Tips Memilih Alas Kaki yang Nyaman Untuk Traveling

memilih-alas-kaki

Selain pakaian, memilih alas kaki yang tepat dan nyaman untuk dibawa traveling adalah hal penting yang harus diperhatikan. Nggak mau kan, frens, selama perjalanan kita merasa nggak nyaman dan sakit kaki gara-gara alas kaki yang digunakan tidak tepat?

Memilih alas kaki yang tepat, nggak hanya membuat kita nyaman saat berjalan-jalan, tapi juga bisa menghindarkan kita dari resiko cedera ketika melewati medan di perjalanan. Dengan sandal atyau sepatu yang tepat, momen traveling kita pun nggak akan terganggu dengan drama-drama seputar alas kaki.

Pengalaman Menggunakan Alas Kaki yang Tidak Nyaman saat Traveling

Saya menulis cerita ini karena teringat pengalaman saya saat merasa salah menggunakan alas kaki yang membuat kaki saya mudah pegal dan lelah dalam perjalanan. Ceritanya, saat saya masih muda, lol, zaman kuliah, pergi ke Eropa dan hanya membawa satu alas kaki, yakni sepatu boots.

Baca tentang: Pergi ke Swiss, Koper Tertinggal di Jerman

Pada waktu itu, saya memilih sepatu dengan sedikit hak agar tidak terlihat terlalu mini di antara teman-teman lain yang berasal dari luar negeri. Wkwk. Padahal, ibu saya sudah berpesan kalau sebaiknya saya memilih sepatu boots yang flat saja agar tidak mudah lelah, namun saya menolak karena berpikir nggak akan jalan jauh segitunya ah!

Sesampainya di sana, culture shock ya, frens! Ketika most of the time saya harus berjalan kaki everywhere and everytime. Nggak belajar juga gue dari pengalaman waktu ke Korea Selatan, yang mana saya merasa ingin mencopot kedua kaki saya untuk diistirahatkan saking lelahnya berjalan kaki. Pada saat itu, padahal saya memakai sneakers biasa.

Jadilah saya yang nggak terbiasa menggunakan boots berhak tipis tersebut harus menahan pegal saat harus berjalan kaki dari tempat tinggal menuju halte bus, yang mana perjalanannya cukup menanjak. Lalu setelah naik bus harus kembali berjalan hingga ke stasiun kereta api, dan seterusnya.

Baca juga: 7 Bagian Mobil yang Harus Dicek Sebelum Mudik

ima-swiss

Emang sih, kalau di foto OOTD-nya tampak okeey, tapi ya ada kaki yang harus dikorbankan untuk penampilan tersebut. Fufu~ Sejak saat itu, setiap kali bepergian, minimal banget saya bawa dua alas kaki, biar bisa ganti-ganti sesuai situasi dan kondisi. Haha.

Tips Memilih Alas Kaki yang Nyaman Saat Traveling

Belajar dari pengalaman tersebut, sedikit tips yang bisa saya berikan saat memilih alas kaki untuk traveling adalah sebagai berikut:

Sesuaikan dengan Aktivitas

Memilih alas kaki yang sesuai dengan aktivitas perjalanan merupakan langkah pertama untuk memastikan kenyamanan dan keamanan selama perjalanan. Setiap jenis aktivitas perjalanan akan mempunyai “tuntutan” yang berbeda terhadap alas kaki yang digunakan.

Misalnya, ketika kalian berencana untuk menjelajahi kota-kota dengan banyak berjalan kaki, memilih sepatu yang nyaman dan kuat sangatlah penting. Sebaliknya, ketika berencana untuk hiking di alam bebas, sepatu dengan sol yang kuat dan perlindungan yang baik seperti sepatu gunung akan lebih sesuai untuk mendukung perjalanan di medan yang berat.

alas-kaki-traveling-nyaman

Baca juga: Tips Memilih Produk Sunscreen untuk Traveling

Selain itu, pertimbangkan juga cuaca dan kondisi lingkungan di tempat tujuan. Contohnya saja, saat berencana melakukan perjalanan ke destinasi dengan cuaca panas, sandal yang ringan dan membuat kaki kita bisa bernapas, seperti sandal gunung, mungkin lebih nyaman daripada sepatu yang tertutup rapat.

Pilih yang Sesuai Ukuran Kaki

Ini juga nggak kalah penting. Jangan hanya karena kita naksir model dan warna sepatu atau sandal, namun tidak ada ukuran yang pas, tetap kita beli dan bawa saat perjalanan. Oh no!

Alas kaki yang terlalu besar tentu menyebabkan jalan menjadi tidak nyaman dan sepatu atau sandal yang digunakan mudah lepas. Sementara itu, alas kaki yang terlalu kecil dapat mempersempit sirkulasi darah dan menyebabkan rasa tidak nyaman serta lecet pada kaki.

Pilih Alas Kaki dengan Bantalan yang Nyaman

Tips memilih alas kaki untuk traveling berikutnya dalah dengan memperhatikan bantalan atau alas yang terdapat pada sepatu atau sandal. Bantalan yang baik akan membantu mengurangi tekanan yang diterima oleh telapak kaki dan tumit saat berjalan. Ini akan mengurangi risiko terjadinya kelelahan atau cedera pada kaki.

Selain itu, alas kaki dengan bantalan yang baik juga bisa mencegah masalah kesehatan kaki, seperti nyeri lutut atau nyeri punggung. Masalah-masalah tersebut dapat disebabkan oleh kurangnya support pada telapak kaki dan tumit. Jika menggunakan alas kaki yang memiliki bantalan empuk dan nyaman, kita pun bisa lebih percaya diri dan bepergian tanpa rasa khawatir akan ketidaknyamanan atau cedera yang mungkin terjadi.

Periksa Dulu Bahan yang Digunakan

Sebelum memilih dan membeli alas kaki untuk traveling, periksa juga bahan yang digunakan. Bahan yang berkualitas tinggi dan sesuai dengan kebutuhan akan memberikan space udara yang baik, memungkinkan kaki tetap kering dan nyaman bahkan dalam kondisi cuaca yang panas atau lembap.

Misalnya saja, memilih sepatu hiking yang terbuat dari bahan mesh atau Gore-Tex di mana bahan tersebut dapat memberikan sirkulasi udara yang baik serta perlindungan terhadap air dan kelembapan. Kaki pun akan tetap terjaga saat melewati medan yang berat.

alas-kaki-traveling

Selain itu, kombinasikan pemilihan bahan alas kaki ini dengan aktivitas yang dilakukan. Contohnya, untuk jalan-jalan santai di kota, sepatu yang terbuat dari kulit atau bahan sintetis yang ringan tentunya lebih cocok. Lainnya, untuk hiking bisa memilih sepatu yang terbuat dari bahan yang tahan lama dan kokoh seperti kulit atau nilon.

Sesuaikan dengan Budget

Terakhir, pastinya nih frens, memilih dan membeli sepatu sebagai persiapan traveling juga harus disesuaikan dengan budget yang sudah dialokasikan. Jika memang naksir sepatu atau sandal yang harganya dirasa terlalu mahal, bisa buat pos alokasi dana tersendiri untuk membelinya.

Jangan sampai ya, membeli sepatu yang diinginkan dan memakainya saat traveling, tapi kita terpaksa harus menekan budget untuk kebutuhan lainnya seperti akomodasi transport, tempat nginap bahkan makan.

Good Shoes Takes You to a Good Place

Dalam sebuah drama Korea berjudul My Perfect Stranger, dikatakan bahwa sepatu yang baik akan membawamu melangkah ke tempat yang baik pula. Setuju dengan kalimat tersebut, sepatu yang baik dan nyaman bisa menjadi teman perjalanan yang membawa kita melangkah ke tempat-tempat menyenangkan dan berkesan.

Jadi, jangan sampai salah pilih alas kaki untuk menyempurnakan setiap momen traveling kita.

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *