Taman Kota BSD 2, Cheonggyecheon Versi Tangerang Selatan

taman-kota-bsd-2

Jaletreng River Park, adalah jalur pedestrian yang dibangun tepat di tepi sungai yang berada di Taman Kota BSD 2. Pemandangan ini kerap disamakan dengan pemandangan yang ada di tepi sungai Cheonggyecheon, Korea Selatan. Area ini memang baru selesai direvitalisasi pada tahun 2021 lalu, dan nampak lebih rapi, juga modern.

Area ini banyak digunakan masyarakat setempat untuk berolahraga pagi, seperti saya yang pergi ke sana untuk lari pagi di akhir pekan. Selain berolahraga ringan, ternyata ada beragam aktivitas lain yang bisa dilakukan pengunjung di Taman Kota BSD 2. Apa saja ya yang menarik dari tempat ini?

Lokasi, Jam Buka dan HTM Taman Kota BSD 2

jaletreng-river-park

Taman Kota BSD 2 berlokasi di Jl. Letnan Sutopo, Ciater, Kecamatan Serpong, Kota Tangerang Selatan, Banten, 15326. Lokasinya mudah dijangkau dengan berbagai moda transportasi. Soal petunjuk arah, Mae frens cukup menggunakan Gmaps untuk membantu navigasi agar sampai ke tujuan dengan rute tercepat dan tidak macet.

Mae frens bisa mulai datang ke Jaletreng River Park yang ada di Taman Kota BSD 2 mulai pukul 06.00 WIB sampai pukul 18.00 WIB. Buat yang suka olahraga sehabis sholat subuh, bisa jogging dulu di sekitar Taman Kota sampai pukul 06.00. Hehe. Saran saya, jangan datang terlalu siang karena pagi hari aja udah gerah, agak siangan dikit panas banget di sana kalau cuaca cerah.

Baca tentang: Waspada Microsleep saat Berkendara di Perjalanan

Untuk masuk ke Taman Kota BSD 2, teman-teman tidak perlu merogoh kocek sama sekali. Biaya masuknya gratis alias free, ya! Tapi, tetap perlu menyiapkan uang parkir kendaraan bermotor. Uang parkirnya sendiri saya lupa deh persisnya berapa, ketika itu kami naik motor dan dikenakan retribusi parkir antara Rp3.000,- atau Rp5.000,-.

Ngapain Aja di Taman Kota BSD 2

Ada banyak aktivitas yang bisa dilakukan di Taman Kota BSD 2, mulai dari jogging hingga membuat acara bersama komunitas di sana. Berdasarkan pengalaman dan pengamatan saya selama di sana, kebanyakan pengunjung melakukan aktivitas sebagai berikut:

jaletreng-river-park-tangsel

Berolahraga Ringan

Saya datang di pagi hari, sekitar pukul 07.00 WIB. Di sana, banyak sekali pengunjung yang datang untuk jogging atau jalan pagi. Di pagi hari, udaranya masih terbilang sejuk dan matahari pun belum terlalu panas menyengat, masih nyaman sekali berolahraga di sana. Selain jogging dan jalan pagi di tepi sungai, banyak juga yang melakukan stretching sembari duduk-duduk di tepi sungai.

Bersantai di Tepi Sungai

Setelah jogging beberapa putaran, aktivitas menyenangkan lain yang bisa dilakukan di Taman Kota BSD 2 adalah bersantai di tepi sungai. Di sana, tersedia banyak tempat duduk yang bisa digunakan pengunjung untuk beristirahat, meluruskan kaki dan bersantai.

hutan-kota-bsd

Berhubung saya pernahnya ke Han River, bukan Cheonggyecheon, saya nggak paham ya seberapa mirip kedua tempat ini. Akan tetapi, pemandangan di Jaletreng River Park Taman Kota BSD 2 terbilang enak dilihat, rapi, bersih, dan fotogenik. Suasananya pun tidak seperti di tengah kota yang terkenal dengan hiruk pikuknya ini.

Piknik di Area Hutan Taman Kota BSD 2

Selain area tepi sungai, masih ada lagi area yang bisa dieksplor di taman ini, yakni area hutannya. Sejujurnya, saya agak-agak malas ketika anak saya ngajakin untuk masuk ke jalan setapak yang menuju hutan. Udah kebayang hewan-hewan tak diharapkan dan nyamuk yang bikin gatel, tentunya. Wkwk.

Baca tentang: Kemping di Paseban Flying Resort

Tapi akhirnya, saya ya mengalah juga dan jalan-jalan ke dalam hutan bersama suami dan anak saya yang excited. Ternyata, not that bad, sih. Di dalamnya sudah ada jalur yang disiapkan untuk pengunjung berjalan kaki, atau bersepeda. Saat di sana, ada sekelompok bapak-bapak yang sedang bersepeda di dalam area hutan.

taman-kota-bsd-2

Ada juga lapangan yang digunakan anak-anak bermain bola, atau bersepatu roda. Di sana juga ada beberapa keluarga yang gelar tikar dan piknik di rumput-rumput sekitaran hutan. Terlihat pula beberapa kelompok komunitas yang sedang mengadakan acara.

Mae frens nggak bawa bekal untuk piknik di sana? Don’t worry karena ada banyak pedagang yang membuka warung makan dengan beragam menu makanan berat dan jajanan.

Mengajak Anak-anak Bermain

Kurang puas hanya muter-muter di sekitar tepi sungai dan area hutan? Masih ada lagi kegiatan yang bisa dilakukan di sana, yakni mengajak anak untuk bermain berbagai permainan. Di sana ada inflatable house, kereta mini, odong-odong, naik kuda, delman, hingga persewaan ATV.

Saya sih memilih untuk tidak mencoba berbagai permainan tersebut ketika ke sana. Selain karena ramai sekali, terlihat sumpek dan bikin gerah, saya perhatikan beberapa permainan juga tidak terlalu terawat sehingga terlihat kotor. Jadi, kami skip aja, deh.

Plus, Minus dan Rekomendasi

jaletreng-river-park-taman-kota

Buat warga Tangerang Selatan yang ingin menghabiskan waktu bersama keluarga, tanpa harus keluar uang banyak, taman kota ini bisa menjadi salah satu alternatif pilihan yang bisa dikunjungi. Jaletreng River Park-nya worth to visit, dengan tiket masuk 0 rupiah, kita bisa mendapatkan tempat berolahraga gratis dengan pemandangan yang menyenangkan. Hehe.

Baca juga: Jelajah Dunia Bawah Laut di BXSea Tangerang Selatan

Area hutannya juga lumayan bersih dan rapi, mengingat banyaknya petugas kebersihan di sana. Namun, beberapa fasilitas tempat duduk di dalam hutan terlihat sudah mulai rusak. Selain itu, tetep ya isu utamanya kalau di dalam hutan ya nyamuk yang ganas-ganas. Wkwk. Wahana permainan anaknya juga perlu diperhatikan lagi kebersihannya, saya rasa.

But overall, Taman Kota BSD 2 merupakan tempat yang cukup nyaman untuk berolahraga ringan, piknik dan mencari tempat teduh di tengah gersangnya area Tangerang Selatan. What do you think, frens?

2 Comments

  1. Biasanya sekarang di mana ada taman, ada penyewaan beberapa kendaraan untuk hiburan anak ya. Seneng karena makin banyak ruang terbuka yaa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *