Tarif Tol Road Trip Bandung – Jogja dengan Mobil Pribadi

tarif-tol-road-trip-bandung-jogja

Bulan lalu, saya bersama keluarga melakukan road trip menggunakan mobil pribadi dari Bandung menuju Jogja. Saya harus menghadiri pernikahan adik saya di Boyolali yang masih menggunakan tradisi Piring Terbang. Mobil pun menjadi transportasi pilihan sebab di Jogja akan digunakan juga untuk operasional.

Nah, untuk persiapan mudik lebaran nanti, saya mencatat pengeluaran tarif tol road trip Bandung – Jogja kami kemarin. Rencananya, saya sekeluarga juga akan pulang ke Jogja menggunakan mobil pribadi setelah mampir ke Bandung sehari sebelumnya.

Buat Mae frens yang berencana untuk lebaran di Jogja dari Bandung, menggunakan mobil pribadi, boleh nih simak artikel ini sebagai gambaran pengeluaran tarif tol nanti.

Rute Bandung – Jogja dengan Mobil Pribadi

Dari Bandung, kami berangkat pagi-pagi. Rencana awal mau berangkat sehabis sholat Subuh, namun ngaret karena satu hal dan lainnya sehingga baru start jam 06.00 WIB. Melihat Google Maps, perjalanan dari Bandung menuju rumah saya di Jogja membutuhkan waktu sekitar 7 jam saja, ceunah.

Rute perjalanan dimulai dari rumah mertua saya di daerah Caringin. Kami keluar melalui pintu tol Pasir Koja. Selanjutnya, untuk masuk ke tol Cisumdawu, kalian jangan ambil keluar tol Cileunyi, ya. Perjalanan di sepanjang tol Cisumdawu ini memanjakan mata, lho, frens.

cisumdawu-twin-tunnel

Sepanjang jalan, kita dihibur dengan pemandangan hijau nan asri, kita juga melewati Cisumdawu Twin Tunnel yang terkenal itu. Berikutnya, perjalanan berlanjut ke arah Cirebon, setelah keluar tol Cisumdawu Utama. Lanjutkan perjalanan dengan masuk ke tol Cipali.

Baca tentang: Waspada Microsleep saat Berkendara di Perjalanan

Setelah tol Cipali, teruskan perjalanan melewati tol Palimanan Kanci. Lanjut terus sampai ke Pemalang. Di daerah sini mulai banyak rest area yang besar-besar dan nyaman untuk singgah. Sebelum-sebelumnya, hanya ada rest area kecil, malahan sepanjang tol Cisumdawu hanya ada rest area sementara saja.

Perjalanan belum selesai frens, lanjut ke arah Semarang melalui tol Batang – Semarang. Kemudian, lanjut lagi road tripnya ke tol Banyumanik, setelah keluar tol Kalikangkung. Terakhir, setelah keluar pintu tol Banyumanik, tol terakhir menuju Jogja adalah tol Boyolali.

tol-kalikangkung

Dari Boyolali menuju ke Jogja sendiri masih sekitar 1,5 – 2 jam lagi (tergantung kemacetan). Kami pun tiba di rumah di Yogyakarta pada pukul 14.30 WIB. Total perjalanan kurang lebih 8,5 jam, sempat berhenti makan dan sholat dzuhur dulu di rest area Batang.

Baca juga: Tips Menjaga Rutinitas Anak Selama Traveling

Bisa dibilang perjalanan kami ke Jogja ini lancar jaya. Sama sekali nggak ada macet dan kendala yang berarti selama di perjalanan. Namun, total waktu perjalanan ini tidak bisa menjadi tolak ukur saat mudik nanti, karena pasti udah lain cerita lagi!

Tarif Tol Road Trip Bandung – Jogja

Setelah tau rute mana saja yang dilewati untuk sampai ke Jogja dari Bandung, pertanyaannya adalah habis berapa duit buat bayar tol sepanjang Bandung hingga Jogja? Saya punya catatannya, nih. Akan tetapi, catatan saya ini di luar dari biaya yang dibutuhkan untuk membeli bensin dan jajan-jajan ya.

• Tarif tol Pasir Koja – Cisumdawu Utama: Rp86.500,-
  • Cisumdawu Utama – Kalikangkung: Rp166.500,-
  • Kalikangkung – Banyumanik: Rp166.500,-
  • Banyumanik – Boyolali: Rp80.000,-

Total tarif tol road trip Bandung – Jogja: Rp499.500,-

tol-bandung-jogja

Dibandingkan menggunakan kendaraan umum seperti kereta api, bus, atau pesawat, menurut saya pribadi road trip seperti yang kami lakukan ini lebih nyaman, santai dan murah. Meskipun tentu ada plus minus ya, bepergian menggunakan mobil pribadi atau transportasi umum.

Tarif tol Bandung – Jogja yang saya ceritakan di atas, berdasarkan pengalaman pribadi bulan Februari 2024 lalu. Nggak tau juga nih, apakah tarif tol akan lebih mahal, atau justru diturunkan saat arus mudik dan arus balik lebaran nanti.

Sekian dulu deh, frens. Kalian lebih senang mudik dengan mobil pribadi atau kendaraan umum, nih?