarang. Jadi, rest area-nya ada di dua sisi gitu, dan keduanya terhubung melalui sky bridge. Area parkirnya pun lebih otomatis lebih luas dong.

Mau parkir di sisi kanan maupun sisi kiri, kita tetap bisa singgah di rest area tersebut. Saat saya datang ke sana sih, sepi banget karena hari kerja ya, hanya ada beberapa mobil yang terparkir di sana. Namun, sudah dipastikan bakalan ramai saat momen-momen liburan atau lebaran.

Baca tentang: 7 Bagian Mobil yang Harus Dicek Sebelum Mudik Lebaran

2. Toilet Bersih dan Wangi

Entah karena memang lagi sepi, atau biasanya memang seperti itu, namun salah satu hal yang membuat saya terkesan dengan rest area ini adalah toiletnya yang bersih dan wangi. Penampakannya pun seperti toilet-toilet di mall gitu, frens. Beda lah sama toilet-toilet di rest area tol Trans Jawa yang pernah saya singgahi.

3. Masjid

masjid-resta-pendopo

Tentunya, rest area KM 456 ini juga dilengkapi dengan fasilitas masjid yang nyaman. Letaknya dekat dengan food court di lantai atas sebelum sky bridge. Saya sendiri nggak masuk ke dalam musholanya, mungkin karena saat itu masih pagi ya, jadi pintu musholanya tertutup rapat, namun tampak luas dan nyaman di dalamnya.

Baca tentang: Cara Menjaga Kesehatan Tubuh Saat Ramadan

4. Tempat Makan dengan View Persawahan

Salah satu yang menjadi daya tarik utama dari Resta Pendopo KM 456 adalah pemandangan alamnya yang luar biasa indah. Sembari makan, kita bisa menikmati view persawahan dan hutan-hutan yang hijau dan menyegarkan.

foodcourt-resta-pendopo

Senderan di pagar sambil ngelamun menikmati angin dan pemandangan pun bisa banget dilakukan di sana. Nggak salah kalau banyak review di Google yang menyebutkan rest area ini sebagai tempat peristirahatan dengan pemandangan terbaik.

5. Sky Bridge

Ini juga nih yang menjadi keunikan dari Resta Pendopo KM 456. Ada sky bridge yang menghubungkan antara rest area di sebelah kanan dan kiri (sisi A dan sisi B). Bangunan dan keduanya mirip, brand-brand tenant yang buka di kedua rest area tersebut pun sama.

sky-bridge-resta-pendopo-456

Dari sky bridge ini, kita bisa menikmati pemandangan sepanjang tol Semarang – Solo. Kalau cuacanya sedang cerah seperti saat saya berkunjung ke sana, masya Allah pemandangan langitnya bagus banget!

6. Akses Kursi Roda

Hal lain yang membuat tempat peristirahatan para musafir ini tambah nyaman adalah karena adanya akses kursi roda yang memungkinkan mereka untuk mengelilingi seluruh bagian rest area dengan nyaman. Selain ada jalur khusus kursi roda, ada lift juga, lho.

wheel-chair-access
wheel-chair-access-resta-pendopo

7. Banyak Tenant Makanan dan Merchandise

Bukan hanya bentuknya saja yang menyerupai mall, isinya pun demikian. Di sana, teman-teman tidak perlu kesulitan untuk menemukan tenant makanan karena ada banyak sekali restaurant yang nama-namanya sudah terkenal, seperti Solaria, Tong Tjie, Mixue, dan lain sebagainya.

vending-machine

Kalau ingin mencoba sesuatu yang berbeda, di sana ada food court yang diisi oleh banyak sekali UMKM yang bergerak di bidang kuliner. Di sana juga ada vending machine lho, yang mana jarang sekali saya jumpai di tempat peristirahatan lain.

tenant-zone

Tak hanya makanan dan minuman, ada juga toko-toko yang menjual oleh-oleh, pakaian hingga sandal dan sepatu. Lengkap deh, beneran seperti di dalam mall.

Penutup

Bagi Mae frens yang sedang dalam perjalanan melewati tol Trans Jawa, dan mencari tempat persinggahan untuk beristirahat sejenak, Resta Pendopo KM 456 ini saya rekomendasikan. Selain fasilitas yang saya sebutkan di atas, ada fakta menarik juga tentang rest area KM 456 ini.

Resta Pendopo ini didesain seperti Joglo, rumah adat Jawa Tengah, dengan lima bangunan utama yang digambarkan seperti 5 gunung yang mengelilingi wilayah Salatiga, yakni Merapi, Merbabu, Sindoro, Sumbing dan Telomoyo.

Baca juga: Cara Menjaga Kesehatan Anak Selama Traveling

Lokasi persis dari Resta Pendopo KM 456 berada di Semarang – Solo Toll Rd, Baok, Ujung-Ujung, Pabelan, Semarang Regency, Central Java 50771. Jangan ragu beristirahat untuk menjaga kondisi selama di perjalanan ya, frens!

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *