Ide Topik Tulisan Traveling Selain Review Tempat Wisata

Ide-Topik-Tulisan-Traveling-Selain-Review-Tempat-Wisata

Saya suka jalan-jalan, saya juga suka menulis. Pertama kali mengaktifkan blog, yang saya pikirkan adalah saya ingin menuliskan cerita perjalanan saya. Yah, biarpun belum sampai travel the world juga, sih, tapi senang aja bisa mengabadikan kisah perjalanan dalam sebuah tulisan yang bisa dibaca hingga bertahun-tahun kemudian.

Rasanya sayang kalau kenangan kita selama traveling menguap begitu saja karena faktor lupa, faktor U, dan lain-lain. Sebagai travel blogger newbie, di tahun 2020 saya banyak menulis review tempat-tempat wisata yang saya kunjungi. Akan tetapi, saat pandemi datang dan saya nggak bisa bepergian, bingung deh mau nulis apaan!

Padahal, selain review tempat wisata ada banyak sekali ide topik tulisan traveling yang bisa digali. Beberapa di antaranya ada dalam tulisan ini. Buat yang juga lagi cari-cari inspirasi, simak yuk!

7 Ide Topik Tulisan Traveling Selain Review Tempat Wisata

Supaya tulisan di blog lebih variatif, nggak monoton soal review aja, di bawah ini ada 7 ide topik tulisan buat para travel blogger yang bisa langsung dieksekusi:

ide-topik-tulisan-traveling

1. Cerita Pengalaman Berkesan

Pertama dan termudah, Mae frens bisa menceritakan pengalaman pribadi yang menurut kalian sangat berkesan saat mengunjungi sebuah tempat wisata atau selama perjalanan. Dalam setiap perjalanan, saya yakin pasti ada momen-momen yang membuat kita begitu terkesan, entah itu kesan baik ataupun buruk.

Salah satu cerita pengalaman yang saya tuliskan di blog ini adalah saat saya jatuh terperosok di lantai kayu sebuah restoran viral dan Instagramable di Jogja. Pengalaman tersebut tentu bukan pengalaman yang menyenangkan. Berkesan memang, tapi ya kesannya nggak baik.

Pengalaman-pengalaman lucu, menyenangkan, menyedihkan atau bahkan menegangkan menurut saya juga menarik untuk dituliskan dalam sebuah blog perjalanan. Bukan hanya untuk dinikmati oleh pembaca saja, namun juga akan membuat penuliskan rewind ke momen tersebut setelah berbulan-bulan atau bertahun-tahun kemudian saat membaca tulisan lama dirinya sendiri. Nostalgia gitu..

2. Wisata Kuliner

Setiap perjalanan pasti identik dengan wisata kuliner. Ketika mengunjungi tempat-tempat wisata baru, kita sebagai pendatang cenderung ingin mencoba kuliner khas daerah tersebut. Nah, ini juga bisa banget untuk dijadikan sebagai bahan tulisan.

Mae frens bisa membahas mengenai cita rasa dari makanan khas daerah tersebut, seperti apa sejarahnya atau rekomendasi kuliner khas daerah yang kalian jelajahi. Baru-baru ini saya menulis tentang Nasi Balap Puyung, kuliner khas Lombok, Nusa Tenggara Barat, yang membuat saya rindu ingin balik lagi ke sana.

3. Daftar Rekomendasi Tempat Wisata

Studi literatur dan membuat daftar tempat wisata ke suatu negara atau daerah juga bisa lho menjadi ide topik menulis seputar traveling yang informatif. Daftar yang disusun, bisa disesuaikan dengan pengalaman pribadi. Misalnya, saat saya berkunjung ke oceanarium yang ada di Jabodetabek, saya pun menyusun daftar rekomendasi tempat wisata aquarium yang pastinya family friendly.

Teman-teman juga bisa mencari informasi seputar tempat wisata yang unik, kids friendly, hidden gems dan lainnya yang membuat tulisan kalian lebih variatif dan tidak itu-itu melulu.

Baca juga: 5 Rekomendasi Kota untuk Bulan Madu Romantis

4. Tips Perjalanan

Kata tips merujuk pada saran atau petunjuk praktis yang diberikan untuk membantu seseorang dalam melakukan suatu tindakan. Bahasan mengenai tips ini biasanya berisi informasi yang mudah diaplikasikan, dan bisa meningkatkan efektivitas dalam suatu aktivitas.

Sebagai travel blogger, ada banyak sekali tips yang bisa ditulis dengan tujuan membantu pembaca dalam merencanakan, mengorganisir hingga menikmati perjalanan mereka dengan lebih baik, even better than our experience.

Tips ini luas banget ya cakupannya, mulai dari cara menghemat budget, memilih tempat menginap, hingga mengatasi tantangan yang mungkin muncul selama perjalanan.

Beberapa ide tulisan yang bisa dieksekusi dengan mengangkat topik tips perjalanan misalnya tips menjaga kesehatan anak selama traveling, tips solo travel untuk wanita, tips menghemat budget saat backpacking, dan masih banyak lagi. Kira-kira tips apa lagi yang kepikiran oleh kalian?

5. Kearifan dan Kebudayaan Lokal

Setiap daerah yang dikunjungi, pasti memiliki kearifan dan kebudayaan lokalnya masing-masing. Topik ini juga bisa dipilih sebagai ide tulisan untuk travel blogger. Ada banyak hal-hal yang bisa diulas seputar kearifan lokal serta kebudayaan dari sebuah tempat wisata.

Misalnya saja, kalian bisa mengeksplorasi tradisi dan upacara adat yang menjadi bagian dari kehidupan masyarakat setempat. Kalian bisa membahas perayaan khas, upacara keagamaan, dan ritual sehari-hari yang mencerminkan kekayaan budaya dari tempat yang pernah kalian singgahi.

Atau bisa juga menulis soal seni dan kerajinan lokal yang menjadi bagian penting dari warisan budaya. Contohnya, anyaman tradisional, seni ukir, hingga kerajinan tangan khas daerah. Mendokumentasikan proses pembuatan serta menggali makna di balik setiap karya seni akan membuat tulisan kita bisa menjadi lebih dalam.

6. Aktivitas dan Hiburan

Selain review tempat wisata, kalian juga bisa mengeksplorasi lebih dalam mengenai aktivitas yang bisa dilakukan di tempat wisata tersebut. Kalian juga bisa membahas soal hiburan lain yang bisa didapatkan di sekitar sana.

Mae frens bisa membagikan pembahasan mengenai hal-hal apa saja yang dapat memberikan kegembiraan dan kenangan tak terlupakan bagi para pembaca yang ingin mengunjungi tempat wisata tersebut. Menyajikan informasi tentang trekking, olahraga air, atau petualangan alam lainnya bisa menjadi contoh ide tulisan seputar kegiatan seru yang dapat dilakukan di destinasi wisata.

Baca juga: Rekomendasi Kegiatan Wajib saat Liburan ke Bandung

Ulasan mengenai kegiatan rekreasi dan pusat belanja yang ada di destinasi tersebut juga bisa menjadi alternatif ide tulisan lainnya. Memberikan informasi tentang taman rekreasi, wahana permainan, atau pusat perbelanjaan yang menarik akan membantu para pembaca blog untuk merencanakan waktu liburan dengan lebih baik.

7. Itinerary dan Budgeting

Buat saya, traveling dengan persiapan tentu akan lebih menenangkan dibandingkan bepergian tanpa arah dan tujuan. Menyusun jadwal kegiatan selama di tempat wisata akan mempermudah kita dalam mengestimasi waktu dan memperhitungkan tempat-tempat mana saja yang ingin dikunjungi.

Perencanaan traveling yang baik juga bisa menjaga pos-pos keuangan tidak boncos. Hal-hal seperti ini bisa banget kalian tuliskan, untuk menjadi gambaran bagi para traveler lain yang ingin bepergian. Ide topik tulisan yang bisa dieksekusi terkait poin ini seperti itinerary 3D2N di Bangka Belitung, atau budgeting untuk traveling ke Bangka Belitung 3D2N bersama keluarga.

Penutup

Menjadi seorang travel blogger tak hanya sekadar memberikan review mengenai tempat wisata saja. Lebih dari pada itu, kita juga bisa menggali keberagaman pengalaman dan kebudayaan yang ditawarkan dari setiap destinasi.

Traveling bukan hanya sekadar menyambangi sebuah destinasi, tetapi juga perjalanan yang membawa kita melihat berbagai kekayaan budaya dari tiap tempat yang kita datangi. 7 ide topik tulisan traveling di atas pun bisa menjadi alternatif tulisan selain review tempat wisata. Selamat berpetualang dan jangan lupa bagikan tulisan kalian!

15 Comments

  1. Setelah baca semua poinnya, ternyata ke-7 poin ini pernah aku lakukan semua. Beberapa perjalanan yang cukup spesial dan lama, semua poin ini dapat dibikin tulisannya. Tapi, ya gak semua perjalanan dapat memenuhi bahan tulisan, walau biasanya unsur-unsurnya sekilas diceritakan. Yang mungkin membedakan tulisan di blog dan portal media adalah sentuhan pribadi penulisnya.

    Aku termasuk yang kurang suka baca tulisan perjalanan yang berisi informasi tok seputar HTM, jam masuk dsb. Pinginnya ada kisah di balik layarnya yang juga diceritakan, apalagi kalau ada pengalaman jelek dari perjalanan itu (ntah kena scam misalnya) jadi pelajaran dan perhatian bagi pengunjung lain agar nggak menemukan kejadian serupa.

  2. Kalau habis jalan2 paling nulis tentang review tempat wisata atau kulinernya sih Kak. Ternyata ada banyak ya yg bisa diulik kalau mau bikin blog dengan niche traveling. Daku paling suka baca blog traveling yg lengkap dengan itinerary jadi sampai di sana gak bingung lagi mau ke mana aja, tinggal ikutin itin-nya.

  3. eryka

    seneng dehhhhh jadi dapat ilmu buat ngembangin blog ku..maklum masih newbie dan emang mo concern ke wisata kuliner gitu, kadang juga kehabisan ide kan gak tiap minggu juga kita travelling yaaa…ternyata gak cuma review tempatnya namun cerita2 didalamnya juga bisa dijadikan tulisan yang cantik, kadang aku fokusnya ke review tempat lokasi nya gitu soalnya mba hehehe..
    tapi kalo urusan budgeting dan itinerary keliatannya aku lepas tangan deh gak bagus banget kalo urusan biaya dan harga2 sering banyak lupanyaa hehe..makasih banyak ilmunyaa mbaaa 🙂

  4. Setuju banget nih jadi pembaca kita jadi tahu tentang semuanya.. Sehingga dengan begitu bisa jadi rekomendasi bagi pembaca tempat yg bakal di kunjungi

  5. Jadi ingeett Mba Fanny.. Beliau kalau nulis soal Travelling sumpaaahh enak bangett ya buat dibaca. Panjang tapi ndak ngebosenin, karena ngalirr bangettt… hehhe..

    Btw, terimakasih mba buat tulisannya.. Jujur aku nggak ahli soal nulis niche travelling, Selain karena jarang berpergian, aku juga suka bingung apa yang mau ditulis selain perasaan yang aku rasakan saat berpergian.. Ternyata kalau ditilik lagi temanya yang bisa ditulis jadii banyakk..

  6. Iya ya,
    Ternyata banyak juga ide tulisan travelling selain review tempat wisata
    Biasanya orang juga cari itinerary dan budgeting nya sih mbak
    Terutama kalau mau travelling ke luar negeri

  7. yang paling sering kutulis sih emang review kulinernya hehehe secara aku pasti explore dan blusukan sampe kepasar tradisionalnya. Ngga lupa bertanya ama warga lokal, makanan mana yang paling direkomendasikan sesuai dengan ldah lokal. Biar semakin paham citarasa yang diminati

  8. Menarik dan menambah insight ku selaku blogger junior nih, mba. 7 Ide topik tulisan traveling, beneran bisa membuat kita selaku penulis mendapatkan beragam ide buat tulisan.
    Semoga saja aku pun bisa menulis artikel berbobot, informatif serta manfaat buat para pembaca 😇🥰
    Semangat berkarya

  9. Betul Kak jadi travel blogger banyak angle tulisan yang bisa diangkat. Mesti kreatif dan konsisten supaya berkembang terus dan jangan patah semangat ya. Tetap menulis

  10. Idenya kudu terus mengalir yang dialirkan ke arah yang positif berupa tulisan di blog ya..
    Dan pastinya, banyak orang yang membutuhkan informasi tersebut sebagai rujukan ketika bepergian.
    Aku paliing butuh artikel selain review tempat wisata juga harga dan top search aku ya, tempat wisata atau kuliner yang lagi hype di sebuah kota yang aku kunjungi. Jadi, selalu berharap dapet pengalaman seru dan baru ketika mengunjungi sebuah kota “asing”.

  11. awal aku dulu ingin membuat blog adalah ingin berbagi cerita soal pengalaman aku jalan kemana kepada sohib. Dan nggak nyangka bisa terus berlanjut sampe sekarang, padahal temen temen aku yang pernah ngeblog udah stuck dan berhenti, karena pembagian waktunya yang susah
    Dulu waktu pandemi, aku ngerasa bingung mau nulis tema apa, karena udah jarang pergi jauh.
    Akhirnya cari cari ide di pinterest dan ketemulah beberapa ide yang berhubungan sama traveling yang menarik

    sebenernya kita bisa membagi cerita dari pengalaman menjadi beberapa artikel, intinya kudu kreatif meramu ide dari sebuah perjalanan

  12. Wah terima kasih ya untuk ide tulisan yang bisa diposting di blog traveling kita. Aku biasanya menulis tempat wisata dan kuliner di suatu daerah di blogku Pejalan Santai. nanti bisa ditambah dengan idemu nih…

  13. betul banget mba, niche traveling itu banyak yang bisa kita bahas dari mulai persiapan berangkat sampai pulang laginya bisa jadi cerita yang menarik untuk diceritakan, sayangnya saya niy tipikal yang kadang suka lupaan mau nulis apa saja, meskipun buat catatan suka lupa-lupa alhasil ga jadi ditulis dan bingung mau nulis apanya, padahal misalnya saya mendatangi banyak tempat wisata yang lumayan banyak dna panjang waktunya

  14. Nur Asiyah

    Saya suka nyimak tulisan tentang deretan makanan khas maupun yang direkomendasikan di suatu tempat. Ditambah budaya dan kearifan lokal juga memberikan wawasan menarik. Karena saat ini saya kurang bisa menikmati liburan, tulisan yang seperti itu bikin perasaan terobati.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *