Tips Liburan Hemat, Jalan-jalan Tanpa Menguras Dompet

tips-liburan-hemat

Sadar nggak sih kalau tahun 2024 rasanya ada lebih banyak long weekend dibandingkan tahun kemarin? Pastinya momen ‘liburan agak panjang’ ini nggak ingin dilewatkan begitu saja, dong? Bisa lah healing tipis-tipis bersama keluarga, ke tempat-tempat baru yang belum pernah dijelajahi.

Tapi tentunya, supaya nggak boncos kita harus bisa memperhitungkan budget liburan dengan cermat. Terutama bagi yang sudah berkeluarga, karena biaya liburan pasti akan berkali lipat dibandingkan single traveler. Namun jangan khawatir, dengan perencanaan dan strategi yang tepat, Mae frens akan tetap bisa menikmati liburan seru tanpa menguras dompet.

Baca juga: 7 Pekerjaan Digital Nomad yang Bisa Dilakukan Sambil Traveling

5 Tips Liburan Hemat Bersama Keluarga

Berbeda dengan suami saya yang lebih senang bepergian secara spontan, saya lebih suka jika semua sudah terencana sejak awal. That’s why, masalah budgeting liburan pasti diserahkan kepada saya.

Ya namanya ibu-ibu, pasti akan memilih opsi terhemat agar pulang liburan nggak perlu ngirit-ngirit buat makan dan kebutuhan lain. Wkwk.

Berikut adalah beberapa tips liburan hemat bersama keluarga supaya dompet kalian tetap aman sepulang liburan:

beach-destination

1. Rencanakan Liburan Jauh-jauh Hari

Alasannya adalah kita bisa memplotkan budget untuk liburan yang masih nanti tersebut. Jika liburan direncanakan sejak jauh-jauh hari, Mae frens bisa memilih jenis liburan apa yang diinginkan, versi hemat kah atau yang sedikit lebih mewah. Kita bisa mengumpulkan dana yang cukup, bahkan berlebih dari target pengeluaran liburan.

Selain itu, terkadang harga promo dan diskon tertentu hadir untuk perjalanan jauh-jauh hari. Manfaatkanlah momen tersebut untuk booking transportasi maupun penginapan. Kita juga bisa mempersiapkan itinerary yang disesuaikan dengan budget traveling.

Bagi saya pribadi, lebih nyaman mempersiapkan segalanya di awal. Selain bisa bikin plan A sampai Z, perjalanan pun dapat lebih “terprediksi” sehingga budget yang dikeluarkan sudah siap di awal.

2. Memilih Atraksi Wisata dan Kegiatan yang Gratis

Sudah banyak kota destinasi wisata yang menawarkan berbagai atraksi wisata gratis, seperti alun-alun, taman kota atau tempat-tempat bersejarah seperti masjid agung yang berada di kota tersebut.

Di samping itu, banyak juga tempat-tempat wisata menarik yang memberikan HTM sangat terjangkau seperti museum atau galeri seni. Mae frens bisa nih memanfaatkan tempat-tempat wisata seperti ini untuk menghemat budget liburan.

Baca tentang: Rekomendasi Wisata Museum di Yogyakarta

Ada banyak juga kegiatan seru yang bisa dilakukan secara gratis saat berlibur. Sebut saja berenang di pantai, bermain di taman, atau hiking di gunung. Menonton acara budaya lokal seperti upacara adat juga bisa menjadi kegiatan yang menarik, selain untuk para dewasa juga anak-anak.

3. Berbelanja di Pasar Lokal

Jika ingin membeli oleh-oleh, hindari toko-toko souvenir yang terdapat di bandara, stasiun kereta atau di tengah kota yang biasanya membanderol harga lebih mahal. Carilah pasar lokal yang banyak direkomendasikan warga setempat untuk membeli oleh-oleh.

Baca juga: Tempat Wisata Favorit Saat Mudik ke Banjarmasin

Kalau kamu rajin, kamu juga bisa mencari barang-barang unik untuk oleh-oleh di toko barang antik atau pasar loak.

4. Self Control

Saat liburan, terkadang (sering sih) ada keinginan untuk membeli berbagai hal. Entah itu makanan, minuman, belanja untuk diri sendiri, anak-anak, atau bahkan oleh-oleh. Hal ini tentu dapat menguras budget dan membuat pengeluaran menjadi tidak terkontrol.

Di sinilah peran penting self control atau pengendalian diri. Dengan menerapkan self control, kita bisa menikmati liburan tanpa khawatir FOMO atau kehabisan uang sepulang liburan. Lebih tenang deh hidup!

5. Mencari Informasi di Internet / Blog-blog Travel

Saat ini sudah banyak content creator atau travel blogger yang mendokumentasikan perjalanan mereka, salah satunya blog MaePlace ini. Hehe..

Bisa banget nih kita intip-intip untuk acuan biaya perjalanan yang harus dikeluarkan. Kamu juga bisa mencari informasi seputar tempat liburan menarik di kota tujuan atau kuliner yang wajib disantap saat berada di destinasi.

Baca juga: Tarif Tol Road Trip Bandung – Jogja

mountain-destination

Dengan mengikuti tips-tips liburan hemat di atas, semoga Mae frens bisa menikmati liburan seru bersama keluarga tanpa menguras dompet ya! Happy traveling 🙂

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *