5 Tips Memilih Produk Sunscreen yang Tepat Untuk Traveling

5 Tips Memilih Produk Sunscreen yang Tepat Untuk Traveling

Dari sekian banyak skincare yang masuk list barang bawaan selama traveling, cek apakah produk sunscreen sudah menjadi prioritas teman-teman? Membawa dan menggunakan sunscreen selama traveling adalah hal yang sangat penting dan tidak boleh diabaikan, lho.

Saat traveling, kulit kita pasti akan terkena paparan sinar matahari yang lebih kuat dan lebih lama dari biasanya. Apalagi, ketika kita jalan-jalan ke daerah tropis atau di tempat dengan ketinggian yang tinggi.

Nah, paparan sinar UV yang berlebihan dapat menyebabkan berbagai masalah dan kerusakan pada kulit. Duh, disayang-sayang lah ya kulitnya supaya nggak terbakar, iritasi atau bahkan terkena penyakit lain terkait kulit di kemudian hari.

Inilah sebabnya mengapa menggunakan sunscreen saat traveling sangat penting. Sebenarnya, penggunaan sunscreen ini wajib nggak hanya traveling ya. Menggunakan sunscreen sehari-hari bahkan di dalam ruangan pun sangat disarankan.

Pentingnya Menggunakan Sunscreen Selama Traveling

Penggunaan sunscreen sangat erat kaitannya dengan perlindungan kulit dari sinar UV. Sinar UV sendiri terdiri dari dua jenis, yaitu UVA dan UVB.

Kedua jenis sinar ini dapat menyebabkan kerusakan pada kulit. Jika UVA lebih sering dikaitkan dengan penuaan dini, UVB lebih sering dikaitkan dengan terbakarnya kulit karena matahari.

Pentingnya MenggunakanSunscreen Selama Traveling

Keduanya sama-sama tidak membawa manfaat bagi kulit kita tentunya. Apalagi, sinar UVB disebut-sebut sangat berbahaya karena dapat menyebabkan kanker kulit.

Oleh sebab itu, penting untuk menggunakan sunscreen ketika traveling. Terutama jika destinasi wisatanya adalah ke alam terbuka.

Tips Memilih dan Menggunakan Produk Sunscreen yang Tepat

Untuk memastikan kulit terlindungi dengan baik, kita harus bisa memilih dan menggunakan sunscreen secara tepat. Bagaimana caranya?

1. Pilih Sunscreen dengan SPF Minimal 30

SFP merupakan Sun Protection Factor yang menunjukkan seberapa banyak radiasi UVB yang dapat diblokir oleh sebuah produk sunscreen.

Di negara tropis seperti Indonesia, minimal SPF yang disarankan untuk digunakan adalah SPF 30.

Sunscreen dengan SPF 30 mampu memberikan perlindungan dari radiasi UVB sebanyak 97%. Sementara sunscreen dengan SPF 50 memberikan perlindungan sebanyak 98%.

Artinya, dengan menggunakan sunscreen SPF 30 atau 50, kulit kita akan terlindungi dari sinar UVB hingga 30 atau 50 kali lebih lama dibandingkan tanpa menggunakan sunscreen sama sekali.

Akan tetapi, yang perlu teman-teman ketahui sunscreen dengan SPF lebih dari 50 tidak akan memberikan perlindungan yang lebih tinggi atau signifikan lagi.

Pasalnya, tidak ada sunscreen yang dapat memberikan perlindungan 100% dari sinar UVB.

2. Pilih Produk Sunscreen dengan PA yang Tinggi

Selain SPF, pastikan sunscreen juga melindungi terhadap sinar UVA. Untuk melindungi dari sinar UVA, pilihlah sunscreen yang mengandung bahan seperti oksibenzon, avobenzon, atau ecamsule.

Selain itu, perhatikan juga berapa jumlah PA pada produk sunscreen yang teman-teman gunakan.

PA pada sunscreen adalah singkatan dari Protection Grade of UVA, yaitu sistem penilaian yang digunakan untuk mengukur seberapa baik produk dapat melindungi kulit dari radiasi UVA.

Sistem penilaian PA dimulai dari PA+, PA++, hingga PA+++. Semakin tinggi angka PA+, semakin baik pula perlindungan terhadap radiasi UVA yang diberikan.

Sunscreen dengan PA+ mampu memberikan perlindungan terhadap UVA sebanyak dua hingga empat kali lipat, sedangkan sunscreen dengan PA+++ dapat memberikan perlindungan yang lebih tinggi lagi.

3. Memilih Produk Sesuai dengan Jenis Kulit

Saat ini, ada bermacam-macam merk sunscreen yang beredar. Pastikan teman-teman memilih produk yang sudah terjamin aman dan legal. Selain itu, penting juga untuk menyesuaikan dengan jenis kulit teman-teman.

Jika kulit cenderung berminyak, pilihlah sunscreen yang ringan dan menggunakan basis air. Jika kulit cenderung kering, maka pilihlah sunscreen yang sifatnya melembapkan.

4. Menggunakannya dengan Benar

Berikutnya adalah menggunakan jumlah sunscreen yang cukup saat bepergian. Direkomendasikan untuk menggunakan sekitar dua ruas jari (telunjuk dan jari tengah) untuk mengaplikasikan produk sunscreen pada wajah dan leher.

Kemudian, satu ons atau satu sendok makan penuh sunscreen untuk melindungi seluruh tubuh kita. Jangan lupa untuk memperhatikan area yang sering terlupa, seperti telinga, kelopak mata, dan punggung kaki.

Gunakan sunscreen setiap dua jam sekali jika berada di bawah sinar matahari secara terus-menerus, terutama saat berkeringat, setelah berenang atau mengeringkan tubuh dengan handuk.

5. Perhatikan Tanggal Kadalwarsa

Ini penting banget! Jangan malas untuk memeriksa tanggal kadalwarsa sunscreen sebelum membelinya. Jangan sampai kita menggunakan sunscreen yang sudah melewati masa expired date-nya karena produk tersebut tidak akan efektif lagi dalam melindungi kulit dari sinar UV.

Selain itu, jika teman-teman akan membeli sunscreen untuk traveling, pastikan ukurannya yang nyaman dan pas untuk dibawa-bawa.

Siapa Saja yang Perlu Menggunakan Produk Sunscreen?

Siapa Saja yang Perlu Menggunakan Produk Sunscreen

Saya dan anak saya selalu rutin menggunakan sunscreen setelah mandi. Apa lagi ketika traveling, saya selalu re-apply sunscreen untuk diri sendiri dan anak saya. Sedangkan suami saya, menganggap memakai sunscreen adalah sebuah kerempongan.

Padahal, apakah sunscreen merupakan produk yang bertujuan untuk melindungi kulit wanita atau anak-anak saja? Jelas tidak. Baik pria, wanita maupun anak-anak perlu menggunakan sunscreen.

Terutama, bapak-bapak atau mas-mas yang sering beraktivitas di luar ruangan seperti olahraga, bekerja, atau melakukan aktivitas rekreasi. Paparan sinar UV nggak pandang jenis kelamin ya.

Jadi, yuk lebih perhatikan kesehatan kulit kita dengan memilih dan menggunakan produk sunscreen yang tepat, terutama pada saat bepergian. Menurut kalian gimana?

Baca juga:

7 Comments

  1. Waah..saya nih salah satu yg harus pakai sunscreen klo keluar rumah, karena lebih sering bekerja di luar ruang. Tapi yg sering tidak kulakukan adalah mengulang pakai tiap 2 jam itu.. Hmm sepertinya harus mulai berubah nih.. Trmksh sharingnya yaa…

  2. Sudah mulai terbiasa menggunakan sunscreen sih, cuman emang malas banget buat mengulangi menggunakan sunscreen agar wajah terlindungi secara maksimal, ternyata memang harus diulangi beberapa kali jika banyak sekali kegiatan diluar ruangan, wah terimakasih banyak ya mbak untuk sharingnya

  3. Avi

    Ooh kudu re apply sunscreen 2 jam sekali? Jadi kall traveling juga wajib bawa sunscreen ya. Aku termasuk telaT nih pke sunscreen tapi gpp daripada ga pake sama. Sekali

    Yg penting sunscreen ga ada oil2nya ama ga mengandung niacinamide soalnya alergi

  4. Nah, bagian punygung kaki sama kelopak mata juga telinga nih yang sampai hari ini masih jadi bagian tubuh yang abai dioleskan suncreen sebelum beraktivitas di luar. Ku juga baru eungeuh kalau ternyata takaran untuk seluruh badan kecuali muka dan leher itu satu sendok makan penuh.

  5. Dulu sebelum kenal dengan skincare, aku tidak begitu peduli betapa pentingnya sunscreen ini, mbak
    Setelah tahu apa manfaatnya, auto rutin pakainya
    Walau kadang tuh kalau di rumah ada hari dimana absen atau males make ss ini
    Anyway aku baru tahu nih mbak makna PA+ tuh gimana maksudnya heheheee

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *