Taman Kota 1 BSD, Area Hijau di Tengah Kota Tangerang Selatan

taman-kota-1-bsd

Anak saya adalah tipe morning person, membuat saya dan suami yang sebenarnya bukan morning person terpaksa harus ikut bangun pagi buta juga. Apalagi kalau weekend atau hari libur, makin nyubuh aja tu bocah bangunnya. Kalau sudah begitu, saya biasanya cari tempat untuk olahraga pagi aja yang kids friendly.

Salah satu alternatif tempat untuk morning walk dan menghirup udara segar di Tangerang Selatan adalah Taman Kota 1 BSD. Kami yang sehari-hari berkutat dengan kemacetan, polusi udara dan terik matahari di jalan, berasa adem banget saat berada di taman kota tersebut.

Baca juga: 7 Ide Topik Tulisan Traveling untuk Dieksekusi

Selain berolahraga, bisa ngapain aja kita di sana? Yuk, lanjutin bacanya!

Lokasi Taman Kota 1 BSD

taman-kota-1-bsd

Taman kota yang mendapatkan rating 4,5/5 dari Google Reviews ini berlokasi di Jl. Letnan Sutopo, Lengkong Gudang Timur, Kecamatan Serpong, Kota Tangerang Selatan, Banten 15310.

Tempatnya nggak jauh dari Taman Kesehatan dan bisa diakses menggunakan berbagai moda transportasi, baik pribadi maupun umum seperti ojek online maupun Trans-BSD. Saat ke sana, saya dan keluarga memilih untuk naik motor saja supaya lebih cepat dan mudah dapat parkir.

HTM dan Jam Operasional

Untuk masuk ke area Taman Kota 1 BSD, terlebih dulu kita harus mengambil tiket parkir pada portal yang tersedia. Akan tetapi, portal untuk mengambil tiketnya tidak berfungsi saat saya berkunjung ke sana. Akhirnya, kami diarahkan untuk langsung masuk tanpa mengambil tiket parkir.

Biaya masuk ke dalam Taman Kota 1 sendiri gratis, pengunjung bisa langsung masuk aja ke dalam. Area hijau di tengah kota ini beroperasi mulai pukul 06.00 – 17.00 WIB.

Fasilitas di Taman Kota 1 BSD

Selain jogging track, di sana terdapat fasilitas umum yang cukup lengkap dan memadai. Mulai dari area parkir motor dan mobil, mushola, toilet, playground anak-anak, area skateboard, alat olahraga outdoor dan beberapa bangku taman yang tersebar di beberapa tempat.

Menurut saya, fasilitas yang tersedia sudah memenuhi kebutuhan pengunjung saat datang ke sana. Namun, area parkir mobilnya kurang luas, sih. Apalagi di hari libur, yang mana pasti pengunjungnya lebih banyak. Mobil-mobil akhirnya banyak yang terparkir di pinggir jalan.

area-parkir-taman-kota-bsd

Beberapa alat olahraga outdoor di sana pun ada yang sudah rusak dan tidak bisa difungsikan sebagaimana mestinya. Meski demikian, overall fasilitasnya masih banyak yang oke, kok. Tamannya pun bersih karena banyak petugas kebersihan yang bekeliling dan bekerja dengan telaten.

Aktivitas Keluarga di Taman Kota 1 BSD

Apa saja yang bisa kita lakukan saat berkunjung di Taman Kota 1 BSD, Tangerang Selatan? Hmm.. Ada banyak aktivitas menarik yang bisa dilakukan di sana, di antaranya:

1. Jogging atau Jalan Santai

jogging-track
Jogging Track

Saya lihat, sebagian besar pengunjung yang datang ke sana adalah untuk berolahraga. Di Taman Kota 1 memang tersedia jogging track yang mengelilingi area seluas 2,5 Hektare ini. Udara pagi hari yang masih terasa segar, menjadi teman yang sempurna untuk jalan santai atau berlari-lari di sana.

2. Berolahraga Ringan

Selain lari-lari kecil dan morning walk, di Taman Kota 1 juga tersedia street workout dan outdoor gym yang bisa dimanfaatkan oleh orang dewasa maupun anak-anak. Mae frens nggak perlu takut berebut karena peralatan ini tersebar di beberapa area.

Area yang paling ramai adalah di sebelah playground anak. Di sana, semua alat olahraga yang tersedia sudah penuh digunakan saat saya berkunjung. Namun jangan khawatir, karena di area-area lainnya, kalian akan menemukan lagi peralatan olahraga, meskipun jenisnya mungkin akan berbeda.

3. Piknik di Tengah Area Hijau

Di samping area pedestrian yang biasa digunakan untuk jogging atau jalan santai, terdapat banyak sekali pepohonan rimbun. Berasa lagi di tengah hutan, padahal masih di tengah-tengah kota keneh. Di bawah pohon tersebut, terdapat lahan-lahan kosong yang bisa dimanfaatkan pengunjung untuk gelar tikar dan berpiknik di sana.

Baca juga: 5 Cafe yang Cocok untuk WFC di Pamulang, Tangerang Selatan

picnic-area-taman-kota-1-bsd

Sayangnya, saat saya ke sana, hujan baru saja turun dari malam hingga subuh hari, sehingga area-area tersebut basah. Nggak ada deh pengunjung yang terlihat berpiknik dan botram di sana.

4. Menemani Anak-anak Bermain

playground-taman-kota-1-bsd
playground

Seperti yang sudah saya sebutkan, di Taman Kota 1 BSD ini terdapat area khusus bocil-bocil yakni playground anak. Ada banyak permainan seperti ayunan, perosotan, jungkat-jungkit hingga mobil-mobilan lengkap dengan pom bensin pura-puranya. Susah deh mereka buat diajak beranjak dan muter-muter taman, apalagi pulang.

Kesan dan Rekomendasi

Jika Taman Kota 2 diibaratkan Cheonggyecheon versi Tangerang Selatan, Taman Kota 1 ini konsepnya lebih ke hutan hijau di tengah kota. Meskipun di Taman Kota 2 ada juga ya area hutannya, namun di Taman Kota 1 seluruh areanya benar-benar dikelilingi pepohonan yang rimbun.

sungai-taman-kota-1
Ada sungai juga di sini

Di sana terdapat lebih dari 2000 pohon yang sebagian diberi informasi nama dan juga nama latinnya. Jadi, sembari jalan-jalan saya juga nostalgia belajar mata kuliah Botani Farmasi, yang isinya ngapalin nama-nama latin tanaman. Hehe.

Untuk sebuah sarana publik dan ruang terbuka hijau, Taman Kota 1 BSD ini recommended, sih! Anak saya happy banget diajakin olahraga ke sana, dan puas banget berlarian bolak-balik di area skateboard. Saya juga senang bisa menemukan tempat yang proper untuk morning walk di akhir pekan.

olahraga-pagi
Yuk, olahraga pagi!

Oiya, di sana pengunjung juga bisa membawa makanan dan minuman sendiri. Pedagang makanan dan minuman tidak diizinkan berdagang di dalam Taman Kota. Jadi, mereka menjajakan dagangannya di luar pagar. Jadi jajan dulu aja, jika tidak membawa bekal dari rumah supaya di dalam bisa langsung makan atau minum saat sudah lelah berolahraga.

Satu tips dari saya ketika kalian ingin berkunjung ke Taman Kota 1 BSD yang dikelilingi oleh tanaman dan pepohonan ini, pakai lotion anti nyamuk! 🙂

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *