Sop / Soto Betawi Ibu Yati – Surya Kencana Pamulang, Bikin Laper!

soto-betawi-ibu-yati

Salah satu rezeki yang saya dapatkan saat pindah ke daerah Tangerang Selatan adalah menemukan banyaknya soto betawi yang merupakan salah satu kuliner nusantara favorit saya. Sop / Soto Betawi Ibu Yati, yang berlokasi di Jl. Surya Kencana, Pamulang, adalah salah satu tempat makan soto betawi andalan keluarga saya karena rasanya yang selalu enak dan nggak pernah failed.

Sobet Ibu Yati ini pun selalu jadi jawaban ketika anak saya mulai ogah-ogahan makan. Suami saya pasti langsung ngajakin untuk dine in di sana supaya anak saya makan dengan lahap. Nggak hanya itu, tempat makan ini pun sering kali dikunjungi artis-artis hingga masuk liputan acara-acara kuliner di televisi.

sop-soto-betawi-pamulang

Lokasi dan Jam Operasional

Sop / Soto Betawi Ibu Yati (Sobet Ibu Yati) ini berlokasi di Jl. Surya Kencana No.6, RT04/RW06, Pamulang Barat, Kecamatan Pamulang, Kota Tangerang Selatan, Banten, 15417. Tempat makan sop dan soto betawi ini buka setiap hari mulai pukul 11.00 WIB – 24.00 WIB.

Jam operasional ini berubah selama bulan Ramadan menjadi mulai pukul 15.00 WIB – 24.00 WIB. Lokasinya ersis di pinggir jalan dan nggak jauh dari Universitas Pamulang. Mae frens bisa datang ke sana menggunakan kendaraan pribadi, baik motor maupun mobil, atau dengan ojol karena sangat mudah diakses.

Baca tentang: 5 Cafe yang Cocok untuk WFC di Pamulang

Ramai Setiap Hari

Saya selalu melewati Sobet Ibu Yati ini setiap kali mengantar dan menjemput anak saya sekolah. Di pagi hari, belum buka ya tempat makannya, namun begitu lewat sana sepulang sekolah, beuh! Pasti udah ramai aja tuh motor dan mobil yang parkir di sana.

Keramaian tempat makan ini terus berlanjut hingga waktunya makan malam. Nggak sekali dua kali, saya mampir beli bungkus soto betawi untuk makan siang dan antri. Demikian juga di malam hari, sometimes suami ngajakin dine in di sana, dan selalu ramai.

sop-soto-betawi

Meskipun ramai terus, pelayanannya cukup cepat sehingga pelanggan nggak menunggu pesanannya datang terlalu lama. Area parkir di sana juga cukup luas, meskipun dari luar tidak tampak seluas itu. Ada dua area tempat makan di sana, di joglo bagian depan dan area lesehan di belakang. Keduanya sama-sama bersih dan nyaman.

Baca juga: Sultan Masakan Timur Tengah di BSD

Fasilitas lainnya di sana tersedia toilet, wastafel dan mushola kecil. So far saya nggak pernah masuk ke dalam toiletnya jadi nggak bisa kasih review apakah bersih atau tidak.

Oiya, saran saya kalau mau makan di tempat, better di siang hari. Alasannya adalah karena malam hari di sana banyak nyamuk. Huhu. Siap-siap pakai lotion antinyamuk aja kalau mau makan dengan tenang di sana pada malam hari.

sop-soto-betawi-jakarta
Habis Magrib langsung cuss biar nyaman pilih tempat

Menu, Harga dan Rasa

Di sana terdapat menu-menu andalan yakni menu oseng, soto dan sop seperti di bawah ini:

  • Oseng daging, ayam, campur Rp35.000,-
  • Oseng iga Rp45.000,-
  • Soto / sop daging Rp30.000,-
  • Soto / sop paru Rp30.000,-
  • Soto / sop babat Rp30.000,-
  • Soto / sop iso Rp30.000,-
  • Soto / sop kikil Rp30.000,-
  • Soto / sop tulang muda Rp30.000,-
  • Soto / sop campur Rp30.000,-
  • Sop / soto ayam Rp30.000,-
  • Sop iga Rp38.000,-

Perbedaan antara soto dan sop di Sop / Soto Betawi Ibu Yati adalah kalau soto menggunakan kuah santan, sedangkan sop menggunakan kuah bening. Saya pernah membeli keduanya, yang mana sama-sama enak rasanya. Namun, saya pribadi lebih suka rasa kuah sotonya karena lebih gurih, kental dan menggugah selera.

Harga-harga di atas belum termasuk nasi dan minum ya. Menu minumannya sendiri ada jus-jusan dan es-esan seperti es jeruk, es teh, standar lah. Catatan untuk rasa minumannya bagi saya terlalu manis, terutama jusnya ya. Tapi, bisa aja sih kita request untuk less sugar.

soto-betawi
Soto Betawi

Menu favorit saya di Sobet Ibu Yati ini adalah soto daging dan oseng iganya. Kuah santan dari sotonya itu kental dan berisi banget bumbu-bumbunya, wangi pula. Isiannya juga nggak pelit, untuk harga segitu worth it lah, terkadang saya nggak sanggup juga menghabiskan dagingnya dan disapu bersih oleh suami saya.

Baca juga: Sate Maranggi Haji Yetty, Legend Se-Purwakarta

Paling penting lagi nih, dagingnya tu empuk, juicy dan gampang dikunyah oleh anak saya. Hehe. Namanya orang tua, pasti kenyamanan anaknya yang jadi prioritas. Anak saya suka juga makan soto betawi di sana, jadi kami sekeluarga satu selera nih.

oseng-iga
Oseng Iga

Oseng iganya juga nggak kalah mantap, frens. Iganya empuk, bumbunya meresap sampai ke dalam, dan bisa request juga mau pedas atau nggak. Taste-nya tuh sesuai selera saya yang lebih suka gurih tapi manis, plus pedas tentunya karena selalu pesan yang versi pedasnya.

Rekomendasi

Dari tulisan saya di atas, jelas lah ya saya pasti merekomendasikan tempat ini ke Mae frens semua. Untuk rasa makanannya oke banget, kalian juga bisa baca-baca review di Google yang mana banyak pengunjung yang memberikan review positifnya.

Tambahan informasi, di Sop / Soto Betawi Ibu Yati ini pembayaran bisa dilakukan secara tunai maupun non tunai (debit atau QRIS). So, buat kalian yang lagi craving soto betawi dan lewat sekitaran Pamulang, wajib mampir deh!

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *